Ant-Man adalah salah satu anggota Avengers yang sangat terkenal. Sesuai dengan namanya, Ant-Man memiliki banyak kemampuan layaknya semut. Meski terdengar aneh, tetapi jangan ragukan kemampuannya. Ant-Man sudah terbukti mampu mengalahkan banyak villain hebat di Marvel Universe, mulai dari Ultron, hingga Doctor Doom. Tetapi sama seperti karakter Marvel lainnya, Ant-Man juga memiliki beberapa varian. Siapa saja varian Ant-Man yang eksis di Marvel Universe? Simak berikut ini Geeks!

Dwight Barret

Dwigh Barret adalah seorang Ant-Man yang berasal dari Earth-807128. Dalam semesta tersebut, dunia telah hancur karena para penjahat mulai bersatu mengalahkan para pahlawan yang tersisa. Buat Geeks yang belum tahu, komik Old Man Logan juga mengambil latar di semesta ini. Nah untuk Dwight Barret, kekuatannya mirip dengan Hank Pym atau Scott Lang saat keduanya menjadi Ant-Man. Hanya saja Dwight Barret lebih pintar. Dwight bahkan membuat helm Ant-Man di usia delapan tahun, dan tanpa bantuan siapapun. Dia juga mampu memerintahkan kawanan semut yang sangat besar, yang pernah dia gunakan untuk menghancurkan para villain seperti Shocker dan Green Goblin.

Eric O’Grady

Advertisements

Mungkin dialah salah satu Ant-Man paling “canggih”. Eric O’Grady memiliki armor Ant-Man yang sangat modern, yang dapat membantunya dalam mengalahkan musuh. Bahkan jika dibandingkan dengan Hank Pym, armor Eric jauh lebih canggih. Armornya bisa mengeluarkan sepasang kaki robot yang dapat muncul dari ransel belakangnya. Kaki tersebut memberikan Eric kelincahan ekstra dan kemampuan memanjat. Selain armor, helm Eric juga sangat canggih, Karena tidak hanya mampu berkomunikasi dengan semut, tetapi dengan karakter lainnya, meski dalam ukuran yang sangat kecil. Nah menariknya, Eric lebih sering bekerja bersama SHIELD ketimbang Avengers.

Giant-Man

Setelah bergabung dengan Avengers, Hank Pym kemudian sempat mengganti namanya menjadi Giant-Man. Ketika dia menjadi Giant-Man, tubuhnya bisa berubah menjadi sangat besar, mirip seperti yang dilakukan Ant-Man biasa. Nah yang membedakan Giant-Man dan Ant-Man adalah Giant-Man mampu menghasilkan ledakan energi secara alami tanpa menggunakan teknologi tambahan. Ledakan energi tersebut mampu melumpuhkan musuh dengan cukup mudah. Menariknya lagi, Giant-Man lebih mampu menjadi seorang pemimpin dibanding Ant-Man lain. Diapun pernah membuktikan diri sebagai pemimpin Avengers yang baik selama beberapa waktu menggantikan Captain America.

Ant-Man Wolverine

Geeks tentu tahu dengan Wolverine. Dia adalah salah satu anggota X-Men terkuat, berkat cakar Adamantium yang bersemayam di tangannya. Lalu apa jadinya jika Wolverine yang sangat kuat bergabung menjadi satu dengan Ant-Man? Tentu sosok mengerikan akan muncul dari perpaduan keduanya. Yap karakter ini menggabungkan kekuatan Ant-Man dan cakar Adamantium khas Wolverine. Dia muncul dalam komik Secret Wars: Battleworld #3 di tahun 2015 lalu. Meskipun komiknya tidak mengungkap banyak tentang versi Ant-Man ini, tetapi sepertinya dia juga memiliki kemampuan Healing Factor yang membuatnya sangat kuat dan tidak terkalahkan.

Advertisements

Ant May

Ant May muncul dalam komik What If…? #34. Dalam komik tersebut, diceritakan bahwa Bibi May sebenarnya adalah Ant-Man. Peter Parker pun menyadari hal tersebut, namun dia membiarkannya. Memang kekuatan Ant May sama dengan Ant-Man lainnya. Itu berarti Ant May dapat mengecilkan dan membesarkan tubuhnya sesuka hati. Selain itu, dia juga bisa berkomunikasi dengan semut. Ant May juga mampu bertarung dengan sangat baik, seperti Hank Pym. Dan dalam beberapa hal, kemungkinan kekuatan Ant May mampu menyaingi Peter Parker sebagai Spider-Man. Meskipun usia Ant May sudah tidak muda lagi, tetapi dia mampu bersaing dengan superhero muda lainnya.

Ultron Fusion

Seperti yang kita tahu, Ultron adalah karakter yang tidak sengaja diciptakan oleh Hank Pym. Tetapi dalam sebuah miniseri Avengers: Rage of Ultron, Hank Pym diceritakan menyatu dengan tubuh ciptaannya sendiri yaitu Ultron. Karena itulah Hank Pym alias Ant-Man juga mendapatkan semua kekuatan Ultron. Dengan bergabung dengan Ultron, maka dia memiliki berbagai kemampuan seperti terbang, tubuh berbalut Adamantium, dan kekuatan yang meningkat drastis. Selain itu dia juga bisa menembakkan ledakan energi dan mampu mengeluarkan perisai perlindungan. Setelah Ant-Man dan Ultron bergabung, mereka menjadi sosok baru bernama Ultron Fusion.

Ultimate Ant-Man

Ultimate Ant-Man adalah Ant-Man versi Hank Pym yang berasal dari semesta Ultimate. Kemampuannya sama dengan Ant-Man biasa yang selama ini kita kenal. Dia bisa mengecilkan ukuran tubuhnya ke tingkat sub-atomik berkat penggunaan Pym Particles, serta membesar seukuran gedung. Kecerdasannya pun sudah tidak diragukan lagi karena dia adalah seorang ilmuwan dan seorang penemu yang jenius. Yang membedakan Ultimate Ant-Man dengan Ant-Man biasa adalah dia menjadi bagian dari program Super Soldier. Selain itu, Ultimate Ant-Man sering ceroboh dan sedikit jahat. Bahkan dia rela melakukan eksperimen pada istrinya untuk mencapai hasil yang maksimal.

Itulah dia Geeks beberapa varian Ant-Man yang pernah eksis di Marvel Universe. Beberapa varian tersebut ada yang memiliki keunikannya sendiri, dan memiliki kekuatan berbeda dari Ant-Man biasa. Tetapi ada juga varian Ant-Man yang memiliki kekuatan serupa, seperti yang kita tahu sekarang.

https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/