Para pembaca setia DC Comics, pasti tahu bahwa semua superhero Green Lantern tidak bisa terlepas dari eksistensi Green Lantern Corps yang diciptakan oleh Guardians of the Universe. Green Lantern Corps sendiri adalah kelompok penegak keadilan yang wilayahnya seluas alam semesta. Hal inilah yang pada akhirnya mengharuskan setiap anggotanya untuk menjadi salah satu makhluk terkuat di galaksi. Namun tahukah kalian bahwa dalam kelompoknya sendiri ada satu tim elite yang lebih kuat dari Green Lantern pada umumnya, mereka adalah Alpha Lantern Corps. Seperti apa kehebatannya? Mari kita bahas, Geeks.

Versi Mematikan Green Lantern Corps

Pertama kali melakukan debutnya di komik Green Lantern Vol. 4 #27 (2008), Alpha Lantern Corps digambarkan sebagai tim elite yang telah menggabungkan dirinya dengan Central Power Battery milik Green Lantern Corps. Semuanya terjadi tidak lama setelah markas dan keseluruhan Corps hancur pada peristiwa besar Sinestro Corps War. Untuk membangkitkan kembali Green Lantern Corps, Guardians of the Universe memutuskan untuk menambahkan beberapa aturan yang memperbolehkan Alpha Lantern untuk melakukan cara-cara mematikan saat melakukan penegakan hukum di galaksi.

Karena Alpha Lantern merupakan kehormatan tertinggi di Corps, tidak banyak Green Lantern yang bisa menjadi anggotanya. Dalam sejarahnya, Guardians setidaknya telah menunjuk enam anggota untuk menjadi Alpha Lantern, mereka adalah Boodikka, Chaselon, Green Man, Kraken, Varix, dan John Stewart dari Bumi. Namun, karena John tidak setuju dengan aturan Alpha Lantern yang memperbolehkan anggotanya bertindak brutal, dia akhirnya memilih untuk mengundurkan diri. Sedangkan lima anggota yang tersisa sepakat untuk menjadi tim Elite Green Lantern sebagai Alpha Lantern Corps.

Misi utama para Alpha Lantern ini adalah memburu para Lantern yang nakal atau membelot, bukan hanya Green Lantern saja tetapi juga semua Lantern yang eksis di DC Universe, termasuk Sinestro Corps, Red Lantern Corps, dan sebagainya. Tidak jarang tugas Alpha Lantern ini mengharuskan mereka untuk memburu sekaligus melucuti Power Ring dari para koleganya di Green Lantern. Hal inilah yang pada akhirnya membuat mereka ditakuti bukan hanya oleh Lantern lain tetapi juga oleh kelompoknya sendiri. Moto mereka adalah “Tidak Ada Lantern yang Bisa Melarikan Diri dari Alpha Lantern!”

Punya Kekuatan Yang Tidak Terbatas

Tidak aneh jika Alpha Lantern mengklaim diri mereka lebih hebat dari para Lantern mana pun, karena untuk menjadi anggotanya dibutuhkan pengorbanan yang sangat besar. Di mana anggota Alpha Lantern harus meninggalkan semua kehidupan pribadinya dan mulai mengabdikan diri sepenuhnya pada Corps. Belum lagi jika ingin bergabung dengan Central Power Battery, mereka harus lebih dahulu melakukan operasi kosmik dengan membuang sebagian besar bagian tubuh lamanya. Hal ini pada akhirnya memungkinkan energi Power Ring seorang Alpha Lantern tidak terbatas dan tidak akan pernah habis.

Dengan energi yang tidak terbatas, bisa dibilang Alpha Lantern mempunyai kekuatan yang lebih superior dari Green Lantern biasa. Karena pada umumnya mereka bisa lebih baik dalam segala aspek, termasuk kecepatan terbang, kekuatan fisik, kekebalan tubuh, ketahanan stamina, serta kemampuan untuk mewujudkan tekad dalam bentuk energi hijau dari Power Ring mereka. Sayangnya meskipun tidak dijelaskan secara detail oleh DC, tetapi Alpha Lantern Corps mempunyai kelemahan fatal yang sering diceritakan di komiknya. Di mana mereka selalu digambarkan mudah dikendalikan, termasuk oleh supervillain.

Eksistensi Alpha Lantern Sekarang

Setelah debutnya, Alpha Lantern Corps terbilang cukup sering muncul dalam kisah besar DC. Mirisnya, kemunculan mereka malah sering menjadi malapetaka bagi DC Universe. Misalnya di peristiwa epik Final Crisis (2008), di mana mereka berhasil dikendalikan oleh antek Darkseid, Granny Goodness. Kemudian hal serupa juga pernah terjadi di peristiwa Blackest Night (2009), alih-alih melindungi DC Universe dari pasukan zombie Black Lantern, mereka justru malah menjadi ancaman lain. Begitu juga di peristiwa Brightest Day (2010), saat supervillain Cyborg Superman diceritakan berhasil mengendalikan mereka.

Di kisah terakhirnya, Alpha Lantern bahkan diceritakan dengan tega menjatuhi hukuman mati kepada John Stewart karena telah membunuh sesama anggota Green Lantern yang ingin membocorkan rahasia Central Power Battery. Untungnya pada detik-detik terakhir, Alpha Lantern Varix sadar dengan perbuatannya sehingga memilih untuk menghabisi Alpha Lantern lain dengan bantuan John Stewart dan Green Lantern Guy Gardner. Malu dengan perbuatan timnya, Varix lantas mencabut nyawanya sendiri, sebelum akhirnya semua jasad Alpha Lantern disimpan di rubanah markas baru Green Lantern Corps.

Itulah pembahasan tentang asal-usul dan kekuatan tim elite Alpha Lantern Corps. Meskipun sudah lebih dari satu dekade meraka tidak pernah muncul lagi, tetapi bukan berarti kisah mereka telah selesai. Karena tidak bisa kita pungkiri sampai saat ini jasad mereka masih utuh dan tersimpan di markas Green Lantern Corps. Saat waktunya tiba, bukan tidak mungkin mereka akan dibangkitkan oleh orang yang ingin memanfaatkan kekuatan mereka, entah untuk tujuan baik maupun buruk. Kita nantikan saja kebangkitan mereka ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.