Dark Zagi merupakan salah satu Ultraman jahat paling kuat dalam franchise ini. Seperti yang pernah dibahas sebelumnya, terdapat beberapa versi Ultraman versi jahat yang mungkin cukup banyak dikenal oleh Geeks semua. Namun, dari para Ultraman jahat atau Evil Ultraman tersebut sebagian memiliki kekuatan yang luar biasa dan keunggulan lainnya. Salah satunya adalah Dark Zagi.

Selain para Ultraman, ternyata pahlawan raksasa ini pun memiliki versi jahatnya meskipun jumlahnya tidak banyak. Para Evil Ultraman ini juga tidak kalah kuat dengan versi yang baiknya. Dan salah satu Ultraman jahat paling kuat adalah Dark Zagi. Nama Dark Zagi mungkin sudah tidak asing lagi sebagai salah satu Ultraman jahat atau Evil Ultraman. Hal ini memang karena Dark Zagi cukup populer di kalangan fans. Meskipun begitu, mungkin masih ada juga sebagian Geeks yang belum terlalu mengenal karakter satu ini.

Salah Satu Evil Ultraman Terkuat

Seperti yang disebutkan di atas, Dark Zagi adalah salah satu Ultraman jahat paling kuat. Dan hal ini ada kaitannya dengan asal-usul sang karakter. Dalam seri Ultraman Noa dijelaskan jika Dark Zagi merupakan sebuah hasil ciptaan ras alien jahat bernama Visitors. Pada awalnya, Ultraman Noa mengejar dan menghajar monster alien jahat bernama Space Beasts sampai ke Nebula M80 Messier 4 di konstelasi Scorpio.

Di planet tersebut, ternyat terdapat ras alien lain yang berbentuk seperti ubur-ubur bernama Visitors. Mereka memiliki kecerdasan dan teknologi yang sangat canggih. Dalam momen tersebut, para Visitors sangat kagum dengan sang pahlawan cahaya. Akhirnya, Visitors ingin memiliki sosok pelindung dan pahlawan mereka sendiri yang terinspirasi dari Ultraman Noa.

Nama sosok kloning raksasa yang mereka ciptakana adalah Ultinoid Zagi. Dengan kecerdasan mereka, para Visitors mengembangkan Ultinoid Zagi untuk bisa berpikir dan berkembang sendiri. Tujuanny agar Ultinoid Zagi bisa bertarung menghadapi ancaman Space Beasts. Sayangnya, hal itu justru berakibat fatal di mana terdapat distorsi dalam pikiran kloning Ultraman Noa tersebut.

Ultinoid Zagi justru sadar jika dia adalah kloning atau tiruan. Hal ini membuatnya berubah jadi jahat, dan justru berpikir untuk membuat dan mengembangkan Space Beasts miliknya sendiri. Semua hal itu pada akhirnya membuat Ultinoid Zagi lepas kendali, yang mana inilah cikal bakal terbentuknya Dark Zagi. Ironisnya, Dark Zagi jutsru menyerang Visitors yang notabene adalah penciptanya.

Ini adalah salah satu hal yang luar biasa dari Ultraman versi jahat, karena umumnya mereka tidak memiliki akal dan pikiran atau bahkan kesadaran sendiri. Dan ini juga yang jadi alasan mengapa Dark Zagi jadi salah satu Ultraman jahat paling kuat di franchisenya. Dia bahkan tidak ragu untuk menghancurkan siapa pun yang coba menghalangi jalannya, termasuk penciptanya sendiri.

Mampu Ciptakan Evil Ultraman Sendiri

Selain memiliki akal, pikiran, dan kesadaran sendiri, Dark Zagi memiliki sederet kedahsyatan atau keunggulan lain di dalam dirinya. Misalnya, dia memiliki kekuatan fisik yang sangat dahsyat. Ketika Visitors menyadari jika ciptaan mereka berubah jadi jahat, para alien tersebut berusaha mengalahkannya dengan menghancurkan planet yang mereka tinggal dan juga matahari.

Namun, ternyata hal itu tidak cukup untuk mengalahkan sang Ultraman jahat. Yang menarik adalah hal tersebut menjadikan Dark Zagi jadi Ultraman jahat sebagai kloning yang pertama yang mampu selamat dari sebuah ledakan planet. Ultraman Belial jadi yang kedua. Juga, yang tidak kalah epik adalah bagaimana Dark Zagi memiliki kemampuan untuk meramal atau mengetahui peristiwa masa depan.

Misalnya, Dark Zagi pernah meramalkan (atau mengetahui) jika pada masa yang akan datang sosok Nagi Saijyo akan menjadi Deunamist keempat dalam cerita Ultraman Nexus. Dan bukti yang paling luar biasa dari kedahsyatan seorang Dark Zagi adalah dia jadi Ultraman jahat pertama yang mampu ciptakan karakter Evil Ultraman/Dark Ultra sendiri. Dua monster yang dia ciptakan adalah Dark Mephisto dan juga Dark Faust.

Dalam cerita di Ultraman Nexus sendiri dijelaskan jika Ultraman Noa perlu mengorbankan banyak sekali energi untuk bisa menyegel Dark Zagi. Dan meskipun Dark Zagi sudah “tewas” dan terkurung di dimensinya, namun jiwa dari sang Ultraman jahat masih tetap ada dan tidak hilang.

Sempat Kembali Bangkit

Seperti yang dijelaskan di poin atas, Dark Zagi akhirnya berhasil dikalahkan dan bahkan tewas oleh Ultraman Noa dalam cerita Ultraman Nexus. Namun, Dark Zagi sempat berhasil dibangkitkan kembali dalam sebuah film spesial yaitu Ultraman Ginga Theater Special. Dalam ceritanya, Dark Lugiel, antagonis utama dalam seri Ultraman Ginga, membangkitkan kembali Dark Zagi.

Tujuannya adalah untuk menjalin kerja sama demi mengalahkan Ultraman Ginga. Dan ternyata, hal itu cukup efektif di mana akhirnya Ginga muncul dan berusaha mengalahkan kedua villain ini. Ultraman Ginga bahkan kesulitan untuk mengalah Dark Zagi, meskipun sudah berkali-kali mendapatkan serangan. Dan di akhir cerita serangan sinar laser mereka berdua saling beradu, yang mengakibatkan ledakan besar.

Meskipun begitu, efek dari adu serangan tersebut adalah Energy Core atau Sumber Inti Energi milik Zagi harus retak. Dan akibatnya dia pun merasakan kesakitan dan kemudian meledak. Yang perlu jadi catatan adalah Dark Zagi yang muncul di cerita ini bukan sosok Dark Zagi yang asli, melainkan versi alternatif. Hal ini dikarenakan Dark Zagi yang asli dianggap sudah tewas di cerita sebelumnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.