Saat ini Kang the Conqueror adalah big bad villain Marvel yang setiap penampilannya selalu dinantikan oleh banyak penggemar. Hal tersebut bisa terjadi karena sekarang dia dimaksudkan untuk menjadi villain terbesar di versi live action Marvel Cinematic Universe, begitu juga dengan para variannya yang masih dirahasiakan. Menariknya, sebagai villain yang juga terkenal karena memiliki banyak varian, di multiverse Marvel sendiri ternyata ada empat kelompok rahasia yang didedikasikan untuk para varian Kang. Siapa mereka dan seperti apa tugas dari masing-masing kelompok? Mari kita bahas, Geeks.

Council of Kangs

Council of Kangs adalah kelompok rahasia dari para varian Kang yang pertama kali diperkenalkan di Marvel Comics, tepatnya di komik Avengers #267 (1986). Sesuai dengan arti namanya, kelompok yang didirikan oleh Kang the Conqueror utama ini bertindak layaknya dewan sidang yang akan menangkap dan menghukum para varian Kang karena dianggap lemah. Faktanya, alasan sebenarnya Kang melakukan hal ini adalah karena dia ingin menghabisi semua Kang agar hanya dirinya saja yang bisa menguasai multiverse. Mirisnya, ternyata Kang utama juga sebenarnya telah dimanipulasi oleh versi tuanya yang bernama Immortus karena nantinya dialah yang akan menjadi Immortus selanjutnya.

Kang Collective

Setelah Council of Kangs hancur karena Kang utama dan Immortus telah berhasil menunaikan tugas mereka, kelompok varian Kang ini akhirnya dibangkitkan kembali oleh varian Kang lainnya sebagai bagian dari Kang Collective yang diperkenalkan di komik Spider-Ham #4 (2020). Kang Collective sendiri sengaja dibentuk untuk mengawasi para varian Kang yang berpotensi merugikan kelompok mereka sendiri. Itulah mengapa pada pertemuan yang ke-89 di Transtemporal Hub-World, Kang Collective sepakat untuk mengasingkan varian Kang dari Larval Earth yang bernama Kangaroo the Conqueror, karena dia dianggap telah mempermalukan semua varian Kang.

Kang Club

Sama-sama diperkenalkan di komik Spider-Ham, Kang Club adalah kelompok rahasia lain yang sengaja dibentuk oleh Kangaroo the Conqueror setelah dia diasingkan dari Kang Collective. Tujuan utama Kangaroo membentuk kelompok baru ini tidak lain adalah karena dia ingin menyelamatkan semestanya, yaitu Larval Earth, dari para varian jahat Kang yang ingin menghancurkannya. Demi mencapai tujuan tersebut dia rela merekrut sejumlah karakter tangguh di semestanya, termasuk Spider-Ham, kemudian memberi mereka kostum serta teknologi canggih agar mirip seperti para varian Kang. Cara ini pada akhirnya berhasil menyelamatkan Larval Earth dan memulihkan reputasi Kangaroo the Conqueror.

Council of Cross-Time Kangs

Terakhir, kelompok varian Kang yang dianggap mempunyai status paling tinggi diantara kelompok sejenisnya adalah Council of Cross-Time Kangs, yang debut di komik Avengers #292 (1988). Kelompok ini sebenarnya terdiri dari para manusia, alien, dan hewan humanoid yang diceritakan berhasil mengalahkan robot-robot ciptaan Kang, di mana mereka lantas menggunakan sisa-sisa teknologinya untuk menjadi Kang the Conqueror di berbagai universe. Musuh utama mereka tidak lain adalah Kang versi utama yang pada akhirnya berhasil memusnahkan Council of Cross-Time Kangs dengan menggunakan monster kabut Alioth yang bisa menghilangkan eksistensi seseorang dari keberadaan.

Itulah empat kelompok rahasia di multiverse yang anggotanya terdiri dari para varian Kang the Conqueror. Berdasarkan kisah dari sebagian besar kelompok ini cukup jelas bahwa sejak awal pembentukan mereka adalah ide yang buruk, karena tidak bisa dipungkiri bahwa tujuan seorang Kang pasti ingin selalu menjadi penguasa tunggal. Sehingga dengan membentuk sebuah kelompok yang semua orang di dalamnya tidak ingin kalah dari siapa pun, tentu saja dapat menyebabkan kehancuran bagi kelompok itu sendiri. Hanya Kang sejati yang sadar dengan hal itu, siapa lagi kalau bukan versi utama Kang the Conqeuror.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.