Sosok Jewelry Bonney kemungkinan bukanlah anak dari Bartholomew Kuma melainkan hasil kloning dari sosok Big Mom dalam cerita One Piece. Nama Jewelry Bonney jadi salah satu karakter penting yang muncul dalam alur cerita Egghead yang sedang berjalan di manga One Piece. Bonney merupakan salah satu dari bajak laut Worst Generation yang diperkenalkan sebelum timeskip terjadi.

Sempat menghilang pasca timeskip, nama Bonney kemudian kembali muncul dalam beberapa poin cerita. Misalnya, ketika berusaha menyelamatkan Kuma atau ketika dia dikalahkan oleh Blackbeard dan ditangkap oleh Akainu. Masih jadi pertanyaan besar para fans mengenai asal-usul dan masa lalu Bonney, namun sebagian fans yakin jika dia adalah hasil kloning dari Big Mom.

Masa Lalu Bonney

Seperti yang dijelaskan di atas, masih sangat sedikit informasi yang diberikan oleh Oda mengenai masa lalu dari Bonney. Beberapa hal yang sudah kita ketahui tentang Bonney adalah dia berasal dari South Blue, tepatnya Sorben Kingdom. Dan yang paling epik adalah dia ternyata merupakan anak dari Bartholomew Kuma, meskipun sebagian fans masih meragukan hal tersebut.

Bonney mungkin ingat pernah menghabiskan masa kecilnya bersama Kuma, yang membuat dia berpikir jika Kuma adalah ayahnya. Tetapi, fakta juga menunjukan jika Bonney pernah menghabiskan beberapa waktu di kehidupannya untuk tinggal di pulau Egghead bersama Vegapuk. Bahkan, dalam kenangan masa lalunya terdapat panel kecil yang memperlihatkan Bonney bersama kuma di sebuah lab.

Bonney juga nampak merasa berhutang budi terhadap Kuma, dan mengapa hal itu terjadi masih jadi misteri. Kuma dan Bonney sudah sejak lama terpisah, namun yang menarik adalah Bonney selalu merasa berhutang besar terhadap Kuma. Bisa jadi, memang Bonney berhutang nyawa kepada mantan Yonko tersebut. Beberapa fans bahkan berpendapat jika tidak ada kemiripan fisik diantara keduanya.

Memang, untuk bisa jadi pasangan ayah dan anak tidak diperlukah hal genetik, seperti anak kandung. Dalam hal ini, bisa jadi jika Bonney adalah anak angkat dari Kuma. Intinya, sebagian fans merasa jika ada hal aneh dari hubungan mereka. Belum lagi petunjuk jika Kuma berasal dari ras yang unik, sedangkan Bonney nampaknya tidak memiliki keunggulan apa pun seperti Kuma.

Bonney dan Big Mom

Yang menarik adalah terdapat satu karakter yang justru memiliki kemiripan dengan sosok Bonney. Dia tidak lain adalah Charlotte Linlin alias Big Mom. Mulai dari penampilan fisik sampai kepribadiannya dianggap sangat mirip satu sama lain. Misalnya, mereka berdua sama-sama memiliki warna rambut merah muda serta penggunaan riasan wajah yang juga nampak serupa.

Cara mengekspresikan perasaan atau isi hati pun terlihat sama antara Bonney dan Big Mom. Mereka juga sama-sama merupakan karakter yang memiliki nafsu makan yang besar. Kekuatan buah iblis pun terlihat mirip, di mana Big Mom bisa mengambil jiwa atau jatah nyawa seseorang dari tubuhnya, sedangkan Bonney mampu untuk memanipulasi atau melepaskan jatah usia dari orang-orang.

Dengan semua kemiripan tersebut muncul spekulasi jika Bonney adalah hasil kloning dari Big Mom. Ini juga mungkin adalah salah satu alasan besar mengapa kemudian Kuma tidak ingin Bonney melihat isi kenangannya. Karena, pada dasarnya, Bonney tidak lahir secara alami seperti halnya manusia. Bonney mungkin dilahirkan secara genetik sebelum kemudian dibesarkan dan diurus oleh Kuma seperti halnya putrinya sendiri.

Spekulasi tersebut rasanya cukup masuk akal, apalagi setelah Oda juga menghadirkan informasi jika Stussy merupakan kloning dari Miss Bakkin, mantan kru Rocks. Penampilan mereka sangat mirip, meskipun ada beberapa hal yang berbeda. Tetapi, itu jadi petunjuk jika Stussy memang adalah kloning dari mantan kru Rocks tersebut.

Kloning Kru Rocks Lain

Dengan sudah terungkapnya stussy yang ternyata adalah kloning miss bakkin, spekulasi weevil adalah kloning dari whitebeard, dan spekulasi Bonney adalah kloning Big Mom, rasanya tidak berlebihan jika mungkin ada kloning dari kru rocks lain yang belum terungkap. Bisa jadi sebenarnya ada beberapa karakter yang sudah sejak lama muncul dalam cerita yang sebenarnya adalah kloning, seperti halnya Stussy dan Bonney.

Jika Geeks perhatikan, bagaimana para kru mantan kelompok Rocks jadi “sumber” untuk menciptakan kloning sebenarnya menarik. Apa yang jadi alasan mantan kru Rocks dipilih untuk subyek penelitian kloning tersebut memang masih tanda tanya, namun kemungkinan reputasi mereka adalah jawabannya. Seperti yang dijelaskan oleh Sengoku, jika kru bajak laut Rocks adalah kumpulan orang-orang hebat.

Mereka dikenal memiliki kekuatan dahsyat, yang mana membuat kru bajak laut Rocks ditakuti di seluruh lautan One Piece. Bahkan, World Government sendiri menganggap mereka adalah ancaman besar yang harus dimusnahkan. Inilah alasan catatan sejarah tentang kelompok Rocks tidak pernah ada. Mereka memutuskan untuk menyembunyikan informasi tentang kelompok Rocks.

Selain Weevil, Stussy, dan Bonney, karakter yang mungkin kloning dari kru bajak laut Rocks adalah Yamato. Asal-usul dari Yamato sendiri masih jadi misteri, di mana tidak diketahui siapa ibunya. Namun, dengan adanya informasi mengenai kloning ini setidaknya mungkin bisa menjawab pertanyaan tersebut. Vegapunk mungkin berhasil menciptakan Yamato dari DNA Kaido, dan kemudian dia besarkan sendiri seperti anaknya sendiri. Tujuannya adalah untuk menggantikan dia jadi pemimpin di Wano. Tetapi, yang terjadi malah sebaliknya di mana Yamato justru berusaha menghadapi ayahnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.