Dalam Marvel Universe, kita mengenal dengan sebutan mutan. Seseorang akan disebut mutan jika orang tersebut memiliki sifat genetik yang disebut Gen-x. Ada banyak sekali mutan yang eksis di Marvel Universe. Di antara para mutan tersebut, mungkin yang paling kita kenal adalah Wolverine. Biasanya, seorang mutan bisa hidup lebih lama dari manusia biasa. Bahkan beberapa di antaranya dapat hidup ribuan tahun. Siapa saja para mutan yang dapat hidup lama di Marvel Universe? Simak berikut ini Geeks!

Wolverine

Wolverine lahir dari keluarga bangsawan di tahun 1880-an. Namun kehidupannya sangat menyedihkan karena dia selalu mengalami banyak tragedi. Setelah hidup selama lebih dari satu abad, Wolverine pun sudah banyak kehilangan orang-orang yang dia cintai. Bahkan beberapa orang tersebut meninggal di tangannya sendiri. Karena dia lahir di akhir abad ke-18, itu berarti usia Logan saat ini setidaknya sudah mencapai 140 tahunan. Dan dalam komik Old Man Logan, komik tersebut menceritakan Wolverine dari semesta alternatif yang mengambil latar waktu 50 tahun dari sekarang, yang berarti usianya hampir dua abad.

Exodus

Setelah ikut berperang di Perang Salib di pada abad ke-12, Exodus dianggap sebagai penjuang terhebat. Dia juga pernah dipertemukan dengan mutant pertama, Apocalypse, dalam komik Black Knight: Exodus. Dalam komik tersebut, Apocalypse pernah menyerang Exodus dengan kekuatan yang sangat mematikan. Tetapi ternyata Apocalypse melakukan itu untuk membuat Exodus mengeluarkan kekuatan sebenarnya. Dan sejak itulah Exodus menjadi tangan kanan Apocalyps. Diapun kemudian diberkahi dengan keabadian yang membuatnya berumur panjang. Jika dihitung, Exodus sudah berusia lebih dari 900 tahun. Dia pun memiliki sejarah yang panjang dengan X-Men, di mana terkadang menjadi sekutu, tetapi di sisi lain menjadi villain.

Azazel

Mutan berikutnya di Marvel Universe yang mampu hidup lama adalah Azazel. Azazel adalah ayah Nightcrawler. Memang penampilan Azazel sekilas seperti iblis. Apalagi dia juga mampu berteleportasi dan mengubah bentuk. Wajar jika akhirnya dia sering dicap sebagai iblis, bukan mutant. Nah menariknya, Azazel mengklaim bahwa dia telah mengalahkan Mephisto sehingga dia mendapatkan gelar ‘Satan’. Tetapi karena Azazel adalah penipu, sulit untuk meyakini apa yang dia ucapkan. Azazel pun diberkahi dengan keabadian yang membuatnya mampu hidup panjang. Jika melihat sejarahnya di komik, Azazel sudah hidup selama kurang lebih 2500 tahun. Bahkan dia juga mengklaim sudah ada sejak Kristus lahir.

Apocalypse

Apocalypse memiliki nama asli En Sabuh Nur, yang secara harfiah berarti “Yang Pertama”. Tetapi sebenarnya dia bukanlah mutant pertama atau tertua yang hidup. Walaupun begitu, Nur sudah berusia lebih dari 5000 tahun. Dia lahir di Yordania, dan dia ditinggalkan oleh orang tuanya sejak kecil karena penampilannya yang aneh. Dan setelah mendapatkan kekuatan, Nur mengubah dirinya menjadi Apocalypse. Menariknya, Apocalypse menganggap bahwa dirinya sebagai juru penyelamat, sehingga dia akhirnya memilih memusnahkan yang lemah dan hanya menyisakan orang-orang yang kuat saja. Meskipun sudah banyak pahlawan yang mencoba mengalahkannya, tetapi tidak ada satupun yang mampu membuatnya mati permanen.

Forever Man

Forever Man adalah mutan yang sudah lahir ribuan tahun yang lalu dan dia memiliki kemampuan untuk menghidupkan kembali dirinya sendiri secara instan setelah terbunuh. Tetapi dibalik kekuatan menakjubkannya tersebut, ada kekurangan besar. Dia kesulitan mengingat kehidupan masa lalunya, dan karena itulah sulit mengukur usia pastinya. Namun, dia sudah ada sejak awal Dinasti mesir Kuno, yang berarti usianya hampir 6000 tahun. Tetapi Forever Man pernah mengklaim bahwa dia sudah hidup lebih dari 10.000 tahun.  Belum diketahui apakah klaimnya tersebut akurat atau tidak. Nah karena adanya perkembangan teknologi yang pesat, Forever Man sempat mengalami kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan.

The Externals

Eksternals adalah ras mutan kuno yang memanipulasi masyarakat demi keuntungan mereka sendiri. Ras ini terdiri dari sembilan anggota, dan anggota utamanya adalah Nikodemus dan Saulus. Usia pastinya masih belum diketahui secara pasti, tetapi mereka sudah ada sejak runtuhnya peradaban Hyborian, yang berarti usianya lebih dari 10.000 tahun. Mereka mungkin jauh lebih tua lagi karena Nikodemus pernah mengatakan bahwa dia sama tuanya dengan pengunungan Swiss. Para The Externals percaya bahwa mereka ditakdirkan untuk hal-hal besar, dan mereka bersatu untuk melakukan apa yang dilakukan oleh setiap makhluk abadi yaitu mengambil alih dunia.

Gaia

Gaia adalah mutan yang diberkati dengan berbagai kekuatan dahsyat seperti keabadian, psikokinesis, manipulasi energi, dan kebal apapun. Sangat sedikit informasi yang bisa digali dari karakter ini, termasuk asal-usulnya. Oleh sebab itulah dia dianggap sebagai mutan paling misterius di dunia. Para mutan lainnya pun tidak yakin apakah Gaia adalah manusia, alien, atau makhluk ekstradimensi. Satu-satunya informasi yang diketahui adalah bahwa Gaia telah berusia 17.000 tahun. Dan ribuan tahun yang lalu, Gaia pernah mempelajari sebuah mesin kuno bernama The Universal Amalgamator yang dirancang untuk menggabungkan semua organisme menjadi satu bentuk kehidupan.

Selene

Selene lahir pada abad ke-15 sebelum masehi. Dia adalah salah satu makhluk tertua yang pernah menginjakkan kaki di Bumi. Selene juga memiliki berbagai kemampuan hebat seperti telekinesis, pyrokineisis, hypnosis, dan dia juga dianggap sebagai salah satu villain paling berbahaya di dunia. Karena dia sudah hidup sangat lama, tidak mengherankan jika Selene sudah banyak melihat hal di Bumi. Dia pernah melihat tenggelamnya Atlantis, jatuhnya Roma, dan meletusnya gunung Vesuvius. Sebenarnya nih Geeks, Selene pernah mati beberapa kali. Tetapi dia mampu menghidupkan dirinya sendiri. Umurnya pun sangat panjang di mana ia sudah berusia lebih dari 17.000 tahun.

Lady Phoenix

Jutaan tahun lalu, seorang wanita bernama Firehair lahir. Namun dia ditinggalkan oleh orang tuanya karena rambut merahnya dianggap memberikan pertanda buruk. Firehair pada akhirnya mampu bertahan hidup seorang diri, hingga akhirnya dia mendapatkan kekuatan dari Phoenix Force, yang datang ke Bumi untuk merasuki Firehair. Ketika itu terjadi, Firehair pun bertransformasi menjadi Lady Phoenix, dan dia menjadi inang pertama dari Phoenix Force di Bumi. Lady Phoenix awalnya tak bisa mengendalikan Phoenix Force tersebut. Tetapi setelah dia teringat dengan serigala yang membesarkannya, dia pun bisa mengontrol kekuatan jahat Phoenix Force dan menggunakannya untuk melindungi manusia. Umur Lady Phoenix sendiri diperkirakan sudah jutaan tahun.

Obliterator

Mutan paling tua di dunia justru bukan datang dari Bumi. Dan mutan tertua di alam semesta adalah alien yang sudah ada sejak Bumi belum dibuat. Namanya adalah Obliterator alias Maht Pacle. Ketika Pacle mengetahui bahwa dia adalah seorang mutan dengan kekuatan keabadian, dia menganggap bahwa dirinya seperti dewa dan diapun mulai melakukan pembunuhan masal. Karena haus darah, Pacle pada akhirnya menamai dirinya Obliterator. Dia pun membunuh semua makhluk hidup di dunia asalnya. Tidak puas, diapun berkelana ke luar angkasa untuk menemukan dunia lain untuk ditaklukan. Obliterator sering dianggap sebagai mutan paling berbahaya dan juga mutan tertua di jagat semesta.

Itulah dia Geeks, beberapa mutan tertua di Marvel Universe. Jika selama ini kita mengetahui bahwa Apocalypse adalah mutan tertua, tetapi ternyata ada lebih banyak mutan yang lebih tua darinya. Di antara nama-nama di atas, mana yang sudah Geeks ketahui?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/