Di dunia komik superhero sudah menjadi rahasia umum bahwa saling meniru karakter saingan adalah strategi yang cukup praktis untuk mendongkrak popularitas komik masing-masing. Tanpa terkecuali DC dan Marvel yang mungkin sudah tidak terhitung berapa kali mereka saling meniru. Namun, tahukah kalian bahwa dari semua karakter yang dihasilkan melalui praktek ‘copycat’ ini, ternyata ada satu karakter yang tampaknya sangat menarik perhatian DC. Dia adalah Spider-Man yang melakukan debutnya di Marvel Comics pada tahun 1962. Di mana DC pernah mencoba membuat versi mereka sendiri sampai lima kali. Penasaran dengan hasilnya? Berikut ini 5 tiruan Spider-Man di DC Universe!

Blue Beetle

Karakter DC pertama yang mempunyai cukup banyak kemiripan dengan Peter Parker alias Spider-Man adalah Ted Kord alias Blue Beetle kedua setelah Dan Garett. Alih-alih mengadaptasi kostum dan kekuatan yang serupa dengan Dan, DC justru memberikan kostum yang sekilas mirip Spidey saat memperkenalkan karakter Ted pada tahun 1966. Di mana dia digambarkan sebagai superhero yang atletis dan lincah saat menggunakan teknologi akrobatik ciptaannya. Motivasi awalnya sebagai superhero bahkan sama-sama bermula dari pamannya, bedanya paman Ted adalah seorang penjahat yang akhirnya mendorong dia untuk menjadi superhero.

Black Spider

Dari namanya saja sudah cukup jelas bahwa Black Spider adalah copycat Spider-Man yang eksis di DC Universe. Debut pada tahun 1978, Black Spider digambarkan sebagai seorang vigilante Gotham yang memburu para bandar narkoba. Karena dia selalu membunuh targetnya, hal tersebut akhirnya menarik perhatian Batman yang merasa perlu menghentikan kebrutalannya. Meskipun originnya berbeda, tetapi ketika dia kembali di komik Batman #518, Black Spider malah makin menunjukan bahwa dia adalah Spider-Man versi DC. Hal tersebut terbukti dari alat semacam web shooter yang dia pakai ketika beraksi, serta lambang laba-laba di keningnya.

Bugg

Meskipun karakternya tidak terlalu terkenal, tetapi banyak penggemar DC yang sepakat bahwa Bugg adalah versi kelam dari Spider-Man. Di mana saat pertama kali muncul pada tahun 2002, Bugg digambarkan sebagai seorang mata-mata jahat yang cerdas sekaligus kejam. Keahlian utamanya adalah menempel di dinding dan bersembunyi di sudut ruangan agar tidak terlihat oleh targetnya. Di DC Universe sendiri Bugg adalah musuh Batman, yang kisahnya tidak pernah dieksplorasi lagi setelah kemunculan pertamanya. Mungkin karena popularitas Bugg tidak berhasil memenuhi ekspektasi DC.

Bug

Jika tadi Bugg dengan double ‘g’, sekarang kita masuk ke tiruan Spider-Man versi DC yang mempunyai nama sederhana, yaitu Bug yang artinya serangga. Eksis di Earth-8 yang merupakan parodi Marvel Universe, Bug adalah superhero bertema serangga yang dikenal sering beruntung dalam pertempuran. Tidak lama setelah debutnya pada tahun 2012, DC sendiri bahkan secara tidak langsung pernah mengakui bahwa Bug adalah varian Spider-Man yang kekuatannya sama seperti versi aslinya. Dia bahkan bergabung dengan tim superhero Retaliator, Avengers versi DC yang berisi para varian mirip superhero Marvel.

Sideways

Spider-Man versi DC terakhir yang tidak kalah menarik dari karakter lainnya, dikenal dengan sebutan Sideways. Secara kekuatan sebenarnya karakter yang mempunyai nama asli Derek James ini sama sekali tidak mirip dengan manusia laba-laba. Karena sejak debutnya pada tahun 2018, kekuatan utama Sideways adalah mengeluarkan portal yang bisa membawanya ke lokasi yang diinginkan. Walaupun begitu, kemiripan antara Sideways dan Spidey justru cukup terlihat jelas dari kostumnya. Apalagi dia dikenal sebagai superhero jenaka yang cukup merasa kesulitan membagi waktunya, karena selain superhero dia juga seorang remaja yang punya teman dan kekasih layaknya Spider-Man,

Itulah 5 tiruan Spider-Man yang pernah DC hadirkan di semesta komiknya. Meskipun mempunyai sejumlah persamaan dengan manusia laba-laba Marvel, tetapi pada dasarnya mereka adalah karakter yang berbeda sekaligus unik dengan caranya masing-masing. Persamaan dan perbedaan inilah yang akhirnya membuat sosok dan kisah mereka tetap menarik untuk diikuti. Tidak bisa kita mungkiri bahwa pada akhirnya para karakter ini telah menghadirkan sesuatu yang mungkin tidak ada pada diri Spider-Man. Bagaimana menurut kalian, Geeks, dari semua karakter ini mana yang paling mirip Spider-Man?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.