Sebagian besar penggemar setia DC pasti sepakat bahwa Justice League adalah tim superhero terbaik sepanjang sejarah. Namun, bagi penggemar Marvel, justru tim superhero terbaik di dunia adalah Earth’s Mightiest Heroes, Avengers. Untuk menengahi ini semua, DC pada akhirnya memutuskan untuk memperkenalkan parodi Avengers di DC Universe yang terkenal dengan sebutan Retaliators.

Menariknya, selain nama tim yang sama-sama mempunyai arti ‘sang Pembalas’, Retaliators juga terdiri para karakter yang mirip dengan superhero Marvel. Seperti Iron Man, Captain America, Yellowjacket, Scarlet Witch, Thor, dan masih banyak lagi. Hal inilah yang kemudian menjadi daya tarik Retaliators, yang ternyata mempunyai teriakan andalan “Retaliators, rampage!” mirip seperti ‘Avengers Assemble’. Tanpa perlu basa-basi lagi, langsung saja simak pembahasan tentang siapa sebenarnya Retaliators di DC Universe.

BACA JUGA: 7 Karakter ini Dihapus dari DC Universe!

Tim Superhero Yang Punya Banyak Nama

Pertama kali muncul di komik Justice League #87 (1971) karya Mike Friedrich, Retaliators awalnya mempunyai nama Champions of Angor. Di mana ‘Angor’ sendiri adalah planet asal mereka yang nantinya berganti nama menjadi Earth-8 sebagai bagian dari DC Multiverse. Tim superhero ini didirikan oleh empat karakter parodi dari superhero Marvel. Seperti Wandjina, parodi Thor dari mitologi suku Aborigin; Blue Jay, parodi Yellowjacket yang bisa mengecil; Jack B. Quick, parodi speedster yang terinspirasi Quicksilver; dan Silver Sorceress, penyihir yang merupakan parodi Scarlet Witch.

Awalnya tim ini sempat bertempur dengan Justice League, sebelum akhirnya sadar bahwa mereka harus bekerja sama untuk mengalahkan pasukan robot yang jauh lebih berbahaya. Setelah debutnya tersebut, Champions of Angor kembali muncul di peristiwa ‘Crisis on Infinite Earths‘ sebagai pengungsi dari planet Angor yang telah hancur. Kali ini tim mereka mempunyai beberapa anggota tambahan. Termasuk Bowman (Hawkeye), Tin Man (Iron Man), T.A. (Wasp), dan Bug (Spider-Man). Saat mereka di Bumi, Champions of Angor mengganti nama timnya menjadi Justifiers.

Pelarian mereka ke Bumi ternyata diikuti oleh Lord Havok (parodi Doctor Doom) dan tim supervillainnya, yaitu Extremists, yang terdiri dari para parodi dari supervillain Marvel. Seperti Doctor Diehard (Magneto), Dreamslayer (Dormammu), Death Bat (Green Goblin), dan masih banyak lagi. Selama bertahun-tahun Extremists menjadi musuh bebuyutan bagi Justifiers. Di kisah DC Countdown, tim mereka kembali berganti nama menjadi Meta-Militia, sambil memperkenalkan anggota baru, Americommando (Captain America).

BACA JUGA: Mengenal Crisis on Infinite Earth, Saga DCEU yang Batal!

Sampai akhirnya pada tahun 2011, DC kembali mereset semestanya di New 52 dan mengubah asal-usul tim parodi Avengers ini. Di mana Meta-Militia berganti nama menjadi Rampaging Retaliators alias Retaliators yang berasal dari Earth-8. Selain kembali ke universenya, banyak di antara para anggota Retaliators yang juga berganti nama dan penampilan. Membuat mereka jauh lebih mirip dengan para superhero Marvel daripada sebelumnya.

Nasib Retaliators Sekarang 

Dengan nama baru Retaliators, tim superhero DC ini sekarang telah mempunyai sejumlah anggota tambahan dan juga anggota lama yang berganti nama. Versi baru Retaliators ini pertama kali DC perkenalkan di komik The Multiversity #1 (2014) karya Grant Morrison dan Ivan Reis. Adapun para anggotanya adalah American Crusader (Captain America), Machinehead (Iron Man), Behemoth/Big Baby (Hulk), Deadeye (Hawkeye), Red Dragon (Black Widow), Silver Eagle (Falcon), Kite (Wasp), Major Max (Captain Marvel), Ladybug (Spider-Woman), Stuntmaster (Daredevil), dan Captain Speed (Quicksilver).

Tidak ketinggalan juga para anggota pendiri, seperti Silver Sorceress, Blue Jay, Wundajin yang kini bernama Wandjina. Mereka mempunyai markas seperti Avengers Tower dengan logo R raksasa di atas gedungnya. Kemunculan terbaru sekaligus terakhir mereka terjadi di komik Justice League Incarnate #1 (2021), bersama big bad villain baru bernama Tartarus (Thanos). Di kisah terakhir inilah dunia mereka kembali hancur oleh Tartarus yang ternyata bekerja sama dengan Darkseid. Banyak di antara para anggota Retaliators yang mati, dan keberadaan sisa anggotanya masih menjadi misteri sampai sekarang.

BACA JUGA: Bukan Avengers, Ini Tim Superhero Pertama Marvel!

Meskipun saat ini nasib parodi Avengers di DC Universe tidak jelas, bukan tidak mungkin ke depannya mereka akan menemukan jalan untuk kembali bangkit, seperti yang sering Avengers lakukan di Marvel Universe. Apalagi selain Retaliators, masih ada banyak populasi superhero baru dari Earth-8 yang bisa DC eksplorasi pada masa depan. Seperti Z-Men (X-Men), Future Family (Fantastic Four), dan Blue Boarder (Silver Surfer). Mungkin nantinya mereka akan membantu para Retaliators yang tersisi untuk mengembalikan keadaan Earth-8 seperti sedia kala. Kita nantikan saya ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.