Meskipun sangat jarang jumlahnya sedikit terdapat beberapa swordsman atau ahli pedang di cerita One Piece yang diketahui memiliki kekuatan buah iblis. Seperti yang kita ketahui, para ahli pedang merupakan salah satu elemen yang menarik dalam ceritanya di mana mereka mampu mengalahkan musuh dengan kemampuan berpedang mereka. Mayoritas para ahli pedang ini diketahui tidak memiliki kekuatan buah iblis.

Hal ini karena biasanya para ahli pedang tersebut lebih mengandalkan Haki, selain juga kemampuan berpedang mereka. Kita bisa melihat hal ini dari beberapa karakter seperti Roronoa Zoro, King, Silvers Rayleigh, dan sebagainya. Namun, yang menarik adalah disadari atau tidak ada juga beberapa nama dari para ahli pedang tersebut yang ternyata memiliki kekuatan buah iblis. Siapa saja?

Trafalgar Law

Trafalgar Law merupakan kapten dari bajak laut Hati atau Heart Pirates. Saat timeskip terjadi, Law sempat mendapatkan posisi sebagai Shichibukai. Dia diketahui memiliki sebuah pedang dengan ukuran besar bernama Kikoku, yang masuk dalam kategori Yotou atau pedang terkutuk. Law juga memiliki kemampuan buah iblis Ope Ope no Mi, yang memberikannya kemampuan untuk melakukan berbagai hal yang luar biasa.

Contohnya adalah dia bisa sembuh dari berbagai penyakit, melakukan tindakan medis, serta dia bisa melakukan apa pun terhadap tubuh seseorang. Dengan bantuannya, Law berhasil menyelamatkan nyawa Luffy. Dia juga merupakan bagian dari Worst Generation, bersama dengan Luffy. Yang menarik juga adalah Ope Ope no Mi merupakan salah satu buah iblis paling langka dan kuat di dunia One Piece.

Charlotte Cracker

Charlotte Cracker merupakan anak ke-10 dari salah satu mantan Yonko, yaitu Big Mom. Cracker merupakan salah satu karakter yang menjadi antagonis dalam arc Whole Cake Island. Dia adalah salah satu karakter yang dihadapi oleh Luffy pada saat mencoba untuk menghentikan pesta teh yang diselenggarakan oleh Big Mom sebagai bagian dari perayaan pernikahan Sanji dan Pudding.

Cracker diketahui memiliki Armament Haki yang kuat dan mampu memberikan kesulitan kepada Luffy saat menggunakan Gear 4. Dia juga adalah salah satu karakter dengan kemampuan berpedang yang baik, yang dipadukan dengan kemampuan buah iblis miliknya. Cracke memiliki buah iblis Bisu Bisu no Mi yaitu buah iblis berjenis Paramecia yang membuatnya bisa membuat pasukan yang terbuat dari biskuit.

Shiryu

Ame no Shiryu atau Shiryu si hujan dulunya merupakan salah satu sipir di penjara Impel Down. Tapi, sikap dan perilakunya yang mengerikan serta kejam di mana dia tega untuk menyiksa dan membunuh para tahanan. Dengan sikapnya yang sudah tidak bisa lagi dikendalikan, akhirnya Magellan memutuskan untuk memecat Shiryu dan menjadikannya tahanan di level 6. Namun, dia kemudian berhasil kabur saat Blackbeard muncul.

Sekarang Shiryu sudah menjadi bagian dari kru Blackbeard. Shiryu sendiri memiliki sebuah pedang kutukan bernama Raiu, yang dia sering gunakan dalam berbagai situasi. Sebenarnya, pada awalnya, Shiryu tidak memiliki kekuatan buah iblis. Namun, Blackbeard kemudian mencuri Suke Suke no Mi milik Absalom dan memberikannya kepada Shiryu. Banyak yang meyakini, jika Shiryu akan jadi lawan bagi Sanji atau Zoro.

Admiral Fujitora

Fujitora adalah seorang admiral di markas pusat angkatan laut. Meskipun dia sudah tua, tapi dari segi kekuatan dia tidak kalah dengan mereka yang muda. Bahkan, Fujitora sendiri dianggap sebagai salah satu karakter terkuat. Sebenarnya, dia sudah pensiun sebelumnya sebelum World Government memutuskan untuk menariknya kembali dan menjadi salah satu admiral untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan Aokiji.

Fujitora alias Issho diketahui mengonsumsi buah iblis Zushi Zushi yang membuatnya mampu memanipulasi gravitasi di lokasi tertentu yang dia mau. Ketika mengakses kekuatan ini, dia akan menggunakan pedang andalannya dan “memanggil” meteor yang kemudian jatuh di lokasi tertentu yang dia inginkan. Kemampuan berpedang Issho juga termasuk sangat dahsyat, di mana dia bisa menahan serangan Doflamingo dan juga Zoro.

Diamante

Dia adalah salah satu karakter dari kelompok bajak laut Donquixote yang muncul dalam arc Dressrosa. Diamante merupakan sosok yang bertanggung jawab untuk mengadakan turnamen di Corrida Colosseum yang mana hadiah bagi pemenang di turnamen tersebut adalah buah iblis Mera Mera, yang awalnya merupakan milik dari Portgas D. Ace. Kemampuan berpedang Diamante memang diketahui cukup mumpuni.

Belum lagi dia juga diketahui memiliki kekuatan buah iblis bernama Hira Hira no Mi. Buah iblis berjenis Paramecia tersebut membuatnya mampu merubah apa pun, mulai dari tubuhnya sendiri sampai benda-benda lainnya untuk menjadi tipis dan pipih serta bergelombang. Hal ini tentunya akan membuat lawan menjadi sulit untuk menyerang Diamante, namun tidak dengan sebaliknya.

Big Mom

Big Mom merupakan salah satu Yonko yang Luffy dan aliansinya hadapi di Onigashima. Kemunculannya di Wano memang tidak terlalu mengejutkan, mengingat dia mengincar kru Topi Jerami. Apalagi, Nami sudah mencuri salah satu Homies miliknya, Zeus. Dan Big Mom pun pada akhirnya menjalin aliansi dengan Kaido. Meskipun jarang diperlihatkan, Big Mom sebenarnya adalah seorang ahli pedang.

Hal ini bisa lihat dalam pertarungannya melawan Kaido, sebelum menjalin aliansi. Big Mom diketahui memiliki sebuah pedang yang hidup yaitu Napoleon. Sebenarnya, Napoleon merupakan Homies atau benda ciptaan yang dia buat dari serpihan jiwa manusia. Hal ini bisa Big Mom lakukan berkat kekuatan buah iblis Soru Soru no Mi. Dan kekuatan buah iblis juga yang membuatnya jadi salah satu karakter terkuat.

Vista

Ahli pedang atau swordsman yang memiliki kekuatan buah iblis terakhir adalah Vista. Vista the Flower Sword merupakan mantan komandan dari divisi kelima dari kelompok bajak laut Whitebeard dan dianggap sebagai salah satu ahli pedang terhebat dalam dunia One Piece, yang mana Kemampuannya bahkan diakui oleh Dracule Mihawk, sosok ahli pedang terkuat di seluruh dunia. Vista juga sempat menahan serangan pedang dari Mihawk dalam pertempuran di Marineford.

Sebenarnya, masih belum ada konfirmasi apakah Vista memang pengguna buah iblis. Namun, melihat dari bagaimana setiap dia menahan serangan muncul bunga di sekitarnya, yang jadi sumber julukan namanya, bisa jadi itu adalah salah satu efek dari buah iblis yang dia makan. Menarik tentunya jika kemudian Oda Sensei menghadirkan informasi lebih banyak lagi mengenai Vista.

Meskipun mayoritas swordsman atau ahli pedang dalam cerita One Piece tidak memiliki kekuatan buah iblis, namun para karakter di atas membuktikan jika Oda sepertinya tidak ragu untuk menghadirkan sesuatu yang berbeda terhadap para karakter ini. Hal ini juga seolah memancing berbagai kemungkinan lain seperti kemungkinan Zoro yang akan memiliki kekuatan buah iblis pada masa depan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.