Dalam sejarah dunia film terdapat beberapa practical effects atau efek praktikan yang dianggap terbaik oleh banyak orang. Selain menggunakan CGI, sebuah film juga biasanya akan menggunakan practical effects atau efek praktikal untuk menambah kesan realistis dalam sebuah adegan. Hal tersebut merupakan sesuatu yang sudah dilakukan sejak era perfilman dimulai. Terdapat beberapa practical effects atau efek praktikal yang dianggap terbaik di dunia film. Apa saja?

11Benda Tenggelam – The Shape Of Water

Practical effects yang dianggap terbaik di dunia film yang pertama adalah benda tenggelam dan mengapung di air dalam film The Shape of Water. Sebelum banyak film aksi blockbuster menghadirkan adegan di bawah air, sutradara kawakan yaitu Guillermo del Toro sudah terlebuh dahulu menghadirkan sebuah adegan yang sangat epik dan indah yanng muncul dalam adegan pembuka di film The Shape of Water.

Pasca del Toro mengerjakan proyek film live-action Pinocchio, dia kemudian berhasil menangkap dan menghadirkan suasana yang kelam dan mengerikan dari sebuah momen bawah air. Dalam adegan tersebut, para penonton bisa melihat bagaimana semua objek atau benda mengapung di bawah air seolah tanpa beban. Untuk menghadirkan adegan tersebut del Toro membutuhkan bantuan para pemain boneka tali.

Para pemain boneka tali tersebut akan mengendalikan pergerakan dari berbagai properti yang tenggelam di bawah air tersebut. Dalam adegan ini, sang aktris, Sally Hawkins, juga harus diikat dengan tali bersama dengan berbagai furnitur kamar tidur. Mereka ditenggelamkan serendah mungkin ke bawah sungai. Untuk menghadirkan efek pantulan sinar matahari, del Toro menggunakan asap dan lampu proyektor.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.