Dalam sejarah komik superhero Amerika, Tony Stark alias Iron Man dikenal sebagai salah satu superhero berarmor paling populer dari Marvel. Sampai hari ini bisa dibilang setiap kemunculan superhero yang debut pada tahun 1963 ini selalu berhasil menarik perhatian banyak orang, bahkan mungkin sebagian penggemar DC. Sudah menjadi rahasia umum bahwa DC sendiri sesekali memang pernah meniru karakter populer dari Marvel, begitu juga sebaliknya. Tanpa terkecuali Iron Man yang ternyata mempunyai setidaknya 5 tiruan DC yang tidak kalah menarik. Langsung saja simak daftar karakternya di bawah ini.

Rocket Red

Debut di komik Justice League #3 (1987), Rocket Red diperkenalkan sebagai superhero Rusia yang juga terkenal sebagai anggota Justice League Internasional bersama timnya yang disebut Red Rocket Brigade dan juga para superhero dunia, termasuk Superman, Batman, dan Booster Gold dari Amerika. Alasan mengapa karakter bernama asli Dmitri Pushkin ini dianggap mirip Iron Man oleh banyak penggemar DC adalah karena dia selalu menggunakan battle armor canggih ketika beraksi. Armornya ini memungkinkan Rocket Red untuk terbang tinggi dan juga menembakan proyektil dari kedua tangannya.

Steel

Karakter DC selanjutnya yang punya banyak kemiripan dengan Iron Man adalah Stell, salah satu pengganti Superman saat sang Man of Steel diceritakan tewas pada peristiwa Death of Superman. Muncul pertama kali di komik The Adventures of Superman #500 (1993), Steel yang bernama asli John Henry Irons ini digambarkan sebagai seorang penemu cerdas yang memutuskan untuk membuat armor dan palu super canggih agar bisa mengisi kekosongan Superman di Metropolis. Sama seperti Tony Stark, selain cerdas, Steel juga dikenal sebagai superhero yang armornya memungkinkan dia untuk terbang dan menjadi lebih kuat.

Lex Luthor (Armor)

Tidak sedikit penggemar komik superhero yang berpikir bahwa Lex Luthor dari DC Universe banyak meniru desain dari Tony Stark alias Iron Man. Eits, sebelum kalian protes karena Lex debut jauh lebih dahulu dari Tony, yaitu sekitar tahun 40-an, yang dimaksud tiruan di sini adalah pengembangan karakternya, khususnya yang terkait armor Warsuit milik Lex. Pertama kali muncul di Action Comics #544 (1983), armor Warsuit diceritakan memungkinkan Lex untuk menandingi musuh abadinya, siapa lagi kalau bukan Superman.

Dengan armor ini kekuatan dan ketahanan tubuh Lex meningkat sampai berkali-kali lipat. Selain itu dia juga jadi bisa terbang dan mengeluarkan tembakan energi dari dada dan kedua tangannya. Sama-sama cerdas, kaya, dan menggunakan armor (bukan batsuit), siapa lagi kalau bukan Lex Luthor yang paling mirip dengan Tony Stark di DC Universe. Seiring berjalannya waktu, armor Warsuit Lex ini bahkan terus mendapatkan pembaruan canggih sehingga membuatnya seperti gudang senjata berjalan layaknya Iron Man.

Hardware

Masih sama kasusnya seperti para karakter di atas, superhero bernama asli Curt Metcalf yang debut di komik Hardware (1993) ini juga terkenal karena armornya yang canggih. Bukan hanya itu, dia juga dikenal sebagai manusia tanpa kekuatan super yang justru unggul karena kecerdasannya. Dengan kebisaannya dalam menciptakan terknologi dari barang seadanya, Hardware akhirnya berhasil merakit sebuah armor exoskeleton yang memungkinkannya untuk beraksi layaknya manusia super. Dari asal-usul dan kekuatannya, cukup jelas bahwa Hardware adalah salah satu tiruan Iron Man di DC Universe.

Machinehead 2008

Karakter tiruan terakhir, yang juga diakui oleh para penggemar sebagai Iron Man versi DC, adalah Machinehead yang pertama kali muncul di kisah Final Crisis (2008). Faktanya dia memang berasal dari semesta DC yang meniru konsep Marvel Universe dan juga para karakternya. Digambarkan sebagai sosok berarmor canggih, Machinehead terkenal bisa mengeluarkan tembakan laser dari kedua telapak tangannya, bahkan di kisah lainnya dia juga pernah diperlihatkan menembakan laser yang lebih besar dari dadanya. Bersama superhero di semestanya dia juga membentuk tim superhero Retaliators yang artinya sama seperti Avengers, yaitu pembalasan.

Itulah 5 karakter DC yang mempunyai banyak sekali kemiripan dengan Iron Man. Entah disengaja atau tidak, mulai dari kecerdasan sampai kebiasaan merakit armor, sebenarnya itu sudah cukup untuk menegaskan bahwa mereka adalah Iron Man versi DC. Belum lagi beberapa persamaan lainnya, seperti sifat narsisme, kemampuan hebat sebagai penemu, dan juga kekuatan armor yang memungkinkan mereka untuk menembakan energi serta terbang. Semua itu makin membuat para karakter ini makin mirip dengan Iron Man. Bagaimana menurut kalian, di antara mereka kira-kira siapa yang paling mirip, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.