Meskipun Eiichiro Oda sudah banyak menghadirkan suku di cerita One Piece, namun sebagian dari mereka masih misterius karena informasi yang sangat sedikit. Selain dunia yang luas dan juga alur cerita yang menarik, salah satu daya tarik dari seri One Piece adalah keberagaman karakter yang sangat luar biasa. Oda Sensei memperkenalkan banyak sekali suku dalam ceritanya.

Misalnya, selain manusia, ada juga suku duyung, manusia ikan, lengan panjang, dan sebagainya. Sayangnya, meskipun ada banyak suku yang sudah Oda hadirkan dalam ceritanya masih ada sebagian yang masih jadi misteri. Informasi yang muncul mengenai beberapa suku ini tidak sebanyak suku lainnya. Lalu, apa saja suku di dunia One Piece yang masih jadi misteri?

Lunarian

Suku yang masih misterius di dunia One Piece yang pertama adalah Lunarian. Suku ini baru diperkenalkan di arc Wano kemarin. Berdasarkan informasi yang ada, suku Lunarian dahulu pernah tinggal di wilayah Red Line, dan memiliki kemampuan yang dahsyat di mana mereka bisa mengendalikan api. Mereka juga kabarnya menjadi bagian dari salah satu suku kuno yang sudah punah.

Yang menarik juga menurut penjelasan Queen suku Lunarian dianggap sebagai suku dewa. Hal tersebut karena mereka mampu bertahan di berbagai kondisi dan situasi. King merupakan karakter yang diketahui menjadi bagian dari suku ini. World Government sendiri berusaha untuk meneliti tentang suku Lunarian, seperti yang diperlihatkan dalam kilas balik Kaido. Tetapi, tidak ada informasi lengkap megenai suku ini.

Oni

Suku misterius lainnya di dunia One Piece adalah Oni. Seperti halnya suku Lunarian, Oda juga mulai memperkenalkan suku Oni di arc Wano kemarin. Hampir tidak ada informasi yang diketahui mengenai suku Oni, selain Yamato dan Kaido adalah dua karakter yang jadi bagian dari suku tersebut. Hal ini dikarenakan mereka memiliki ukuran tubuh yang besar, penampilan menyeramkan dengan dua tanduk di kepala.

Kaido juga sempat menjelaskan jika Oni dan manusia selalu bermusuhan di mana manusia tidak pernah mau menerima keberadaan para Oni. Inilah yang membuat Kaido marah saat Yamato mengaku sebagai Oden dan ingin jadi pembela penduduk Wano. Selain ciri-ciri yang sudah disebutkan, tidak ada informasi atau hal menarik lainnya yang Oda munculkan terkait suku ini.

Suku Mata Tiga

Jika Geeks perhatikan secara seksama, sebenarnya tidak ada yang berbeda antara suku mata tiga dengan manusia biasa. Namun, ketika kemudian kita memperhatian bagian dahi barulah kita bisa melihat perbedaanya. Seperti namanya, mereka yang menjadi bagian dari suku mata tiga ini memiliki satu mata tambahan yang terdapat di bagian dahi. Mereka diketahui selalu berusaha menutupi mata ketiga mereka.

Hal ini dikarenakan sering kali mereka menjadi incaran dari banyak orang terutama mereka yang berusaha pergi ke Laugh Tale. Hal ini dikarenakan kemampuan mereka untuk membaca Poneglyph dan juga mampu mendengar Voice of All Things. Berbeda dengan suku lainnya, suku mata tiga merupakan salah satu suku yang langka dan misterius. Sejauh ini baru Charlotte Pudding yang diketahui menjadi bagian dari sukunya, dan tidak ada informasi lainnya yang Oda hadirkan terkait suku mata tiga ini.

Suku Bartholomew Kuma

Suku yang masih misterius di dunia One Piece terakhir adalah suku dari Bartholomew Kuma. Seperti halnya suku Oni, suku dari Batholomew Kuma juga hampir tidak memiliki informasi sama sekali. Yang diketahui tentang suku dari Bartholomew Kuma adalah dia memiliki kekuatan fisik yang dahsyat. Informasi ini muncul di chapter 1064 kemarin, saat Bonney menceritakan tentang sosok Kuma.

Menurutnya, Kuma berasal dari sebuah suku spesial yang masih jadi misteri sampai saat ini. Banyak fans berasumsi jika Kuma berasal dari Lunarian seperti halnya King. Namun, ada juga yang berasumsi jika Kuma berasal dari suku spesial lainnya yang mungkin baru akan Oda perkenalkan pada masa yang akan datang. Tentunya akan sangat menarik jika memang Kuma berasal dari suku spesial lainnya.

Dengan banyaknya suku yang ada dalam dunia One Piece tentunya memberikan warna tersendiri bagi seri karya Eiichiro Oda ini. Oda seolah menghadirkan apa yang ada di dunia nyata dan kemudian diwujudkan di dunia One Piece. Namun, masih ada beberapa suku yang informasinya sangat sedikit dan belum terlalu banyak dieksplor. Contohnya adalah empat suku di atas.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.