Apakah ada kru Topi Jerami yang merupakan kloning atau lahir akibat hasil rekayasa genetik? Informasi yang Eiichiro Oda hadirkan tentang kloning di beberapa chapter terakhir berhasil menarik perhatian dari para fans One Piece. Pasalnya, informasi tersebut benar-benar tidak diduga sebelumnya. Yang paling baru tentunya adalah informasi jika Stussy, salah satu agen CP0, merupakan kloning dari Miss Buckingham Stussy.

Memasuki akhir cerita dalam series One Piece, Eiichiro Oda mulai menghadirkan banyak informasi menarik yang sebelumnya menjadi misteri. Contohnya adalah rahasia buah iblis, fakta tentang nyawa yang memiliki berat 21 gram, dan hal lainnya. Di sisi lain, Oda juga menghadirkan banyak hal epik dan menarik. Contohnya adalah yang berkaitan tentang kloning.

Informasi Tentang Kloning di One Piece

Sebenarnya, informasi tentang kloning sudah muncul cukup lama tepatnya saat arc Whole Cake Island. Pada saat itu, Oda memperkenalkan konsep Lineage Factor alias DNA yang menjadi dasar terciptanya manusia atau makhluk hidup lain. Kelompok ilmuwan MADS adalah pihak yang pertama kali berhasil untuk melakukan penelitian tentang Lineage Factor tersebut.

Keberhasilan penelitian mereka kemudian diaplikasikan dalam berbagai hal. Misalnya, bagaimana Caesar Clown mencoba untuk membuat buah iblis versinya sendiri yang kemudian kita kenal sebagai SMILEs. Kemudian, Vegapunk juga melakukan hal yang sama dengan menciptakan buah iblis buatannya sendiri yang bisadibilang jauh lebih sukses daripada Caesar.

Namun, tentunya, yang menarik adalah keberhasilan dari penelitian Lineage Factor ini menjadi awal munculnya teknologi kloning. Vinsmoke Judge adalah bukti nyata dari hal tersebut. Seperti yang Geek ketahui, Germa 66 dikenal sebagai kelompok militer paling kuat dan paling canggih di dunia One Piece. Hal ini berkat otak cerdas dari Vinsmoke Judge.

Judge bahkan membuat pasukan kloning untuk Germa 66, yang bisa kita lihat di lab milik mereka. Ada banyak kloning yang siap digunakan kapan pun yang tersimpan dengan rapih. Vegapunk dan MADS juga berhasil membuat kloning pertama mereka yang tidak lain adalah Stussy. Vegapunk kemudian berhasil menciptakan kloning lainnya yang bisa kita lihat dari sosok Seraphim.

Karakter Yang Diduga Kloning

Dengan informasi tentang kloning yang dihadirkan oleh Oda Sensei ini membuat para fans pun penasaran apakah ada karakter lain di seriesnya yang merupakan kloning seperti halnya Stussy. Meskipun belum ada bukti nyatanya, banyak fans meyakini jika Edward Weevil merupakan kloning gagal dari Whitebeard dan juga Buckingham Stussy.

Hal ini bisa dilihat dari beberapa hal “janggal” yang ada di sosok Weevil. Misalnya, sikap yang seperti anak kecil dan juga adanya bekas jahitan di bagian wajahnya. Sekilas apa yang terjadi kepada Weevil ini mirip dengan apa yang terjadi kepada para zombie di Thriller Bark yang dibangkitkan berkat apa yang dilakukan oleh Dr. Hogback.

Namun, melihat karakternya, banyak yang kemudian yakin jika Weevil kemungkinan adalah kloning yang gagal. Belum lagi, di akhir chapter 1073 kemarin Miss Bakkin sempat mengatakan kepada Marco jika Weevil adalah benar-benar anak hasil hubungannya dan Whitebeard. Dan sosok yang tahu tentang hal ini adalah Vegapunk, yang memperkuat dugaan tersebut.

Ada Kloning di Kru Topi Jerami?

Dengan munculnya spekulasi jika Weevil adalah kloning Whitebeard, banyak dari para fans yang penasaran apakah ada juga sosok yang diduga kloning di kru Topi Jerami. Jika melihat apa yang sudah dihadirkan sejauh ini, salah satu kru Topi Jerami yang diduga adalah kloning adalah Roronoa Zoro. Ada beberapa hal yang dianggap menjadi petunjuk dari spekulasi ini.

Misalnya, level kekuatan dari Zoro yang tidak biasa. Geeks tentunya tahu jika Zoro dikenal sebagai kru Topi Jerami yang memiliki durabilitas atau daya tahan serta kekuatan fisik yang sangat luar biasa. Dan yang paling mencolok adalah Zoro mampu untuk melakukan sesuatu yang dianggap diluar nalar. Misalnya, mengangkat beban ratusan kilogram dengan sangat mudah, mampu menahan serangan epik Big Mom dan Kaido, dan hal lainnya.

Manusia biasa tentunya belum tentu sanggup untuk bisa melakukan hal luar biasa seperti itu. Yang juga menarik dan banyak jadi perbincangan hangat para fans adalah bagaimana Zoro yang dianggap sangat mirip dengan Ryuma dan bahkan Shimotsuki Ushimaru. Hal ini sempat membuat fans menduga jika Ushimaru adalah ayah Zoro. Namun, dalam kolom SBS dijelaskan jika Ushimaru bukan ayah dari Zoro.

Penjelasan dari Oda tersebut semakin membuat para fans penasaran dengan asal-usulnya. Berdasarkan beberapa petunjuk di atas artinya memang bukan hal mustahil jika Zoro adalah karakter yang merupakan hasil kloning, meskipun kemungkinan peluang untuk hal tersebut terbukti sangatlah kecil. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah kalian setuju dengan hal ini?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.