Dalam cerita di Marvel Comics terdapat karakter yang merupakan wujud dari universe atau cosmos pertama yaitu First Firmament. First Firmament merupakan salah satu makhluk paling tua di seluruh alam raya Marvel, dan juga menjadi nenek moyang bagi berbagai karakter kosmik. Tetapi, karena First Firmament termasuk dalam salah satu karakter baru wajar jika kemudian banyak dari Geeks yang belum mengenal karakternya.

Cerita tentang dunia kosmik dalam industri komik merupakan salah satu elemen yang menarik. Selain para pahlawan dan berbagai hal yang epik di bumi, banyak hal yang bisa dieksplor dan dihadirkan terkait dunia kosmik. Salah satu contohnya adalah kemunculan sosok First Firmament yang jadi perwujudan asal-usul multiverse Marvel. Siapa sebenarnya First Firmament?

Siapa First Firmament

Jauh sebelum multiverse muncul, Marvel Comics Universe hanya memiliki satu entitas kosmik. Dia adalah First Firmament. Seperti disebutkan di atas, First Firmament atau Cosmos Pertama merupakan satu-satunya makhluk dan perwujudan dari universe di jagat Marvel. Karakternya sendiri pertama kali muncul pada 2016 lalu dalam komik Ultimates Vol. 2 #5.

Siapa yang menciptakan First Firmament sendiri tidak diketahui sampai sekarang. Meskipun begitu, yang paling masuk akal jika sosok pencipta dari First Firmament adalah “Tuhan” dari Marvel universe yaitu One Above All. Menjadi yang pertama di alam raya membuat First Firmament kesepian. Dia pun kemudian menciptakan dua makhluk yang disebut sebagai ‘Aspirants’ dan juga ‘celestials.’

Sayangnya, dua makhluk ciptaan First Firmament ini justru saling berperang satu sama lain. Ketika para Aspirants memutuskan untuk setia dan patuh kepada First Firmament, justru para Celestials memutuskan untuk membangkang. Celestials memutuskan untuk menentukan dan menciptakan masa depan mereka sendiri. Konflik antara Celestials dan Aspirants ini pun berujung pada peristiwa Celestials War.

Perang itu kemudian dimenangkan oleh Celestials. Yang menarik adalah pasca peperangan tersebut First Firmament memutuskan untuk pergi ke sebuah dimensi dengan para Aspirants yang tersisa. Dan banyak sisa-sisa tubuh First Firmament yang terlepas akibat Celestial War. Sisa tubuh First Firmament yang terlepas itu kemudian berevolusi menjadi berbagai universe baru dan terciptalah multiverse lain atau Cosmos Kedua.

Multiverse Marvel sendiri terus mengalami siklus evolusi. Setelah Cosmos Kedua, ada lagi Cosmos Ketiga, Keempat, Kelima, Keenam, dan seterusnya. Sejauh ini, berdasarkan alur cerita di komik Secret Wars pada 2015 Marvel Comics sudah menghadirkan kurang lebih delapan Cosmos. Cosmos Ketujuh sendiri hancur dalam cerita tersebut dan munculah cosmos Kedelapan yang paling baru.

Nenek Moyang Para Makhluk Kosmik

Selain jadi “nenek moyang” multiverse di jagat Marvel, First Firmament juga nyatanya adalah nenek moyang bagi berbagai makhluk kosmik. Misalnya, setelah menciptakan Celestials, para Celestials itu pun kemudian menciptakan makhluk ciptaan mereka sendiri misalnya Kree dan Skrull serta Eternals. Bahkan, jika merunut ke belakang, para Inhumans dan mutan pun berasal dari First Firmament.

Selain Eternals dan Aspirants, First Firmament melahirkan makhluk kosmik lain seperti Galactus. Galan dari planet Taa muncul di Cosmic Keenam. Ketika kemudian universe tersebut hancur, Galan tidak ikut hancur melainkan bergabung dengan universe lainnya. Saat Cosmos Ketujuh, yang biasa disebut sebegai Infinity/Eternity, muncul akhirnya Galan berubah menjadi Galactus.

Cosmos Ketujuh juga menjadi tempat lahirnya berbagai karakter yang kita kenal saat ini. Misalnya, Captain America, Iron Man, Starbrand, dan lain-lain. Berdasar hal tersebut, First Firmament menjadi karakter penting bagi evolusi di dunia Marvel. First Firmament juga bertanggung jawab atas terciptanya berbagai multiverse yang kemudian jadi cikal bakal munculnya para karakter epik tersebut.

Sumber Dari Power Cosmic

Pertama kali muncul pada 1966 oleh Stan Lee dan Jack Kirby dalam komik Fantastic Four, Power Cosmic adalah sebuah kekuatan dahsyat yang biasanya digunakan oleh Galactus dan Silver Surfer. Dan ternyata, First Firmament merupakan karakter yang menciptakan kekuatan dahsyat tersebut di cerita Marvel Comics.

Power cosmic merupakan sebuah energi dahsyat yang bisa mengubah benda atau sesuatu hingga ke level subatom. Hal tersebut membuat penggunanya bisa mengatur atau mengubah ukuran bendanya, merubah bahan/elemen dasarnya, memindahkan atau melemparkannya ke berbagai tempat atau dimensi, dan sebagainya. Pengguna kekuatan Power Cosmic juga akan memiliki kemampuan lain.

Misalnya, telepati, telekinesis, precognition atau mampu melihat peristiwa masa depan, dan melakukan perjalanan waktu. Power Cosmic sendiri berasal dari sisa-sisa energi yang muncul dalam diri First Firmament, saat terlepas akibat Celestial War. Dengan semua kedahsyatan tersebut, wajar jika kemudian Power Cosmic jadi salah satu energi terbesar dan terkuat di Marvel Universe.

Jika digunakan dengan baik, energi ini bisa menyelamatkan dunia. Namun, sebaliknya, jika jatuh di tangan yang salah maka seluruh alam raya bisa saja hancur. Selain Silver Surfer dan Galactus, semua Celestials juga memiliki kekuatan Power Cosmic. Meskipun begitu, seperti yang disebutkan oleh Norrin Radd alias Silver Surfer Power Cosmic merupakan sebuah kekuatan yang “mengerikan.” Memiliki dan menggunakan Power Cosmic artinya sosok tersebut akan merasakan koneksi dengan seluruh makhluk hidup lainnya di seluruh alam raya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.