Meskipun menjadi sumber kekuatan paling dahsyat dari teknik Gears milik Monkey D. Luffy, ada dampak negatif yang mungkin akan dirasakan setelah jangka waktu tertentu dalam penggunaan Gear 5. Dalam cerita One Piece, Eiichiro Oda baru memperkenalkan awakening dari buah iblis Hito Hito no Mi, Model: Nika milik Luffy dalam bentuk Gear 5.

Gear 5 ini sendiri menjadi kekuatan paling kuat dan paling baru dari sosok Monkey D. Luffy. Kemunculan perdananya bisa kita lihat di chapter 1045 kemarin, sekaligus juga memperlihatkan bagaimana kedahsyatan dari kekuatan tersebut. Ini juga adalah teknik yang bahkan sanggup mengalahkan Kaido. Namun, di balik semua kekuatan besar Gear 5 tentunya ada efek samping mengerikan atau dampak negatif yang harus dialami oleh Luffy. Berikut adalah beberapa diantaranya.

Perubahan Bentuk Fisik

Yang unik dari Gear 5 milik Luffy adalah dia bisa bertarung secara bebas dan tanpa beban atau batasan. Hal ini bisa kita lihat sebelumnya dalam pertarungan melawan Kaido di Onigashima atau yang paling baru adalahketika berhadapan dengan Rob Lucci. Dengan kemampuannya untuk bisa merubah sekitar menjadi elastis, tubuh Luffy juga ternyata terpengaruh oleh kekuatan ini.

Advertisements

Tidak peduli seberapa kuat dan keras serangan yang mengenai tubuhnya, hal itu tidak akan melukai Luffy. Bahkan, seperti halnya film kartun, justru tubuhnya mengikuti bentuk senjata atau serangannya. Meskipun mungkin sama sekali tidak ada efek yang muncul, bukan berarti tidak ada resiko yang muncul. Bukan mustahil jika di kemudian hari bentuk tubuh atau penampilan fisik dari Luffy akan berubah akibat seringnya terkena pukulan musuh.

Kondisi Fisik Yang Menurun

Masih berkaitan dengan fisik Luffy, dampak negatif dari Gear 5 selanjutnya adalah kondisi fisik yang menurun. Untuk saat ini, mungkin penurunan kondisi fisik Luffy masih belum akan terjadi. Pertama, sekarang adalah puncak kejayaan atau era kejayaan dari Luffy. Kedua, alur ceritanya masih berjalan dan masih jadi alur cerita utama. Ketiga, Luffy sedang berada di puncak kondisi.

Meskipun begitu, dampak negatif di mana kondisi fisik Luffy akan menurun mungkin akan terjadi di masa tuanya nanti. Seperti yang muncul dalam ceritanya, para karakter yang sudah tua seperti Garp dan Rayleigh atau Whitebeard akan mengalami kondisi di mana kesehatan mereka akan menurun. Kondisi tersebut memang tergantung dari apa yang terjadi sebelumnya, dan Luffy bisa jadi mengalami banyak hal buruk dalam hal ini akibat penggunaan Gear 5.

Durasi Penggunaan Gear Berkurang Drastis

Seperti yang diperlihatkan dalam pertarungan di Onigashima, daya tahan tubuh Luffy benar-benar dibawa sampai ke batas maksimalnya. Sebelumnya, Luffy menggunakan Gear 4 yang mana hal itu hanyabertahan selama kurang lebih 10 menit. Sedangkan, saat penggunaan Gear 5 jangka waktu penggunaannya benar-benar sangat sempit sebelum kemudian dia kehabisan tenaga.

Advertisements

Dalam pertarungan melawan Rob Lucci, penggunaan Gear 5 Luffy memang cukup lama dibandingkan saat melawan Kaido. Mungkin, karena Luffy sudah sedari awal langsung menggunakannya dan energinya masih sangat penuh. Meskipun begitu, bukan mustahil jika terlalu sering digunakan maka penggunaan teknik Gear Luffy akan berkurang durasinya. Karena, penggunaan energi yang sangat luar biasa.

Potensi Penyakit

Sosok Gol D. Roger merupakan karakter yang dikenal sebagai raja bajak laut di seri One Piece, sebelum memutuskan untuk menyerahkan diri kepada angkatan laut. Alasannya, selain karena sudah berhasil menemukan One Piece dia juga memiliki penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Hal ini pun mungkin juga akan terjadi kepada sosok Luffy di akhir serinya atau di masa depan nanti.

Roger memang berbeda dengan Luffy, di mana dia bukan pemakan buah iblis. Namun, paralel dari kedua karakter ini menjadikan efek negatif tersebut bisa saja muncul. Untuk kasus Luffy, potensi penyakit yang ada kemungkinan diakibatkan oleh penggunaan Gear 5 sebagai efek jangka panjang. Apalagi, sebelumnya Luffy pun sudah pernah mengalami banyak kejadian buruk seperti terkena racun Magellan.

Kematian/Mempendek Usia

Ini mungkin adalah puncak dari dampak negatif Gear 5 milik Luffy. Dengan berbagai teknik Gears yang pernah Luffy gunakan sebelumnya, terutama Gear 2 dan Gear 4, hal tersebut secara perlahan memperpendek usia dari Luffy. Penggunaan Gear 2 di Enies Lobby pernah dibahas oleh Lucci, di mana dengan mengorbankan sistem kerja jantung yang dipaksa untuk bekerja lebih keras membuat resiko kematian semakin besar.

Belum lagi penggunaan energi atau tenaga yang sangat besar membuat semua tenaga Luffy terkuras habis. Bukti dari hal ini diperlihatkan di chapter 1045 kemarin. Setelah cukup lama menggunakan kekuatan Gear 5, Luffy nampak kelelahan. Dan di chapter 1071 pun Luffy kembali memperlihatkan wajah kelelahan tersebut setelah bertarung melawan Rob Lucci. Bukan hal mustahil jika kemudian Luffy bisa tewas akibat penggunaan Gear 5.

Dengan Luffy yang mengaktifkan Gear 5 miliknya memang akan menjadi jalan untuk bisa mengalahkan Kaido atau berbagai musuh kuat dalam waktu yang sangat singkat. Namun, terlepas dari semua kedahsyatan tersebut akan ada harga yang sangat besar yang harus dibayarkan oleh Luffy, dan bisa jadi harga tersebut harus dibayarkan oleh nyawanya.

https://www.greenscene.co.id/author/irvan-sukmaningrat/