Kelompok bajak laut Rocks D. Xebec sempat menguasai lautan One Piece pada 40 tahun yang lalu, namun siapa saja karakter yang pernah jadi anggotanya? Ternyata, hampir seluruh anggota kru bajak laut Rocks merupakan sosok yang mengerikan dan kuat. Bahkan, ada dari kelompok tersebut yang kemudian sempat menjadi penguasa samudera alias Yonko.

Sebagian lainnya, merupakan sosok legendaris yang dicari oleh banyak pihak misalnya angkatan laut. Bersama dengan para krunya, Rocks berhasil membuat reputasi kelompok bajak lautnnya dikenal di seluruh lautan. Bahkan, eksistensi kelompok mereka pun harus diharus dari sejarah. Lalu, siapa saja anggota dari kelompok bajak laut Rocks? Berikut adalah beberapa yang sudah diketahui sejauh ini.

Charlotte Linlin

Geeks tentunya sudah tidak asing dengan anggota kelompok Rocks satu ini, yaitu Charlotte Linlin atau yang kita kenal sebgai Big Mom. Dia merupakan kapten dari kelompok bajak laut Big Mom. Linlin merupakan salah satu Yonko di wilayah New World dan menjadi satu-satunya wanita yang menjadi Yonko. Tidak diketahui kapan Linlin bergabung dengan kelompok Rocks.

Yang menarik juga adalah selain menjadi satu-satunya wanita yang menjadi Yonko dalam cerita One Piece, dia juga jadi satu-satunya anggota wanita di kelompok Rocks. Big Mom diketahui memiliki keinginan untuk mencari keberadaan Laugh Tale, bahkan jauh sebelum Great Age of Pirate muncul. Buktinya adalah Roger mencuri salinan Road Poneglyph milik Big Mom, dan mengalahkannya menuju Laugh Tale.

Kaido

Kaido merupakan pemimpin dari kelompok bajak laut Beast dan merupakan salah satu Yonko seperti halnya Linlin. Dalam arc Wano Country kemarin diketahui jika sebelumnya Kaido juga pernah menjadi bagian dari kelompok bajak laut Rocks. Dalam cerita kilas baliknya, terungkap bahwa ketika Kaido berusia remaja dan tiba di Beehive Island, Rocks langsung menawarinya untuk bergabung.

Hal ini karena Rocks sudah mengetahui bagaimana kualitas dan kemampuan dari Kaido. Yang menarik adalah saat momen pertempuran di God Valley, Kaido sempat kabur dan tidak diketahui keberadaanya. Namun, kemudian terungkap jika dia pergi ke Wano. Kaido sendiri memiliki koneksi yang cukup dekat dengan Linlin dibandingkan anggota lainnya. Bahkan, buah iblis yang dia miliki merupakan pemberian Linlin.

Edward Newgate

Edward Newgate atau yang biasa kita kenal sebagai Whitebeard, merupakan kapten dari kelompok bajak laut Whitebeard. Whitebear terkenal dengan julukan “manusia paling kuat di dunia” serta “manusia yang paling dekat dengan One Piece” pasca kematian Gol D. Roger. Jauh sebelum dia membentuk kelompoknya sendiri dan menjadi Yonko, Whitebeard sempat menjadi bagian dari kru bajak laut Rocks.

Masih belum ada informasi mengenai hubungannya dengan Rocks. Namun, besar kemungkinan Whitebeard sangat menghormati sosok Rocks. Hal ini bisa kita lihat dari bagaimana Whitebeard rela bekerja sama dengan kru lainnya tanpa ada paksaan atau apa pun. Meskipun begitu, Whitebeard justru berusaha untuk menghadirkan sesuatu yang berbeda dari bajak laut yang dia bangun. Keluarga jadi kunci utama dalam kelompok Whitebeard.

Shiki

Shiki the Golden Lion, atau yang biasa kita kenal sebagai “bajak laut terbang,” merupakan pemimpin dari kelompok bajak laut Golden Lion. Shiki merupakan karakter pertama yang diketahui mampu kabur dari Impel Down. Bersama Roger dan Whitebeard, Shiki merupakan salah satu bajak laut terkuat dari generasinya. Shiki sebenarnya merupakan karakter villain yang diperkenalkan dalam film One Piece: Strong World.

Namun, Oda Sensei kemudian membuat karakternya jadi bagian dari cerita utama alias canon. Sayangnya, tidak banyak informasi yang kita ketahui tentang masa lalunya selain dia pernah menjadi bagian dari kelompok Rocks bersama Whitebeard, Kaido, dan Big Mom. Yang menarik adalah Shiki sering meminta Roger untuk menjadi bagian dari aliansinya.

Captain John

John atau Captain John merupakan seorang bajak laut yang terkenal. Sebelum membentuk kru bajak lautnya sendiri, dia sempat jadi bagian dari kelompok Rocks. Satu hal yang kemudian menjadi ciri khas Captain John adalah dia senang untuk mengumpulkan harta karun dari seluruh dunia. Bahkan, sebelum dia tewas, kabarnya Captain John sempat menyembunyikan semua hartanya di sebuah gua.

Ini yang kemudian menjadi incaran Buggy si badut di sepanjang cerita One Piece. Dia justru lebih memilih mencari dan berburu harta karun Captain John daripada One Piece seperti yang lain. Yang menarik adalah Captain John adalah salah satu anggota bajak laut Rocks yang muncul di arc Thriller Bark. Pasca kematiannya, jenazah Captain John berhasil Dr. Hogback temukan dan dia modifikasi menjadi salah satu zombie.

Ochoku

Wang Zhi atau sosok karakter yang memiliki nama lain sebagai Ochoku adalah mantan dari kru bajak laut Rocks lainnya. Berbeda dengan Captain John, sama sekali tidak ada informasi mengenai keberadaan Wang Zhi sekarang. Namun, para fans sendiri berspekulasi jika Wang Zhi juga ada di Thriller Bark bersama dengan Captain John. Dia juga kemungkinan sudah berubah menjadi zombie akibat Dr. Hogback.

Namun, terdapat informasi menarik mengenai Ochoku. Dalam chapter 1059 kemarin, saat Blackbeard bertemu dengan Koby, dia sempat mengatakan bahwa insiden Rocky Port berhasil membantu Blackbeard untuk merebut pulau Beehive yang sekarang jadi markasnya. Apakah artinya Ochoku masih hidup atau justru sudah tewas? Semuanya masih belum ada kejelasan.

Silver Axe

Selain Ochoku, karakter lainnya yang pernah menjadi kru bajak laut Rocks adalah Silver Axe. Menurut penuturan Sengoku, Silver Axe adalah bajak laut yang kuat. Setelah tidak lagi menjadi bagian dari kru Rocks, dia pun membuat kelompok bajak lautnya sendiri. Namun, seperti halnya Ochoku masih belum ada kejelasan mengenai karakternya dan juga ceritanya saat menjadi bagian dari kelompok Rocks.

Yang perlu menjadi catatan adalah Silver Axe sendiri kemungkinan adalah julukan bukan nama asli. Banyak fans menduga jika Silver Axe juga ada di Thriller Bark, bersama dengan Captain John, di mana mereka sudah menjadi mayat hidup alias zombie kreasi dari Dr. Hogback.

Buckingham Stussy

Buckingham Stussy adalah anggota kelompok bajak laut Rocks yang baru saja terungkap dalam cerita One Piece. Dalam chapter 1073, diketahui jika ternyata Buckingham Stussy atau Miss Bakkin merupakan mantan anggota kelompok Rocks. Buckingham Stussy merupakan sosok asli dari karakter kloning Stussy. Masih belum diketahui apa alasan Buckingham Stussy mau dibuat kloning oleh Vegapunk.

Yang juga menarik adalah dalam informasi yang dihadirkan di chapternya dijelaskan jika Buckingham Stussy adalah seorang ilmuwan. Dan dalam gambar sampul di chapter sebelumnya, terlihat seorang wanita yang jadi bagian dari kelompok MADS. Informasi tersebut memperkuat dugaan jika Buckingham Stussy merupakan mantan anggota dari Rocks sekaligus kelompok MADS.

Bajak laut Rocks sangat populer di lautan sektar 40 tahun yang lalu. Mereka menguasai lautan dan semua orang takut dengan kelompok tersebut. Sayangnya, Oda baru menghadirkan sedikit informasi mengenai kelompok bajak laut Rocks. Namun, sedikit demi sedikit mungkin informasinya akan mulai terungkap seperti yang terjadi kepada Miss Bakkin alias Buckingham Stussy.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.