Ada kurang lebih ratusan karakter yang sudah Marvel Comics hadirkan sampai sejauh ini, yang mana beberapa diantaranya adalah ciptaan dari komikus asal Indonesia. Reputasi komikus Indonesia di mata dunia pada awalnya mungkin tidak terlalu banyak dilirik. Namun, dalam beberapa dekade terakhir hal terebut mulai berubah dengan adanya nama-nama komikus Indonesia yang tergabung di berbagai proyek Marvel Comics.

Berdasarkan hal tersebut, bisa kita tarik kesimpulan jika komikus asal Indonesia tidak kalah epik dalam hal kemampuan dengan para komikus luar negeri lainnya. Apalagi, saat ini, perkembangan dunia komik sendiri sudah sangat pesat di Indonesia. Lalu, apa saja karakter Marvel yang dibuat oleh komikus Indonesia?

Rhoald Marcellius

Lady Gorath

karakter Marvel ciptaan komikus Indonesia yang pertama di daftar ini adalah Lady Gorath, sosok iblis yang berasal dari dimensi neraka yang sangat mengerikan. Dimensi tersebut bisa diakses dari bumi melalui sebuah retakan atau celah yang muncul. Geeks mungkin tidak asing dengan nama dari Lady Gorath, karena memang secara desain monster atau iblis ini mirip seperti Shuma-Gorath. Lady Gorath sendiri hanya muncul satu kali di komik Hulk Vol. 3 #16 yang rilis pada 2015. Dan sayangnya, tidak diketahui apa yang kemudian jadi kekuatan atau kemampuan karakter ini.

Thanos

Thanos tentu juga bukan nama yang asing bagi Geeks semua. Dia adalah salah satu villain populer dari Marvel. Namun, yang menjadi catatan adalah karakter Thanos yang diciptakan oleh Rhoald Marcellius merupakan Thanos yang berasal dari salah satu realita alternatif, yaitu Earth-TRN619. Thanos versi realita alternatif ini benar-benar sangat mirip dari semua aspek dengan Thanos yang berasal dari realita utama, mulai dari kekuatan dan juga kemampuan.

Bahkan, yang menarik adalah dalam kemunculannya di komik Contest of Champion #10 diceritakan jika Thanos versi ini juga melakukan hal yang sama seperti Thanos di universe utama yaitu mengumpulkan Infinity Gems. Tentunya sangat luar biasa ketika Thanos versi realita alternatif ini jadi salah satu karakter Marvel ciptaan komikus Indonesia.

Yasmine Putri

Ilyana Rasputina

Ilyana Rasputina merupakan versi realita alternatif dari karakter Ilyana Rasputin alias Magik di universe utama Marvel. Rasputina bersal dari Earth-10192. Dalam versi realita utama, Rasputin adalah penguasa dari dimensi Limbo. Meskipun tidak dijelaskan dalam komiknya, kemungkinan Rasputina juga berasal dari Limbo. Kemunculan perdana Rasputina adalah pada komik Siege Vol. 2 #2, di mana dia dikirim ke salah satu wilayah di Battleworld, yaitu Shield.

Di sana, dia kemudian bergabung dengan kelompok Hel-Rangers, Leah, dan Abigail Brand sebelum kemudian dibuang. Meskipun begitu, Rasputina sendiri tetap ikut bertarung untuk kemudian melindungi Shield dari serangan Nicholas Fury. Dan di akhir ceritanya sendiri, Rasputina beserta rekan-rekannya, Leah dan Abigail Brand, kemudian kembali ke asal mereka. Rasputina versi realita alternatif ini juga memiliki saudara laki-laki yaitu Piotr Rasputin alias Colossus yang juga muncul dalam komik tersebut dan dia memiliki pedang epik bernama Soulsword.

Piotr Rasputin

Seperti yang dijelaskan di atas, Piotr Rasputin alias Colossus adalah kakak dari Ilyana Rasputina yang sama-sama berasal dari realita alternatif yaitu Earth-10192. Dia pun jadi salah satu karakter yang dikirim ke Battelworld dan bergabung dengan Hel-Rangers. Namun, mereka sempat terpisah saat melakukan patroli di salah satu wilayah bernama, Deadlands. Sebagai bagian dari Hel-Rangers, Piotr juga ikut membantu melindungi Shield dari serangan Nicholas Fury. Kemampuan dan kekuatan Colossus ini sama dengan versi realita utamanya.

Henry McCoy

Nama Henry McCoy di universe utama Marvel mungkin lebih dikenal sebagai salah satu mutan X-Men yaitu Beast. Namun, di salah satu realita alternatif sosok Henry McCoy merupakan monster yang sangat mengerikan. Dia berasal dari Earth-15513, dan jadi karakter lainnya yang dikirim ke Shield, salah satu wilayah di Battleworld. Setelah sempat menghilang di New Xandar, Henry kemudian bermutasi akibat Annihilation Wave dan berubah jadi monster mengerikan. Dia juga jadi monster yang kemudian menyerang wilayah Shield, sebelum kemudian tewas akibat dihabisi oleh Abigail Brand dan Hel-Rangers lain.

Greer Nelson

Greer Nelson alias Tigra merupakan versi realita alternatif dari Greer Nelson. Dalam realita utamanya, dia adalah mantan vigilante yang sebelumnya menggunakan nama Cat. Hal ini berkat kostum yang dibuat oleh seorang ilmuwan yang memberikannya kekuatan kucing. Namun, Nelson kemudian bermutasi menjadi setengah manusia dan harimau yang mana dia merubah namanya menjadi Tigra.

Hal ini terjadi setelah Nelson melakukan sebuah ritual mistis yang menyatukan jiwanya dengan salah satu Cat People, sebuah ras humanoid yang muncul pada abad pertengahan. Greer Nelson versi Earth-15513 jadi salah satu karakter lainnya yang dikirim ke Shield. Yang membedakannya dari versi realita utama adalah Nelson versi realita alternatif memiliki sepasang sayap di punggungnya. Hal ini membuatnya memiliki kemampuan untuk terbang.

Nicholas Fury

Karakter Marvel ciptaan komikus Indonesia adalah Nicholas Fury. Dia merupakan mantan pemimpin dari organisasi SHIELD dan jadi inisiator Avengers. Namun, itu merupakan penjelasan dari sosok Nick Fury di realita utama. Sedangkan, dalam versi realita alternatif terdapat sosok Nick Fury yang jahat. Karakter ini berasal dari Earth-19205 dan menjadi musuh yang mengerikan. Dia adalah pemimpin dari wilayah Shield.

Nick kemudian sempat menghilang, sebelum kemudian kembali dan membentuk pasukannya sendiri yang bernama Ultron Engine. Dia pun kemudian menggunakan nama lain yaitu The Fury. Dalam pertempuran tersebut, The Fury akhirnya harus tewas setelah sosok Kang muncul. Yang menarik adalah The Fury memiliki penampilan yang lebih mirip android atau humanoid.

Alti Firmansyah

Xodus The Forgotten

Xodus merupakan salah satu Celestials yang berasal dari realita alternatif yaitu Earth-92131. Dalam realita tersebut diceritakan jika sebelum manusia muncul, terdapat sebuah ras yang sudah ada di planet lain yang bernama M’Krann. Mereka kemudian mengembangkan individual yang kemudian disebut sebagai mutants. Spesies dari kosmik mutants tersebut berevolusi menjadi Celestials.

Xodus the Harvester adalah salah satunya. Sadar jika mutan lainnya akan bereproduksi dan menggantikan mereka, Xodus memutuskan untuk menghabisi seluruh mutan yang dia temui. Para Celestials lainnya mengetahui aksi Xodus, yang mana membuat dia akhirnya “dibuang” dari universe mereka, yang mana akhirnya membuat Xodus memiliki nama baru yaitu Xodus the Forgotten.

Arishem

Karakter Marvel ciptaan komikus Indonesia selanjutnya adalah Arishem yang jadi salah satu Celestials yang diciptakan di Earth-92131 selain juga Xodus. Dia pertama kali muncul di komik X-Men ’92 Vol. 2 #9 yang rilis pada 2016 kemarin. Sayangnya, tidak banyak informasi yang dihadirkan tentang sosok Arishem ini termasuk julukannya. Di universe utama, Arishem memiliki julukan The Judge. Namun, di realita alternatif ini sendiri Arishem adalah sosok yang menghadirkan keputusan seperti saat memutuskan untuk membuang Xodus ke dimensi lain.

Abigail Brand

Abigail Brand berasal dari Earth-92131 di mana dia adalah pemimpin atau Supreme Director dari organisasi S.W.O.R.D. Ketika seorang villain bernama Death’s Head tiba ke realita tersebut, dan mengincar nyawa dari Lila Cheney, Brand pun berusaha untuk menghentikan rencananya. Dan dalam upayanya tersebut Abigail Brand sampai harus bekerja sama dengan tim X-Men. Hal ini sebenarnya juga memiliki kemiripan dengan sosok Abigail Brand dari Earth-616. Brand adalah pemimpin dari SWORD, dan dia merupakan mutan. Namun, tidak diketahui apakah Brand versi Earth-92131 juga merupakan mutan.

Joseph

Joseph merupakan karakter yang berasal dari Earth-92131. Selain itu, dia juga ternyata adalah kloning dari sosok Magneto. Joseph sendiri merupakan sosok yang jahat, di mana dia menyerang Sebastian Shaw dan Trevor Fitzroy untuk mencari keberadaan Gamemaster. Tanpa dia sadari, Gamemaster sendiri adalah Apocalypse.

Setelah Apocalypse menyebutkan tentang ancaman yang akan muncul, yaitu serangan dari Xodus, Joseph pun justru memilih bergabung dengan Apocalypse demi melindungi Xodus. Professor X kemudian mengingatkan Joseph bahwa dia berhak untuk menentukan apa yang dia mau. Dan pada akhirnya, Joseph pun ikut bertarung menghadapi Xodus bersama X-Men.

Katheryn Pride

Katheryn Pride alias Kitty Pride adalah seorang mata-mata dari Domain of Apocalypse, salah satu tempat yang ada di Battleword. Dia berasal dari Earth-51518. Namun, suatu hari, Kitty Pride dipaksa untuk bergabung dengan kelompok bentukan Doctor Doom, Foundation, setelah terbukti mencuri informasi dari mereka. Kemunculan Kitty Pride versi realita alternatif ini terjadi di komik Star-Lord and Kitty Pride #1 yang rilis pada 2015.

Dalam ceritanya, Kitty harus terlibat sebuah cerita yang cukup menegangkan dan romantis dengan Peter Quill. Yang menarik adalah Kitty Pride dari universe ini diduga memiliki kemiripan dengan Kitty Pride dari Earth-295 dan bukan universe utama. Yang tidak kalah menarik adalah dia memiliki kelemahan di mana kekuatannya akan menghilang ketika saling bersentuhan dengan Kitty Pride lainnya.

Janus

Janus merupakan karakter yang berasal dari Earth-92131 dan merupakan keturunan atau anak dari Dracula. Sebagai anak dari Dracula, Janus memiliki ambisi yang besar untuk berkuasa seperti ayahnya. Namun, dengan semua kekuatan yang berada jauh di bawah ayahnya membuat Janus sulit untuk menggeser posisi tersebut. Meskipun begitu, dia tidak menyerah.

Janus memutuskan untuk mempelajari program tentara super milik Soviet. Berkat bantuan dari sihir jahat, akhirnya kekuatan dari program tersebut bisa meningkat berkali-kali lipat. Gen drakula dalam diri Janus sendiri sempat menghilang dan dia berubah menjadi Alpha Red. Meskipun begitu, di akhir cerita Janus akhirnya harus tewas.

Mondo

Salah satu mutan yang unik, di mana dalam versi realita utamanya dia memiliki kekuatan untuk menyerap energi alam atau berbagai material yang dia sentuh. Mondo merupakan seorang mutan yang berasal dari Samoa. Mondo sempat jadi subyek untuk program kloning yang dibuat Black Tom Cassidy dan The Clone untuk menyusup ke tim Generation X.

Dalam Earth-92131 Mondo merupakan salah satu murid baru di sekolah para mutan milik Professor Xavier, setelah sebelumnya sekolah ini hancur akibat serangan Alpha Red. Dalam ceritanya pun, nampak bagaimana Mondo ikut kembali membangun sekolah mutan milik Professor X.

Andrea Von Strucker

Andrea Von Strucker merupakan adik dari Andreas Von Strucker, di mana keduanya adalah anak dari Baron Wolfgang von Strucker. Sedari dalam kandungan, keduanya sudah dianggap memiliki potensi besar. Karena itulah Arnim Zola kemudian melakukan rekayasa genetik terhadap keduanya dengan menggunakan X-Gene. Sayangnya, Andrea yang berasal dari Earth-92131 ini tidak diketahui asal-usulnya. Dia diketahui memiliki satu tujuan yaitu melindungi Apocalypse dari Cable.

Ario Anindito

Davi Naka

Davi Naka adalah Mother Goddess atau Dewi Pelindung yang sangat dipuja di wilayah Madripoor. Dia juga merupakan pelindung dari seluruh naga yang ada di dunia Marvel. Davi Naka memiliki desain karakter yang tentunya sangat familiar bagi Geeks semua, yaitu sosok Nyi Roro Kidul. Yang menarik adalah dari level kekuatan, Davi Naka dianggap setara bahkan lebih kuat dari Ares.

Davi Naka mampu menembakan serangan energi dari tangannya yang bahkan bisa melukai dewa lainnya. Dia juga bisa menghadirkan sepasang sayap yang besar, yang membuatnya memiliki kemampuan untuk terbang. Dan yang paling epik adalah Davi Naka memiliki pasukan robot batu yang bisa dia gerakan sesuka hati. Melihat desain dari Davi Naka, rasanya wajar jika kemudian ini jadi salah satu karakter Marvel ciptaan komikus Indonesia.

Maw Queen

Dia adalah pemimpin dari Maw, kelompok humanoid bawah air yang hidup di dalam sebuah tubuh raksasa di lepas pantai Vietnam. Maw Queen merupakan karakter yang bisa menciptakan Deep-Eggs, sebuah material untuk menciptakan Terrigen Crystals. Bahkan, untuk mendapatkan material tersebut, Maximus, adik dari Black Bolt dan juga seorang Inhuman, melakukan berbagai upaya seperti menguasai pikiran The Unspoken agar mau menjadi raja bagi Maw Queen.

Skrullduggers

Mereka adalah para monster yang berasal dari planet bangsa Skrull, Skrullos. Para Skrullduggers ini kemudian memutuskan untuk menyerang salah satu wilayah di Battleworld yaitu Weirdworld. Beruntung, ketika kemudian sang ratu sihir, Le Fay, muncul dia berhasil menghadapi para monster tersebut dengan sihirnya. Yang menarik adalah Skrullduggers memiliki kemampuan seperti halnya para Skrull, yaitu shapeshifting alias berubah wujud. Sehingga, akan sangat sulit untuk melacak dan mengetahui keberadaan mereka. Skrullduggers juga memiliki sepasang sayap yang membuat mereka bisa terbang.

America Chavez

Nama America Chavez mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Geeks, apalagi setelah kemunculannya di film Doctor Strange 2. Namun, Ario Anindito pernah membuat versi realita alternatif dari America Chavez yang berasal dari Earth-58163. Karakter ini muncul di komik House of M Vol. 2 #4. Dalam ceritanya, Ms. America dan Young Avengers membantu Baron Magnus untuk menghadapi tim Red Guard bentukan S.H.I.E.L.D. setelah anaknya, Pietro dan Namor, menggeser kepemimpinannya. America Chavez nampak bertarung menghadpai beberapa Sentinels di komik itu.

Cassandra Lang

Ario juga membuat versi realita alternatif dari karakter lainnya yaitu Cassandra Lang. Cassandra Lang alias Cassie merupakan anak dari Scott Lang, yang juga merupakan sosok di balik nama Stature. Kepopulerannya mulai meningkat setelah rencana kemunculannya di Ant-Man 3. Dalam cerita House of M Vol. 2 #4, Cassandra Lang adalah salah satu karakter yang juga muncul untuk membantu Baron Magnus bersama Young Avengers lainnya dan America Chavez.

Elizabeth Braddock

Karakter Marvel ciptaan komikus Indonesia selanjutnya adalah Elizabeth Braddock, yang merupakan seorang mutan yang berasal dari Inggris di mana dia menjadi sosok di balik nama Psylocke bagi X-Men dan juga Captain Britain di Otherworld. Ario sempat membuat versi realita alternatif dari Betsy Braddock ini di mana karakternya berasal dari Earth-TRN727 dan muncul di komik Extermination #4 yang rilis pada 2018. Karakter Betsy Braddock ini tidak muncul secara fisik, melainkan dalam ingatan Cable ketika Jean Grey memerika isi kepalanya.

Rogue (Anna Marie)

Selain Elizabeth Braddock, Ario juga menggambar karakter versi realita alternatif dari Anne Marie alias Rogue. Rogue sendiri adalah salah satu karakter mutan yang sangat populer di mana dia mampu menyerap energi atau ingatan orang lain dengan cara menyentuh secara fisik. Seperti halnya Betsy Braddock, Rogue juga tidak muncul secara fisik. Dia hanya muncul dalam ingatan Cable.

Ardian Syaf

Simon Lasker

Simon awalnya adalah seorang pemuda biasa sampai kemudian kekuatan mutan dalam dirinya muncul, yang membuat heboh semua orang di sekitarnya. Suatu hari, dia kemudian bertemu dengan sosok yang nampak seperti Professor X mencoba untuk memanipulasinya. Ternyata, sosok tersebut adalah Mesmero yang menyamar. Mesmero mengelabuinya untuk bergabung dengan Brotherhood of Evil.

Mesmero juga mengelabui Simon untuk kemudian menggunakan nama Pyro, nama yang sebenarnya sudah digunakan. Namun, Simon sendiri kemudian sadar dengan semua hal tersebut dan dia memutuskan untuk bergabung dengan X-Men. Sesuai namanya, Simon Lasker memiliki kekuatan dahsyat dalam hal pyrokinesis atau pengendalian api. Namun, yang membedakannya dengan Pyro sebelumnya Simon benar-benar bisa mengeluarkan api bukan mengendalikan api yang sudah ada.

Avalanche

Tidak banyak yang diketahui dari sosok Avalanche ini selain dia adalah penerus dari Avalanche sebelumnya. Pada awalnya, semua berpikir jika Avanlanche yang lama kembali hidup. Namun, Kitty Pride kemudian mengatakan bahwa Avalanche ini berbeda. Bahkan, sikap dan perilakunya pun berbeda dari yang sebelumnya. Avalanche kedua ini kemudian bergabung dengan New Brotherhood of Evil Mutants yang dipimpin oleh Mesmero.

Avalanche kedua ini sempat ikut dalam cerita penyerangan New Brotherhood of Evil Mutants ke gedung PBB. Tujuannya adalah untuk menunjukan kepada manusia bahwa mutant adalah bangsa yang jauh lebih unggul dari manusia. Avalanche kedua ini juga diketahui memiliki kekuatan yang sama yaitu berkaitan dengan getaran alias vibrokinesis, hanya saja levelnya jauh lebih dahsyat.

Kologoth Antares

Kologoth merupakan penduduk dari planet Dartayus yang berada di Negative Zone. Di planetnya, Kologoth dianggap mirip seperti para mutan. Bahkan, kedua orang tuanya pun tidak menginginkan keberadaanya dan dibuang begitu saja di tengah kota. Ajaibnya, dia selamat dan bahkan tumbuh dengan sangat kuat. Kologoth pun kemudian berusaha untuk menguasai dunia saat beranjak dewasa.

Dia bahkan membentuk kelompoknya sendiri yaitu Dartayus Union. Dartayus sempat memiliki masalah dengan tim X-Men karena sudah menculik Kitty Pride dan juga Nightcrawler. Tidak ingin rencananya gagal, Kologoth kemudian membebaskan Kitty Pride dan mengatakan Nightcrawler sudah tewas. Padahal, faktanya, dia berhasil melarikan diri. Wolverine pada akhirnya berhasil menghabisi nyawa Kologoth.

Lydia Nance

Lydia Nance diketahui merupakan sosok yang berpengaruh yang sangat gencar dengan gerakan anti mutannya. Hal ini karena Lydia sedari kecil harus mengalami tindakan kekerasan fisik yang dilakukan oleh ayahnya yang seorang mutan. Nance sendiri pernah membayar Mesmero untuk menghadirkan kembali Brotherhood of Evil Mutants dan meminta mereka melakukan aksi kejahatan.

Hal itu semata-mata demi memperkuat citra buruk dari para mutan. Namun, tim X-Men berhasil menghentikan semua itu. Tetapi, Nance sendiri masih terus membuat berbagai rencana jahat sampai kemudian dia ditahan di Triskelion. Nance diketahui tidak memiliki kekuatan super apa pun. Namun, pengaruhnya cukup besar di mata para mutan.

X-Cutioner

Setelah anaknya, Alex, dan istrinya tewas dalam serangan yang diakibatkan oleh Magneto, pria ini kemudian bersumpah untuk menghancurkan seluruh mutan yang ada. Tidak diketahui siapa nama aslinya, namun yang pasti dia sudah menghabisi banyak sekali nyawa para mutan. Dia pun menggunakan nama X-Cutioner setiap kali menjalankan aksinya.

X-Cutioners pernah bertarung menghadapi X-Men ketika dia berusaha menghancurkan Xavier Institute. Dia hampir saja menghabisi nyawa dari Kitty Pride sebelum kemudian Colossus muncul dan melindunginya. Rockslide kemudian melumpuhkan sosok ini, dan membawanya ke pihak yang berwenang. Seperti halnya Punisher, tidak ada kekuatan super yang dimiliki X-custioner selain keahlian dalam hal senjata dan pertarungan. Dia pun menggunakan baju pelindung yang terbuat dari Adamantium.

Kosineski

Dokter Kosineski adalah seorang dokter di North Shore Medical Center. Dia adalah salah satu orang yang muncul saat pertarungan X-Men menghadapi Terrax the Tamer. Dia sempat terlibat ketegangan dengan Kittypride. Ketika pertarungan selesai, Kitty mencoba untuk mengecek kondisi orang-orang namun Kosineski meminta putrinya untuk tidak berinteraksi dengan Kitty.

Kitty Pride sendiri berjanji untuk mengubah semua kondisi ketegangan yang ada antara manusia dan para mutan. Meskpun Kosineski benci terhadap mutan, dia tetap menjalankan tugasnya ketika seorang mutan bernama Brian Morrison terluka parah dan dibawa ke rumah sakitnya. Dia jadi satu-satunya dokter yang mau menyelamatkan nyawa mutan tersebut.

Loki Laufeyson

Loki di sini bukan berasal dari realita utama, melainkan dari Earth-97143. Dalam realita alternatif ini, Dracula berhasil mewujudkan impian terbesarnya, yaitu menguasa Inggris Raya. Sebuah pembatas yang terbuat dari sihir kemudian dibangun di sekitar kepulauan Inggris dan markas Mighty Avengers milik Hank Pym. Dalam realita tersebut, Loki diperlihatkan menyamar sebagai Scarlet Witch. Dia mencoba mengirimkan pesan tentang apa yang terjadi kepada Peter Wisdom dalam bentuk astral.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.