Sosok Humprey Bogard adalah wakil dari Garp dan salah satu karakter yang misterius di serial One Piece yang jadi karakter favorit dari para fans. Meskipun dia jarang muncul dalam cerita, namun kepopuleran Bogard nampaknya cukup besar. One Piece karya Eiichiro Oda dikenal karena jumlah karakternya yang sangat luar biasa banyak. Kurang lebih ada sekitar 1.000 lebih yang sudah diperkenalkan.

Sebagian karakter memang ada yang sering muncul dalam cerita seperti anggota Worst Generation, para villain, dan juga yang jelas adalah kru Topi Jerami. Namun, ada juga karakter yang jarang sekali muncul dalam cerita. Yang menarik adalah meskipun jarang muncul dalam cerita, tetapi karakter ini tetap mendapatkan popularitas dan bahkan jadi salah satu karakter favorit para fans. Contohnya adalah Bogard.

Bogard Sang Wakil Garp

Lalu, siapa sebenarnya Bogard? Humphrey Bogard adalah seorang perwira di angkatan laut yang sekaligus merupakan tangan kanan alias orang kepercayaan dari Monkey D. Garp. Bogard juga merupakan orang yang melatih Helmeppo dan juga Koby, sebelum akhirnya dia dilatih langsung oleh Garp. Bogard adalah sosok perwira angkatan laut yang sangat kalem, terbukti dengan dia yang jarang berbicara dan hanya berbicara ketika dibutuhkan.

Advertisements

Tidak diketahui sejak kapan Bogard menjadi wakil dari Garp. Namun, melihat loyalitasnya terhadap kakek Luffy tersebut ada kemungkinan mereka sudah lama berpartner. Karena jarang sekali muncul dalam cerita, di mana bahkan pangkatnya di angkatan laut tidak diketahui dan juga namanya hanya muncul beberapa kali, belum banyak informasi yang dihadirkan oleh Oda Sensei terkait karakternya.

Meskipun belum ada konfirmasi resmi, namun sosok Humprey Bogard memiliki kemiripan dengan sosok aktor Humprey Bogart dalam film Cassablanca. Terdapat juga fakta menarik tentang Bogard, di mana nama Bogard sendiri pertama kali disebut dalam versi animenya di episode 68. Sedangkan, dalam versi manganya nama dari Bogard sendiri tidak pernah disebutkan. Sehingga, bisa kita anggap jika nama ini bukan canon.

Kemampuan Luar Biasa Bogard

Tentunya ada beberapa alasan mengapa Bogard jadi salah satu karakter favorit para fans. Salah satunya adalah kekuatan dan kemampuannya. Sebagai wakil dari Garp, jelas level kekuatan dan kemampuannya tidak sembarangan. Bogard diketahui memiliki kemampuan berpedang yang sangat luar biasa. Hal ini diketahui melalui cerita sampul di chapter 101.

Dalam cerita sampul tersebut diperlihatkan bagaimana Bogard memotong dua timun yang dipegang oleh Koby. Potongannya sendiri benar-benar rapih dan saking cepatnya, Koby sendiri tidak menyadari hal tersebut. Meskipun sekilas mungkin nampak biasa, ketepatan dan kecepatan dari serangan Bogard tersebut tentunya sangat luar biasa. Dan hal ini membuatnya pantas menjadi wakil Garp.

Advertisements

Seperti asal-usulnya, selain apa yang dihadirkan dalam cerita sampul tersebut tidak diketahui lagi apa yang jadi kekuatan dan kemampuan Bogard. Meskipun begitu, diyakini jika Bogard bukanlah sosok sembarangan. Dan para fans sendiri masih menantikan Oda Sensei untuk memperlihatkan kemampuan lain dari wakil Garp ini, yang mungkin akan terjadi dalam waktu dekat.

Bogard Akan Tunjukan Kekuatannya Yang Asli?

Dalam chapter 1071 kemarin, Garp sudah mulai mengumpulkan kru dan bantuan lainnya untuk mengejar Blackbeard. Garp berusah untuk menyelamatkan Koby yang diculik oleh Blackbeard. Di chapter tersebut, kita melihat baru Helmeppo (dan Hibari) yang bergabung untuk menyelamatkan Koby. Namun, diyakini jika Bogard juga akan ikut bersama Garp sebagai seorang wakil dan juga teman lamanya.

Dengan Bogard yang diyakini ikut bersama Garp ke pulau Beehive, artinya kita akan melihat seperti apa kemampuan sebenarnya dari Bogard. Mungkin, lawan yang akan dihadapi oleh Bogard di pulau tersebut adalah Shiryu yang sama-sama merupakan pengguna pedang. Menghadapi pengguna buah iblis Suke Suke, kita akan melihat pertarungan epik dari kedua karakter ini.

Garp jelas dalam posisi yang tidak menguntungkan, mengingat dia tidak memiliki banyak dukungan pasukan untuk menghadapi Blackbeard dan para bajak laut di pulau Beehive. Karena itulah, dia akan membutuhkan bantuan dari banyak pihak termasuk rekannya. Selain Bogard, mungkin kita juga akan melihat rekan Garp lainnya seperti Tokikage, Tsuru, dan yang lainnya beraksi untuk menyelamatkan Koby.

https://www.greenscene.co.id/author/irvan-sukmaningrat/