Dalam cerita di seri One Piece karya Eiichiro Oda terdapat beberapa varian dari kompas khusus untuk menunjukan arah menuju suatu pulau atau tujuan berikutnya yaitu Log Pose. Seperti halnya di dunia nyata, tanpa kompas mungkin seseorang akan tersesat ketika berada di laut. Di seri One Piece, seorang bajak laut atau penjelajah juga sangat memerlukan Log Pose.

Hal ini untuk menjadi petunjuk agar mereka bisa pergi dari satu tempat ke tempat lainnya tanpa tersesat. Meskipun begitu, jelas ada perbedaan antara kompas di dunia nyata dan juga Log Pose dalam seri One Piece. Biasanya, sebelum pergi menjelajahi Grand Line seorang bajak laut perlu mencari navigator dan juga Log Pose untuk menunjukan arah. Terdapat beberapa jenis atau varian Log Pose di seri One Piece. Apa saja?

Apa Itu Log Pose

Berbeda dengan kompas konvensional atau yang umum kita ketahui di dunia nyata, Log Pose tidak terpaku pada satu titik yaitu ke arah utara. Log Pose “merekam” medan magnet diantara beberapa pulau yang ada di sekitarnya dan juga pulau terdekat lain. Jarum di Log Pose akan kemudian menunjuk pulau tersebut. Dengan mengikuti jarum yang diperlihatkan oleh Log Pose, seseorang bisa pergi dari satu pulau ke pulau yang lain.

Jika mengikuti alurnya, mereka bisa berakhir di pulau Laugh Tale. Setelah mencapai pulau selanjutnya dan tinggal beberapa lama, Log Pose akan kembali mengatur ulang medan magnetnya dan kemudian mengunci medan magnet dari pulau selanjutnya yang ada di Grand Line. Berapa lama bagi sebuah Log Pose untuk bisa merekam medan magnet dari pulau selanjutnya tergantung dari pulau tersebut.

Ada yang bisa membutuhkan waktu beberapa jam, namun ada juga yang butuh waktu bertahun-tahun. Terlepas dari hal tersebut, Log Pose adalah elemen penting dalam hal navigasi. Bahkan, Nico Robin sempat mengatakan untuk tidak meragukan petunjuk dari Log Pose meskipun menunjuk ke arah yang mungkin tidak biasa. Misalnya, menunjuk ke arah awan yang ternyata terdapat pulau langit. Atau menunjuk ke bawah laut, yang ternyata ada pulau duyung.

Varian Log Pose

Dalam cerita One Piece, Eiichiro Oda sudah memperkenalkan beberapa varian Log Pose yang digunakan oleh para karakter. Apa saja?

Log Pose Normal

Varian Log Pose yang pertama adalah Log Pose Normal. Sesuai namanya, tidak ada yang istimewa dari Log Pose ini. Bentuknya mirip seperti jam, dengan ada bola kaca di atasnya dan jarum penunjuk arah di dalamnya. Varian Log Pose ini umumnya digunakan di wilayah Paradise, yang jadi titik awal atau bagian awal dari Grand Line. Di awal serinya, Nami sering kali terlihat mengecek pulau selanjutnya dengan Log Pose ini.

Karena arus laut di wilayah Grand Line sering tidak menentu, navigator perlu sering kali mengecek Log Pose ini agar mereka tidak tersesat atau terbawa arus. Menurut Crocus, Reverse Mountain dan Twin Cape adalah titik awal bagi para penjelajah untuk memasuki Grand Line. Ada kurang lebih tujuh pulau yang bisa dicatat medan magnetnya oleh Log Pose.

Log Pose Khusus

Varian Log Pose yang kedua adalah Log Pose khusus, yang mana ini berbeda dari Log Pose Normal. Pasalnya, Log Pose Khusus ini tidak digunakan di Paradise melainkan di wilayah New World. Wilayah New World merupakan bagian kedua dari Grand Line dan juga adalah wilayah yang sangat ganas. Pertama, New World memiliki kondisi atau medan yang sangat tidak menentu.

Kedua, medan magnet di New World terkadang sulit untuk terdeteksi atau dideteksi. Inilah alasan mengapa butuh Log Pose Khusus agar seseorang bisa berpetualang di wilayah New World. Log Pose Khusus ini memiliki desain yang lebih kompleks, di mana terdapat tiga bola kaca kecil dengan tiga jarum penunjuk arah. Tiga jarum tersebut menunjuk tiga pulau yang berbeda-beda.

Dengan begitu, ketika kemudian seorang navigator kehilangan satu arah dari satu jarum, maka mereka bisa mengandalkan dua lainnya. Stabilitas pergerakan jarumnya menandakan stabilitas medan magnet pulau tersebut. Jika jarumnya bergerak atau bergetar, artinya medan magnet di pulau selanjutnya tidak stabil. Meskipun tidak selalu benar, namun biasanya hal tersebut menandakan pulau tujuan itu memiliki bahaya yang besar.

Eternal Pose

Varian Log Pose terakhir adalah Eternal Pose. Pada dasarnya, varian Log Pose ini mirip seperti Log Pose khusus dari segi fungsi. Eternal Pose merupakan sebuah kompas khusus yang biasanya menunjuk hanya ke sebuah pulau secara spesifik. Bentuk Eternal Pose berbeda dari Log Pose pada umumnya. Bentuk dari Eternal Pose mirip seperti jam pasir, dengan bulatan kaca besar di tengahnya dan jarum penunjuk arah.

Yang juga membedakan adalah di Eternal Pose tersebut terdapat nama dari pulau yang sudah tertulis secara spesifik. Misalnya, Eternal Pose yang khusus untuk mengarah ke negara Alabasta. Atau di film One Piece: Stampede kita melihat ada sebuah Eternal Pose yang khusus mengarah ke pulau Laugh Tale. Selain itu, yang juga jadi pembeda adalah Eternal Pose akan selamanya mengarah ke pulau yang dimaksud, dan tidak akan ada pengaturan ulang medan magnet.

Biasanya, Eternal Pose digunakan oleh mereka yang memang memiliki rumah atau markas di sebuah pulau. Terkadang, Eternal Pose pun digunakan oleh pihak angkatan laut untuk bisa pergi ke sebuah tempat dalam menjalankan misi. Karena kelangkaan dan juga fungsinya, Eternal Pose biasanya memiliki harga yang sangat mahal dan berharga.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.