Seperti yang Geeks ketahui, di sepanjang kemunculannya di universe Marvel Comics sosok Ghost Rider selalu menggunakan berbagai kendaran yang sangat epik. Bahkan, bisa dibilang, terkadang ada juga kendaraan yang berubah jadi “kendaraan neraka” oleh Ghost Rider yang benar-benar mindblowing dan tidak terduga. Kendaraan tersebut Ghost Rider gunakan untuk membantunya mengalahkan musuh atau pergi ke sebuah tempat.

Ghost Rider merupakan salah satu karakter Marvel yang paling mengerikan. Selain kekuatannya yang dahsyat yang berasal dari neraka, banyak hal lain yang bisa dia lakukan yang tidak pernah terjadi kepada para pahlawan lain. Misalnya, dia bisa mengubah hampir apa pun menjadi sebuah kendaraan mengerikan dari neraka. Berikut adalah beberapa kendaraan epik yang pernah digunakan oleh Ghost Rider.

Motor

Hell Cycle adalah kendaraan epik Ghost Rider yang paling umum atau paling banyak diketahui oleh banyak fans. Pada dasarnya, Hell Cycle merupakan sebuah sepeda motor yang kemudian dirubah menjadi kendaraan neraka. Johnny Blaze adalah sosok Ghost Rider yang sangat populer dengan Hell Cycle, yang sudah sering muncul baik di cerita komik atau pun versi live-action.

Dalam cerita komiknya sendiri, Hell Cycle memiliki banyak varian tergantung dari siapa sosok yang jadi atau memiliki kekuatan Spirit of Vengeance. Misalnya sosok Wileaydus Autolycus, yang Hell Cyle miliknya berbeda dari milik Blaze. Contoh lainnya adalah Frank Castle alias Cosmic Ghost Rider, yang Hell Cycle miliknya memiliki nuansa kosmik. Ini tentunya menjadi salah satu daya tarik dari karakternya.

Mobil dan Kendaraan Lain

Selain HellCycle atau motor, mobil juga jadi salah satu kendaraan Ghost Rider yang epik di universe Marvel. Hal ini baru terjadi di era modern. Sosok Ghost Rider yang memiliki kendaraan mobil tersebut adalah Robie Reyes, yang diperkenalkan pada 2014. Robbie diperlihatkan mengendarai Dodge Charger, yang mana kemudian mobil tersebut dikenal dengan nama Hell Charger.

Sama halnya seperti HellCycle, banyak kedahsyatan yang dimiliki Hell Charger seperti mampu menyembuhkan luka atau menghadirkan persenjataan dengan daya hancur yang dahsyat. Bahkan, Hell Charger bisa mengetahui di mana lokasi Captain America saat diculik oleh Dark Celestials. Selain mobil, dalam cerita komik lainnya diperlihatkan bagaimana kendaraan lain seperti bis, truk, bahkan hal lainnya pernah jadi kendaraan Ghost Rider.

Kuda

Jauh sebelum di era modern, Ghost Rider pernah juga beraksi. Karena belum ada teknologi mesin, tentunya kendaraan yang digunakan tidak lain adalah hewan yang mana dalam hal ini adalah kuda. Sosok Carter Slade adalah Ghost Rider yang menggunakan kuda sebagai kendaraannya. Carter Slade pertama kali muncul dalam komik Ghost Rider #1 yang rilis pada 1967.

Bersetting di abad ke 19, Carter Slade sendiri awalnya adalah guru yang berusaha menolong suku asli Amerika. Namun, dia malah tertembak. Setelah mendapatkan kesempatan kedua untuk hidup, dia pun kemudian menjadi sosok Ghost Rider. Selain Carter Slade, variant Ghost Rider yang juga pernah menggunakan kuda sebagai kendaraan mereka adalah Caleb dan juga Calico Kid alias Rex Fury.

Mammoth

Mungkin, tidak pernah sebelumnya terpikiran jika hewan purbakala pernah menjadi kendaraan yang digunakan oleh Ghost Rider. Namun, inilah yang terjadi kepada Ghost Rider pertama di universer Marvel. Jutaan tahun yang lalu, sebelum sosok Carter Slade dan Ghost Rider lain muncul, ada satu sosok manusia gua yang pernah memiliki kekuatan Spirit of Vengeance. Tidak diketahui siapa namanya, namun Avengers Vol. 8 #7 memperlihatkan jika namanya adalah Ghost.

Ghost sendiri merupakan salah satu anggota dari Avengers pertama di muka bumi dalam universe Marvel, yaitu Avengers 1.000.000 B.C. Saat mendapatkan kekuatan Ghost Rider, manusia gua tersebut kemudian memilih seekor mammoth untuk kemudian menjadi kendaraannya. Dan di komiknya sendiri diperlihatkan bagaimana Ghost nampak begitu epik saat mengendarai mammoth dengan kekuatan dari neraka.

Kereta

Marvel Comics memang selalu menghadirkan hal gila jika berbicara mengenai Ghost Rider dan juga kendaraan yang dia gunakan. Salah satunya adalah menjadikan sebuah kereta sebagai kendaraannya. Hal ini diperlihatkan dalam cerita “Loco-Motion” di komik Marvel Voices: Comunidades #1. Dalam komiknya, diperlihatkan bagaimana Robbie Reyes dan adiknya, Gabe, berusaha menghadapi sekelompok rasis di stasiun kereta.

Robbie kemudian berubah menjadi Ghost Rider, yang kemudian merubah kereta yangdia tumpangi menjadi sebuah kendaraan neraka. Hell Train atau Ghost Train benar-benar nampak mengerikan, dengan tengkorak wajah di bagian depan dan tidak lupa api yang besar berada di sekitar keretanya. Namun, sayangnya, kereta neraka ini terbukti sangat berbahaya karena memiliki kecepatan yang tidak terkendali. Bahkan, seluruh penumpang di dalamnya hampir saja tewas.

Quinjet

Geeks mungkin familiar dengan pesawat berukuran besar yang biasanya mengangkut para Avengers, yaitu Quinjet. Kapal ini biasanya digunakan dalam operasi S.H.I.E.L.D. untuk menangani berbagai ancaman. Tapi, ternyata kapal ini pernah jadi kendaraan Ghost Rider dan perubahannya benar-benar epik sekaligus mengerikan. Momennya terjadi di komik Empyre #1, yang menghadirkan cerita crossover antara Fantastic Four dan Avengers.

Mereka berusaha untuk mengehentikan rencana besar dari aliansi Kree dan Skrull. Yang menarik adalah Tony Stark yang meminta sendiri kepada Robbie untuk mengendalikan Quinjet. Ketika pertarungan akhirnya pecah, Robbie pun kemudian mengubah Quinjet menjadi kendaraan dari neraka yang mengerikan. Robbie sendiri menamai kendaraan ini sebagai Ghost Quinjet.

Papan Silver Surfer

Papan milik Silver Surfer merupakan salah satu benda kosmik unik yang dihadirkan di universe Marvel. Silver Surfer sendiri diperlihatkan sangat bergantung kepada papan tersebut. Namun, yang menarik adalah dalam Avengers #28 karya Jason Aaron dan Ed Mcguinness Ghost Rider pernah diperlihatkan berhasil mencuri papan tersebut. Dia menggunakannya untuk bersenang-senang.

Sebenarnya, masih jadi misteri bagaimana Ghost Rider bisa mengendarai papan tersebut. Karena, pada dasarnya, papan itu terhubung dengan kekuatan dari Silver Surfer. Namun, koneksi antara Ghost Rider dan Silver Surfer kemungkinan dianggap jadi penyebabnya. Pasalnya, sebelumnya, teman-teman dari Silver Surfer sendiri ada yang pernah bisa mengendarai papan tersebut.

Avengers Mountain

Dalam sejarah kemunculannya, tim pahlawan Avengers sudah beberapa kali pindah tempat untuk jadi markas mereka. Mulai dari gedung pencakar seperti Avengers Tower sampai tubuh atau jenazah dari Celestial yang ada di bumi, yang lebih dikenal sebagai Avengers Mountain. Namun, bagaimana jika kemudian markas Avengers tersebut dirubah menjadi kendaraan Ghost Rider? Inilah yang terjadi di komik Avengers #5 karya Jason Aaron dan Paco Medina.

Dalam komiknya diceritakan jika para Avengers harus menghadapi Celestials yang jahat, yang berusaha untuk menghancurkan bumi. Untuk bisa menandingi kekuatan Celestials, Iron Man kemudian menciptakan God Killer armor. Namun, yang luar biasa adalah Ghost Rider mengubah tubuh atau jenazah Celestials ini menjadi kendaraanya. Sejauh ini, tubuh Celestial tersebut merupakan kendaraan terbesar yang pernah dirubah atau digunakan oleh Ghost Rider.

Ghost Rider memang akan selalu menjadi karakter yang mengerikan dengan nuansa humor gelap yang jadi ciri khasnya. Namun, yang tentunya banyak diingat oleh para fans adalah ketika dia mengaktifkan kekuatan nerakanya dan mengubah kendaraan di sekitarnya menjadi epik. Dan beberapa kendaraan di atas adalah contohnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.