Saat ini bisa dibilang Kang the Conqueror adalah bintang utama sekaligus big bad villain paling populer, baik di Marvel Comics maupun di versi live action Marvel Cinematic Universe. Hal tersebut bisa terjadi karena dia adalah villain yang bertanggung jawab atas apa yang telah dan akan terjadi di hampir seluruh timeline Marvel. Menariknya meskipun banyak karakter yang tidak ingin berurusan dengannya, di sisi lain ternyata Kang juga mempunyai daftar sendiri untuk karakter yang dia takuti. Mulai dari superhero sampai supervillain ikonis, berikut ini karakter Marvel yang ditakuti oleh Kang the Conqueror.

Conan the Cimmeria

Sesuai dengan julukannya Conan adalah superhero Marvel yang lahir di Cimmeria, sebuah lokasi yang eksis pada Zaman Hyborian sekitar 10.000 tahun sebelum Masehi. Meskipun hidup pada masa lalu, siapa sangka ternyata Conan adalah salah satu anggota Sacage Avengers yang ditakuti oleh Kang the Conqueror. Hal mengejutkan ini pertama kali terungkap di komik baru Savage Avengers #28 (2022).

Dalam monolognya Kang mengungkapkan bahwa Conan adalah satu-satunya superhero yang eksis pada setiap zaman. Menurutnya, Conan yang pada suatu titik mendapatkan keabadian, selalu berhasil menggagalkan rencanya Kang, entah itu sebagai Conan the Cimmeria maupun sebagai anggota pasukan kosmik Nova Corps pada masa yang akan datang.

Thanos

Semua penggemar setia Marvel pasti mengenal siapa Thanos. Sebagai satu-satunya karakter Marvel yang telah berhasil menghapus setengah kehidupan di alam semesta, Thanos dengan Infinity Gauntlet-nya ternyata sangat ditakuti oleh Kang. Di komik Marvel yang berjudul Thanos: The Infinity Siblings, Kang mengaku kepada saudara Thanos yang bernama Eros bahwa selama ini dia sengaja menghindari timeline di mana sang Mad Titan tengah beraksi. Hebatnya, ternyata di sisi lain Thanos juga telah mengetahui bahwa selama ini Kang melakukan hal tersebut. Ketakutan Kang di sini sepertinya lebih kepada sebisa mungkin menghindari Thanos agar rencananya sendiri bisa berjalan dengan lancar.

Ravonna Renslayer

Karakter komik selanjutnya yang terbukti ditakuti oleh Kang adalah love interest-nya yang bernama Ravonna Renslayer. Pertama kali bertemu Kang pada abad ke-40, Ravonna sudah langsung bisa menaklukan hati sang Conqueror. Hal tersebut terbukti dari perbuatan Kang yang rela membuang semua idealismenya demi membuat Ravonna balik mencintai dirinya. Dengan kata lain, ketakutan Kang kepada Ravonna ini lebih seperti ‘bucin’ alias budak cinta karena tidak ingin kehilangan love interest-nya. Bahkan ketika Ravonna mati di berbagai timeline, Kang selalu berusaha sekuat tenaga untuk mengubah sejarah, bahkan jika perlu dia bersedia mengorbankan dirinya sendiri demi Ravonna.

Iron Man

Dari komik, sekarang kita beralih ke Marvel Cinematic Universe, di mana berdasarkan sebuah petunjuk di film Avengers: Endgame, Kang sepertinya takut kepada sang Golden Avengers Iron Man. Di Endgame sendiri, Tony Stark alias Iron Man sepertinya adalah satu-satunya Avengers yang mengetahui dampak dari time travel. Pada saat itu dia mengatakan “jika kalian mengacaukan waktu, kekacauan tersebut akan cenderung berbalik [kepada kalian].” Dengan pandangan, pengetahuan, dan pengalaman seperti itu, cukup masuk akal jika Kang yang sudah mengetahui semuanya, memang sudah lama menunggu kematian Iron Man agar dia benar-benar bisa mengacau di Multiverse Saga.

Variannya Sendiri

Masih dengan tayangan MCU, di ending serial Loki season 1 varian pertama Kang yang bernama He Who Remains sempat mengatakan kepada Loki dan Sylvie bahwa dia adalah orang yang bertanggung jawab dalam mengisolasi Sacred Timeline dari multiverse. Selain demi kepentingannya sendiri, hal tersebut juga dia lakukan demi menghindari para varian yang menurutnya lebih buruk darinya.

Kemungkinan besar hal yang sama juga akan dirasakan oleh varian lain yang akan muncul di film Ant-Man and the Wasp Quantumania pada tanggal 17 Februari nanti. Bagi dirinya, mungkin varian Kang merupakan satu-satunya ancaman yang mengetahui semua tujuan dan cara berpikir seorang Kang. Dengan begitu bisa dibilang varian Kang adalah orang yang paling berpotensi mengalahkan dirinya sendiri dibandingkan superhero atau supervillain lain yang tidak pernah mengenalnya.

Itulah para karakter ikonis Marvel yang ditakuti oleh Kang the Conqueror, baik di komik maupun di jagat sinema live action-nya. Terlepas dari kisah komiknya, jika melihat keadaan MCU sekarang, Kang sepertinya sudah tidak perlu lagi mengkhawatirkan Thanos dan Iron Man, apalagi Conan yang memang belum muncul versi live action-nya. Itu artinya saat ini yang menjadi ancaman bagi Kang hanyalah Ravonna yang sempat muncul di serial Loki dan juga varian dirinya sendiri. Berdasarkan hal tersebut tidak aneh jika sekarang Marvel Studios mengonfirmasi sosoknya sebagai villain paling kuat di Multiverse MCU.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.