Dimulai dengan serial Arrow pada tahun 2012, Arrowverse adalah jagat superhero live action DC yang diciptakan oleh banyak sineas berbakat Hollywood. Salah satunya Greg Berlanti yang telah terlibat dalam banyak proyek Arrowverse bersama perusahaan produksinya Berlanti Productions, termasuk dalam menggarap serial seperti The Flash, Arrow, Supergirl, dan Superman & Lois. Sayangnya, menurut laporan terbaru, kreator Arrowverse ini ke depannya tidak akan lagi banyak terlibat dengan proyek DC.

Selain Arrowverse yang tayang di saluran The CW, Berlanti juga merupakan sosok yang bertanggung jawab dalam berbagai tayangan DC lain di saluran streaming HBO Max. Misalnya Doom Patrol, serial tim superhero nyeleneh DC yang tayang perdana pada tahun 2019, dan belum lama ini baru saja menyelesaikan setengah season keempatnya. Kemudian ada juga serial Titans yang bercerita tentang tim superhero muda DC sejak tahun 2018, di mana akhir tahun lalu baru menyelesaikan setengah season keempatnya juga sama seperti Doom Patrol.

Baru-baru ini The Hollywood Reporter melaporkan bahwa pendiri Berlanti Productions sekaligus pencipta Arrowverse, Greg Berlanti, mulai sekarang sudah tidak akan lagi terlibat banyak dengan proyek DC selanjutnya. Ternyata Hal ini bisa terjadi karena Berlanti baru saja menandatangani kesepakatan besar dengan Warner Bros., sehingga ke depannya Berlanti akan lebih fokus dengan genre lain untuk studio. Sedangkan untuk tayangan DC dia bersama Berlanti Productions akan mengurangi kontennya secara signifikan.

Saat ini di Arrowverse sendiri Berlanti setidaknya masih mempunyai tiga tayangan yang berjalan, yaitu The Flash season 9 yang akan menjadi akhir serialnya, kemudian Superman & Lois yang sejauh ini sudah mempunyai dua season. Sedangkan di saluran HBO, serial Titans dan Doom Patrol dari Berlanti rencananya akan segera mengakhiri kisahnya dalam waktu dekat ini dan tidak akan dilanjutkan dengan season kelima.

Sampai berita ini ditulis, masih belum ada pernyataan resmi dari pihak Berlanti. Namun terlepas dari pemberitaannya, faktanya sampai sekarang kreator Arrowverse ini masih terlibat dengan sejumlah serial DC lainnya yang akan tayang pada tahun ini, seperti Gotham Knights di The CW, Dead Boy Detectives dan Green Lantern yang berfokus pada John Stewart di saluran HBO. Berdasarkan hal tersebut masih perlu kita lihat mana saja yang akan jadi prioritas Berlanti selanjutnya, mengingat dia akan mengurangi banyak porsinya di proyek-proyek DC.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.