Alien dan dunia kosmik adalah dua hal menarik yang selalu bisa kita nikmati dari semesta komik seperti DC Universe. Karena selain bercerita tentang keadaan Bumi, melalui kisah luar angkasanya, DC juga selalu memberikan sejumlah kejutan di luar nalar untuk para penggemarnya. Salah satunya dengan memperkenalkan organisasi Green Lantern Corps yang bertindak layaknya polisi kosmos, seperti Hal Jordan, Alan Scott, dan sebagainya. Namun, tahukah kalian siapa pencipta Green Lantern Corps di DC Universe? Faktanya mereka diciptakan oleh bangsa alien Oans, mahluk cerdas pertama di alam semesta!

Oans, Makhluk Cerdas Pertama di Alam Semesta

Pertama kali diperkenalkan di komik Green Lantern Vol. 2 (1960), sekitar 20 tahun setelah debut Alan Scott, Oans awalnya digambarkan sebagai makhluk cerdas pertama yang tinggal di planet Maltus. Ciri-ciri fisik Oans dapat dengan mudah dikenali dari kulit mereka yang berwarna biru, tubuh yang tinggi, dan rambut berwarna hitam. Karena kecerdasan mereka, banyak di antara para Oans yang akhirnya menjadi ilmuwan dan penemu di alam semesta. Bisa dibilang mereka adalah bangsa alien yang bertanggung jawab atas lahirnya semua peradaban di alam semesta, begitu juga dengan semua masalahnya.

Kehidupan bangsa alien cerdas ini mulai berubah ketika seorang Oans bernama Krona menggunakan mesin time travel untuk melihat awal penciptaan alam semesta. Karena perbuatannya sangat dilarang di DC Universe, akibatnya sebuah anomali misterius mulai menimpa bangsa Oans secara keseluruhan, di mana mereka langsung berubah menjadi tua dengan tubuh yang mengecil dan rambut yang memutih. Karena merasa malu atas perbuatan mereka, para Oans yang tersisa lantas memilih untuk membuka lembaran baru dengan pindah ke planet Oa yang lokasinya berada di tengah alam semesta.

Di planet baru inilah para Oans mulai menyusun tujuan baru untuk menebus kesalahan bangsa mereka sebelumnya, yaitu dengan menjadi Guardians of the Universe alias pelindung alam semesta. Pada akhirnya kehidupan dan cara pandang mereka diisi dengan memikirkan cara bagaimana memerangi kejahatan dan menciptakan alam semesta yang teratur. Salah satunya dengan mendirikan organisasi ‘polisi kosmik’ Green Lantern Corps, dengan merekrut para makhluk bertekad kuat, seperti Alan Scott, Hal Jordan, Kilowog, dan masih banyak lagi. Di mana semuanya bertugas untuk menjaga kedamaian di DC Univese.

Mampu Menghancurkan Planet Dengan Pikiran

Meskipun jarang muncul, tetapi di DC Universe sendiri Oans dikenal sebagai bangsa alien tercerdas dan terkuat, bahkan mungkin lebih superior dari Kryptonian seperti Superman atau New God seperti Darkseid. Selain Krona ada sejumlah Oans lain yang cukup terkenal, termasuk Appa Ali Apsa, Dawlakispokpok, Herupa Hando Hu, dan Pazu Pinder Pol. Karena semuanya telah hidup selama miliaran tahun yang lalu, para pencipta Green Lantern Corps ini akhirnya dikenal sebagai makhluk abadi yang mempunyai kekuatan nyaris Mahakuasa. Mereka juga konon dapat mengetahui semua yang terjadi seluruh alam semesta.

Kehebatan lainnya yang dimiliki oleh Oans di antaranya adalah teleportasi, memanipulasi ruang dan waktu, memanipulasi genetik, terbang, dan juga kebal terhadap hampir semua serangan. Sebagai pencipta Green Lantern Corps mereka juga mempunyai tekad yang tidak ada bandingannya, sama seperti anggota Green Lanterns pada umumnya. Dengan semua kemustahilan yang mereka miliki ini, sangat mungkin bagi Oans untuk menghancurkan sebuah planet hanya dengan pikirannya saja. Bahkan big bad villain DC sekelas Darkseid pun pernah mengaku bahwa dia takut kepada para Oans.

Organisasi Super yang Pernah Dibentuk Oans

Seperti yang sudah disinggung di atas, Oans atau Guardians of the Universe adalah pencipta dari Green Lantern Corps di DC Universe. Menariknya, siapa sangka ternyata Green Lantern Corps adalah salah satu ciptaan terbaru mereka. Sedangkan sebelumnya para Oans juga sebenarnya sudah pernah menciptakan sejumlah organisasi atau kelompok super lainnya. Yang pertama adalah kelompok robot disebut Manhunters, di mana mereka diberikan tugas untuk berpatroli di alam semesta, sebelum akhirnya mengabdikan diri mereka kepada Krona dan berkhianat kepada para Oans baik.

Organisasi super kedua yang diciptakan oleh Oans adalah Halla. Mereka adalah polisi kosmik sebelum Green Lantern yang sering terlihat menggunakan pistol energi ketika menegakkan keadilan. Setelah para Oans menemukan teknologi Central Power Battery alias Lantern, barulah mereka mendirikan Green Lantern Corps yang dianggap jauh lebih baik dan lebih efektif daripada dua kelompok sebelumnya.

Itulah pembahasan mengenai Oans alias Guardians of the Universe, bangsa alien yang dikenal sebagai pencipta Green Lantern Corps di DC Universe. Melihat sejarah, cara pandang, kehebatan, dan jasa-jasa mereka, bisa dibilang jika tidak Oans mungkin kestabilan dan kedamaian alam semesta tidak akan pernah bisa terwujud. Karena tidak bisa kita pungkiri, sebagai pencipta Green Lantern Corps, ruang lingkup atau wilayah penjagaan Oans mungkin jauh lebih luas daripada tim super seperti Justice League atau Justice Society. Itulah mengapa keberadaan mereka sangatlah penting di DC Universe.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.