Sukses dengan film sekuel dari Top Gun, yaitu Top Gun: Maverick, pihak produser sepertinya masih belum mau untuk menghadirkan Top Gun 3 pada masa yang akan datang. Film Top Gun: Maverick menjadi salah satu film terlaris di 2022 kemarin, di mana mereka bahkan meraih pemasukan yang sangat besar dari seluruh dunia. Tidak heran jika kemudian banyak spekulasi yang muncul tentang kemungkinan dibuatnya film ketiga dari Top Gun.

Pada awal tahun 2023 kemarin, sang produser, Jerry Bruckheimer, sempat mengatakan kepada Variety jika dia masih belum tahu apakah akan membuat film ketiganya. Dan sebulan kemudian, Variety kembali bertemu dengan Bruckheimer dan kembali menanyakan hal yang sama. Mereka bertanya apakah ada petunjuk tentang rencana untuk membuat Top Gun 3 dan Bruckheimer masih berpegang dengan apa yang dia ucapkan sebulan sebelumnya.

Kami hanya menikmati film kedua ini. Aku tidak tahu (apakah akan dibuat film ketiganya). Butuh waktu 35 tahun untuk menghadirkan Top Gun: Maverick. Aku tidak akan ada di 35 tahun kedepan.

Sutradara film Maverick, Joseph Kosinski, sebelumnya sempat menyebutkan tentang kemungkinan adanya film ketiga. Konsinski bertanya, “apakah ada cerita lainnya yang cukup menarik yang bisa membuat kita kembali? Sepertinya bagitu di akhir filmnya Maverick masih memiliki sesuatu yang ingin dilakukan. Dia masih belum selesai.

Berdasarkan informasi yang diberikan oleh editor filmnya, Eddie Hamilton, saat proses pengambilan gambar mereka banyak sekali merekam adegan. Total adegan yang berhasil direkam saat proses tersebut mencapai “800 sampai 814 jam.” Hal ini wajar, karena menurut penuturan Eddie mereka menggunakan 27 kamera untuk menangkap momen empat jet tempur. Belum lagi pengambilan gambar wilayah (aerial shot). Meskipun Eddie mengaku prosesnya sangat rumit, namun dia mengakui bahwa hal tersebut sangat luar biasa.

Untuk saat ini, mungkin Jerry Bruckheimer masih butuh waktu untuk berpikir dan mengambil keputusan apakah film ketiganya akan dibuat atau tidak. Lagipula, cukup masuk akal jika kemudian Bruckheimer masih ini menikmati kesuksesan film kedua apalagi butuh 35 tahun untuk menghadirkan sekuel tersebut. Jika pun kemudian film ketiganya akan dibuat, mungkin proses pengembangan atau produksinya sendiri baru akan terjadi beberapa tahun kedepan. Dan di sisi lain, mereka memiliki banyak sekali cadangan gambar (stock shot) yang mungkin bisa dimanfaatkan atau digunakan di film ketiga nanti.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.