Dalam cerita di Marvel Comics ternyata sosok Spider-Man pernah menggunakan kendaraan untuk menghadapi berbagai musuh. Berbagai kendaraan tersebut memang hanya muncul sekali atau dalam cerita tertentu saja. Karena itulah, memang masuk akal jika kemudian mayoritas penggemar tidak tahu jika Spidey pernah menggunakan kendaraan sebagai untuk pergi dari satu tempat tempat yang yang lainnya.

Sebagian besar cerita Spider-Man, baik dalam versi komik atau medium lain, mungkin lebih sering menghadirkan sosok Peter Parker dengan kekuatan jaringnya. Hal ini bisa kita lihat dalam cerita di Marvel Cinematic Universe, di mana Peter sangat dominan dalam penggunaan jaringnya. Namun, mungkin tidak banyak yang tahu jika sebenarnya Spider-Man pernah menggunakan kendaraan untuk menghadapi para villain. Berikut adalah deretan kendaraan yang pernah Spider-Man gunakan.

Spider-Glider

Buat Geeks yang pernah menonton film Spider-Man versi Sam Raimi, tentunya pernah melihat bagaimana Spidey menggunakan glider atau papan peluncur milik Green Goblin. Dalam cerita komiknya, Spider-Man sebenarnya punya glider miliknya sendiri bernama Spider-Glider. Kemunculan dari Spider-Glider ini sendiri terjadi di komik Amazing Spider-Man. Peter saat itu harus berhadapan dengan Equinox.

Equinox sendiri adalah villain yang memiliki kemampuan untuk mengendalikan suhu. Karena hal ini, dia bisa mengeluarkan kemampuan es dan api secara bersamaan. Peter pun kesulitan untuk menghadapi lawannya ini, sampai kemudian dia menemukan caranya yaitu “menirukan” Green Goblin. Dia menciptakan glider versinya sendiri yang membantunya untuk menyerang Equinox dari atas.

Spider-Mobile

Selain Batman yang memiliki Batmobile, Spider-Man juga memiliki mobil miliknya sendiri yang bernama Spider-Mobile. Spider-Mobile merupakan mobil yang berjenis buggy, yang bisa digunakan untuk berbagai medan. Kendaraan ini didesain oleh Peter Parker dan Johnny Storm sang Human Torch. Meskipun nampak seperti mobil biasa – terlepas dari warnanya yang mencolok – terdapat berbagai fitur epik dan luar biasa di mobil ini.

Baik bagian luar dan dalam dari Spider-Mobile terbuat dari material yang memiliki daya tahan tinggi. Terdapat sebuah lubang yang bisa menembakan jaring, dengan sistem kerja yang mirip seperti ketika Spider-Man mengeluarkan jaringnya. Yang unik adalah alasan terbesar mengapa Spider-Man sangat jarang sekali menggunakan Spider-Mobile dalam cerita adalah karena dia tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM).

Spider-Cycle

Selain mobil, Spider-Man juga pernah memiliki kendaraan roda dua alias motor bernama Spider-Cycle. Seperti halnya Spider-Mobile, Spider-Cycle juga merupakan kendaraan bermotor yang sudah dimodifikasi dengan berbagai teknologi canggih. Peter Parker dan Dr. Curt Connors adalah karakter yang memodifikasi dan menciptakan motor canggih ini. Motor ini juga memiliki berbagai fitur epik.

Contohnya adalah Automated Web Bridge, di mana Spider-Cycle akan menggunakan alat khusus untuk mencari di mana tempat yang pas untuk menembakan jaring khusus dan menciptakan sebuah jembatan yang terbuat dari jaring laba-laba. Kemudian kemampuan untuk bisa berkendara di permukaaan apa pun. Dan yang paling epik tentunya ada tambahan dorongan roket yang membuat Spider-Cycle bisa melaju sangat kencang.

Spider-Copter

Selain kendaraan yang “umum” digunakan, Spider-Man juga memiliki jenis kendaraan lain yaitu pesawat helikopter yang dia beri nama Spider-Copter. Helikopter canggih ini didesain oleh Oliver Osnick alias Steel Spider, khusus untuk Peter Parker Spider-Man. Kecerdasan Osnick sendiri tidak kalah dari Peter. Namun, saat ini, kendaraan tersebut sudah kembali ke tangan Oliver Osnick untuk dia gunakan.

Spider-Copter pernah digunakan untuk menangkap seorang villain wanita bernama Salem’s Witch, yang hampir saja kabur setelah dia berhasil mencuri sebuah barang yang sangat berharga. Ketika kemudian Peter Parker memutuskan untuk kembali ke kota New York, dia memberikan Spider-Copter kepada sang Steel Spider alias Oliver Osnick untuk dia gunakan memberantas kejahatan.

Spider-Tank

Selain Spider-Copter, kendaraan epik lainnya yang pernah diciptakan oleh Oliver Osnick untuk Spider-Man adalah Spider-Tank. Dari segi desain, seperti halnya kendaraan lain di atas tank ini memiliki warna kombinasi merah dan biru yang menggambarkan sosok Spider-Man. Meskipun begitu, desain dari Spider-Tank ini cukup unik di mana tidak ada laras besar untuk menembakan meriam.

Pintunya pun berbeda, di mana Spider-Tank memiliki desain pintu yang terbuka ke atas. Spider-Tank sendiri diciptakan untuk membantu para kepolisian menangkap para penjahat atau perampok. Selain itu, tank ini pun bisa jadi perisai ketika ada serangan muncul untuk melindungi para aparat dan juga orang-orang lainnya. Seperti halnya Spider-Copter, Peter kemudian memberikan tank ini kepada Oliver.

Arachnaughts

Sebenarnya, Arachnaughts berbeda dengan jenis kendaraan seperti di atas. Ini merupakan sebuah sebuah robot yang merupakan pengembangan dari Spider-Bots. Dalam komiknya, Otto Octavius yang bertukar jiwa dengan Peter Parker menciptakan robot yang membantunya untuk mengalahkan musuh, yaitu Spider-Bots. Spider-Bots memiliki ukuran kecil dan mampu Doc Ock kendalikan dengan pikirannya.

Meskipun tidak memberikan efek destruktif, namun Spider-Bots menjadi telinga dan mata bagi Dock Ock. Otto kemudian mengembangkan Spider-Bots dengan versi yang lebih besar dan tujuan yang lebih masif, yaitu untuk bertarung dan mobilitas. Dengan ukurannya yang besar, Arachnaughts berhasil menjadi salah satu alat yang digunakan untuk menanggulangi aksi kriminalitas.

Spider-Man mungkin lebih sering berayun dari satu gedung ke gedung lain dengan kekuatan jaringnya. Namun, yang mungkin jarang fans ketahui adalah Spider-Man ternyata memiliki berbagai kendaraan yang canggih, epik, dan luar biasa yang dia gunakan untuk menghadapi para kriminal. Sayangnya, memang kendaraan ini sangat jarang muncul dalam cerita.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.