Ketika berbicara tentang sosok big bad villain Marvel sebagian penggemar pasti akan langsung ingat dengan sosok Kang the Conqueror. Apalagi di jagat sinema MCU, Kang dari aktor Jonathan Majors dipastikan akan jadi big bad baru di Multiverse Saga yang kini tengah berlangsung. Seperti yang kita tahu, Kang sendiri sebenarnya bukanlah villain yang terkenal karena kekuatan fisiknya, melainkan karena teknologi dan persenjataan canggih yang dimilikinya. Tahukah kalian bahwa dari semua teknologinya, Kang sangat suka dengan stimuloid andalannya, di mana ‘stimulan android’ yang disebut Growing Man ini sering membuat para superhero Marvel merasa kewalahan.

Android Sekaligus Senjata Andalan Kang

Pertama kali diceritakan di komik Thor #140 (1967) karya Stan Lee dan Jack Kirby, Growing Man awalnya hanya terlihat sebagai boneka kecil atau action figure misterius yang ditemukan oleh ahli ekpedisi museum. Saat para ahli mencoba menyerahkannya kepada polisi, sesuai dengan rencana Kang the Conqueror, Growing Man langsung mengaktifkan dirinya sendiri untuk bertarung dengan Thor. Di mana android yang awalnya kecil ini ternyata bisa terus membesar setiap terkena serangan Thor.

Sebelum sang God of Thunder benar-benar mengalahkannya, Kang lebih dahulu membawa Growing Man pulang ke markasnya melalui sebuah celah dimensi yang muncul akibat kekuatan Mjolnir Thor. Alasan mengapa Growing Man bisa terus membesar saat terkena serangan lawannya adalah karena sejatinya dia merupakan stimuloid ciptaan alien Kosmosian yang dapat terus-menerus menyerap serangan lawan untuk kemudian mengubah energinya menjadi molekul pembentuk struktur tubuhnya.

Setelah kemunculan pertama Growing Man, Kang juga pernah kembali menggunakan android sekaligus senjata andalannya ini untuk menculik Iron Man di rumah sakit, sampai akhirnya para Avengers berkumpul untuk mengalahkan Growing Man. Lagi-lagi sesuai dengan rencananya, kemunculan Growing Man ini sebenarnya sengaja Kang lakukan agar dia bisa menculik semua anggota Avengers untuk kemudian memanfaatkan mereka dalam pertandingan kosmik melawan Grandmaster.

Di kisah Marvel lainnya, Kang juga pernah kembali mengaktifkan Growing Man di pusat kota New York untuk memancing para Avengers yang kali ini dibantu oleh Fanstastic Four. Singkat cerita, para superhero akhirnya berhasil bekerja sama untuk mengalahkan Growing Man, tentunya dengan pengorbanan dan perjuangan yang tidak mudah. Berdasarkan semua sejarah ini cukup jelas bahwa Kang memang sangat mengandalkan Growing Man ketika dia beraksi. Hal tersebut bisa terjadi karena Growing Man terbukti tidak mudah untuk dikalahkan, bahkan oleh Avengers sekali pun.

Kekuatannya Bisa Terus Membesar

Sebagai stimuloid, Growing Man dapat menyerap serangan sehebat apa pun yang diarahkan kepadanya dan sama sekali tidak merasakan sakit dari serangan tersebut. Sebagai gantinya, dia justru bisa mengubah serangannya menjadi energi yang langsung memperbesar tubuhnya. Sehingga makin besar serangan yang diterimanya malah makin besar juga ukuran tubuh Growing Man. Yang lebih hebatnya lagi, ketika ukurannya membesar, kekuatan dan daya tahan tubuh Growing Man akan ikut membesar juga. Itulah mengapa Growing Man sangat sulit untuk dikalahkan karena bisa terus bertambah kuat.

Sedangkan dari segi kecerdasannya, Growing Man memang tidak sepintar Vision atau android lainnya yang bisa bertindak sendiri, tetapi pada dasarnya dia sangat patuh kepada Kang. Jadi bisa disimpulkan bahwa setiap tujuan dan tindakan Growing Man di Marvel Universe, semuanya berasal dari villain secerdas Kang. Selain aspek kekuatan dan kecerdasan, versi terbaru Growing Man juga bahkan terbukti telah mengembangkan kekuatan baru. Di mana dia bisa mengeluarkan kloning yang lebih kecil setelah terkena serangan lawan. Hal ini membuat Growing Man jauh mengancam di Marvel Universe.

Hanya Bisa Dikalahkan Dengan Kesabaran

Dengan semua kehebatan yang dimiliki oleh Growing Man di atas cukup jelas bahwa dia adalah villain Marvel yang sangat berbahaya. Apalagi Marvel sendiri tidak pernah menjelaskan secara detail apa yang jadi kelemahan Growing Man. Oleh karena itu cara paling tepat untuk mengalahkan Growing Man adalah dengan kesabaran. Maksudnya, dengan kesabaran seorang superhero akan mempunyai waktu untuk memikirkan strategi paling efektif untuk mengalahkan Growing Man. Daripada menyerangnya secara membabi buta dan malah membuat kekuatan serta ukurannya makin membesar.

Contoh kesabaran ini pernah dibuktikan sendiri oleh Tony Stark di komik Iron Man #108. Di mana dia baru bisa mengalahkan Growing Man setelah mengambil waktu sejenak untuk memikirkan cara paling efektif. Yaitu dengan menggunakan kabel listrik sehingga molekul tubuh Growing Man terus terkuras sampai dia kembali mengecil. Mister Fantastic juga pernah melakukan hal yang kurang lebih sama dengan sengaja mengulur waktu sambil merancang sebuah mesin yang bisa membalik proses stimulan Growing Man. Hasilnya, saat diserang Growing Man justru malah makin menyusut sampai tidak terlihat lagi.

Itulah pembahasan tentang Growing Man, android sekaligus senjata andalan Kang the Conqueror di Marvel Universe. Eksistensi Growing Man ini terbilang cukup unik, alasannya karena dia hadir sebagai villain yang justru tidak bisa dikalahkan dengan serangan yang sangat besar. Sebaliknya dia justru hanya bisa dikalahkan dengan kesabaran dan ketenangan pikiran, di mana faktanya hal tersebut justru sangat jarang dimiliki oleh para superhero sekalipun. Hanya segelintir superhero cerdas dan bijaksana yang benar-benar bisa mengetahui cara paling efektif untuk mengalahkan Growing Man.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.