Dalam cerita One Piece karya Eiichiro Oda, ada berbagai cara aneh yang dilakukan oleh para karakter untuk kemudian mengalahkan musuh mereka. Mereka tidak menggunakan senjata seperti pedang atau benda lainnya untuk mengalahkan musuh, melainkan menggunakan cara yang tidak biasa. Hal ini tentunya semakin menambah keunikan dan elemen menarik dalam ceritanya.

Bertarung menjadi sesuatu hal yang lumrah terjadi di dunia One Piece, apalagi mengingat tema bajak laut yang diusung oleh serinya. Namun, umumnya pertarungan yang terjadi memperlihatkan para karakter menggunakan senjata saat bertarung atau menggunakan kekuatan tangan kosong. Tetapi, ternyata, ada juga beberapa karakter yang menggunakan cara aneh untuk bertarung. Apa saja?

Menggunakan Air Laut

Mungkin tidak ada yang berpikir jika air laut bisa jadi sebuah senjata mematikan untuk mengalahkan musuh. Namun, faktanya, inilah yang terjadi ketika para bajak laut harus menghadapi pasukan zombie milik Gecko Moria. Hal ini terjadi di arc Thriller Bark, di mana kru Topi Jerami harus mencari cara untuk mengalahkan pasukan zombie ciptaan Hogback dan Moria.

Awalnya, semua kebingungan bagaimana mengalahkan pasukan zombie tersebut sampai kemudian Usopp menemukan caranya yaitu menggunakan garam. Hal ini ampuh membuat banyak pasukan zombie moria kalah. Dan di pertempuran Marineford, pasukan zombie Moria kembali muncul. Kali ini giliran Jinbe yang mengalahkan mereka dengan satu serangan. Dia memanfaatkan air laut untuk menghancurkan pasukan zombie tersebut.

Mengagetkan Musuh

Sosok Usopp mungkin bukan petarung yang hebat dan kuat seperti trio monster di kru Topi Jerami. Namun, terkadang bagaimana cara dia mengalahkan musuh cukup unik. Salah satu contohnya adalah dengan mengagetkan musuhnya. Hal ini terjadi ketika Usopp bertarung menghadapi Sugar di arc Dressrosa. Seperti yang kita tahu, Sugar adalah salah satu anggota kelompok Donquixote terkuat.

Hal ini berkat buah iblis Hobi Hobi yang membuatnya bisa mengubah manusia menjadi boneka. Satu-satunya cara untuk menghentikan kekuatan itu adalah dengan membuat Sugar tidak sadarkan diri. Usopp pun menyusun rencana di mana dia membuat sebuah jebakan yang berisi wajahnya. Sugar diketahui ketakutan dan tidak senang dengan wajah Usopp. Ketika kemudian Sugar tekena jebakan tersebut yang muncul adalah wajah konyol Usopp dalam ukuran besar yang membuatnya pingsan. Akhirnya, semua bisa kembali normal.

Menggunakan Tipuan

Selain saat menghadapi Sugar, sebelumnya Usopp juga sudah menggunakan cara atau taktik yang hampir sama. Namun, dalam hal ini Usopp menggunakan tipuan. Di arc Thriller Bark, semua orang terkena efek Horo Horo dari Perona. Hal tersebut membuat korbannya menjadi merasa negatif dan rendah diri. Tidak ada yang sanggup untuk menahan hal tersebut selain Usopp.

Mengapa? Karena, menurutnya, sedari awal Usopp memang sudah memiliki sifat dan pikiran negatif. Hal ini pun membuat Perona terkejut dan tidak percaya. Di akhir arc Thriller Bark, Usopp menggunakan sebuah trik untuk mengalahkan Perona. Dia berpura-puran menggunakan palu besar berukuran 100 ton yang dia arahkan ke kepala Perona. Padahal, sebenarnya itu hanyalah balon yang berisi kecoa. Hal itu tidak pelak membuat Perona pingsan sampai mengeluarkan busa karena shock dengan kecoa di badannya.

Memanfaatkan Tubuh Orang Lain

Mungkin ini adalah cara aneh sekaligus brutal untuk mengalahkan musuh yang pernah dilakukan oleh karakter dalam cerita One Piece. Hal ini sempat terjadi beberapa kali. Yang pertama adalah ketika Zoro menggunakan Usopp sebagai pedang untuk bertarung menghadapi Kaku. Meskipun itu rekannya, dia tidak ragu menggunakan Usopp sebagai pedangnya meskipun pada faktanya itu tidak efektif.

Kedua, hal ini terjadi di pertempuran Onigashima. Saat itu, Sanji sedang menggendong tubuh Zoro yang terluka. Karena harus menghadapi kru bajak laut Beast, dia pun menggunakan berbagai cara termasuk memanfaatkan tubuh Zoro. Meskipun begitu, Sanji tetap berhasil membawa Zoro yang terluka ke tempat aman tanpa terluka sedikit pun.

Menyamar Menjadi Orang Lain

Meskipun sebenarnya cara ini ada kaitannya dengan kekuatan buah iblis seseorang, namun cara ini tetap bisa dianggap sebagai cara yang aneh untuk mengalahkan musuh. Karena, kekuatan ini tidak memanfaatkan kemampuan fisik mereka melainkan kecerdasan mereka untuk menyamar. Contoh pertama dari hal ini adalah ketika Bon Clay menyamar menjadi tahanan wanita untuk mengahajar Hanyabal di Impel Down.

Hal ini berhasil membuat Hanyabal disekap di sebuah ruangan, sementara Bon Clay menyamar menjadi Hanyabal. Dia juga menyamar menjadi Magellan dan kemudian dia pun membuka pintu gerbang keadilan dan membiarkan Luffy dan yang lain pergi dari sana. Momen lainnya adalah ketika Catarina Devon menyamar menjadi Absalom, dan kemudian mengalahkan Gecko Moria ketika dia berada di pulau Beehive.

Melakukan berbagai cara aneh untuk mengalahkan musuh seolah semakin memperkuat citra One Piece sebagai sebuah seri manga shonen yang memang tidak biasa. Keanehan tersebut justru menjadi daya tarik tersendiri bagi para fans. Dan juga hal ini bisa memberikan warna tersendiri bagi alur ceritanya. Namun, memang harus diakui dengan One Piece yang akan selesai berbagai keanehan tersebut sudah mulai jarang muncul.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.