Dengan rencana James Gunn untuk menghadirkan cerita Superman yang lebih muda ada beberapa cerita komik yang bisa diadaptasi untuk kedepannya. Perubahan besar terjadi di rumah produksi Warner Bros. dan juga DC Film setelah mereka memutuskan untuk tidak lagi menggunakan jasa Henry Cavill dalam memerankan Superman. Padahal, sebelumnya karakternya sudah berhasil melakukan comeback di film Black Adam.

Dalam pertemuannya dengan Henry Cavill beberapa hari lalu, James Gunn akhirnya mengambil keputusan untuk tidak lagi menghadirkan sosok Cavill dalam universe yang dia bangun. Hal ini jelas memancing banyak perdebatan di kalangan fans. Gunn sendiri berencana untuk menghadirkan sosok Superman yang lebih muda. Dan terdapat beberapa cerita yang bisa Gunn adaptasi dalam universe yang dia bangun. Apa saja?

New 52 Action Comics

Selain menjadi awal yang baru bagi karakternya, New 52 Action Comics juga menjadi mome kembalinya berbagai elemen penting Superman dari era Golden Age. Jerry Siegel dan Joe Shuster pada awalnya menciptakan karakter Clark Kent sebagai sosok vigilante, dan ini juga yang coba Grant Morrison dan Rags Morales hadirkan di New 52 Action Comics. Clark Kent muda diperlihatkan sedikit lebih brutal dengan kostum sederhananya.

Dia juga diperlihatkan sebagai seorang jurnalis pemula. Meskipun pada akhirnya sosok Clark Kent kembali ke sifat dan perilaku yang kita kenal, namun di awal kemunculannya di New 52 ini memperlihatkan bagaimana Clark yang bukan hanya tidak menolerir perundungan. Dia juga menghajar para penjahat dan kriminal dengan cukup brutal. Gunn mungkin bisa menghadirkan sosok Clark Kent baru seperti ini.

Superman: Secret Origin

Seperti halnya Grant Morrison, Geoff Johns juga coba hadirkan penggambaran baru dari sosok Clark Kent. Namun, jika Grant Morrison menghadirkan kembali menghadirkan akar karakter Superman dari Golden Age, maka Geoff Johns coba hadirkan kembali akar karakter Superman dari era Silver Age dalam cerita Secret Origin. Komik ini menghadirkan kembali petualangan masa muda dari Clark Kent, seperti ketika dia masih jadi Superboy.

Secret Origin juga menghadirkan persahabatan Clark Kent dan kelompok pahlawan Legion of Super Heroes, yang rencananya akan juga diadaptasi dalam versi live-action. Selain juga menghadirkan Lex Luthor, Secret Origin juga jadi komik yang memperkenalkan karakter villain seperti Metallo dan Parasite dengan sangat baik. Setelah apa yang muncul dalam film Man of Steel kemarin, mungkin cerita ini bisa jadi sebuah awal baru yang menarik.

Superman: Birthright

Birthright merupakan cerita origin Superman pasca kemunculan seri Smallvile. Pengaruh besar dari cerita seri tersebut sangat terasa di komik ini, terutama tentang persahabatan antara Lex Luthor dan juga Clark Kent. Meskipun cerita persahabatan Lex dan Clark menarik, yang juga tidak kalah epik adalah komik ini memperlihatkan kemampuan jurnalistik dari Clark.

Di usianya yang masih 20an tahun, Birthright menghadirkan cerita ketika Clark mulai mengasah kemampuan jurnalistiknya sambil juga menjalankan tugasnya sebagai Superman di Metropolis. Setelah terlibat dalam sebuah perang saudara di Afrika Barat, Clark sadar jika memiliki kekuatan super dan kemampuan menulis tidaklah cukup. Dia akhirnya sadar bahwa kekuatan super dalam dirinya dibutuhkan untuk melindungi orang-orang.

Superman: Secret Identity

Bagaimana jika Clark Kent tinggal di sebuah dunia yang tidak ada manusia super? Inilah dua poin utama yang muncul dalam cerita Secret Identity. Alur cerita di komik ini jauh lebih sederhana daripada cerita yang banyak kita lihat atau ketahui. Karena, Secret Identity tidak menghadirkan cerita Clark yang bertarung melawan alien.

Dalam komik ini, Clark yang terkejut ketika mengetahui jika dia memiliki kekuatan super coba untuk menutupi semua rahasianya baik dari orang-orang sekitarnya, jurnalis, dan bahkan pihak militer. Secret Identity memberikan kesempatan bagi Kurt Busiek dan Stuart Immonen untuk memperlihatkan lebih banyak sisi manusia dari Clark Kent dan hasrat besarnya untuk menggunakan kekuatan yang dia miliki demi kebaikan.

Superman: Year One

Seperti halnya alur cerita Batman, Year One memperlihatkan bagaimana cerita awal mula perkembangan karakter Superman menjadi sosok pahlawan besar. Dalam cerita komiknya, Clark Kent benar-benar jadi sosok “dewa” diantara para manusia yang sama sekali tidak memiliki kekuatan super. Meskipun begitu, secara perlahan Clark mulai belajar banyak bagaimana menjadi sosok pahlawan yang baik.

Superman: Year One memang menghadirkan beberapa elemen kontroversial. Namun, terlepas dari hal tersebut, komiknya menyuguhkan evolusi psikis yang berharga bagi karir Superman kedepannya. Banyak fans superhero yang mengkritik bahwa kekuatan Superman terlalu menjadi poin penting dari sang karakter. Namun, di komik ini kita bisa melihat sisi lain dari hal tersebut yang mana menarik jika kemudian James Gunn hadirkan dalam versi live-action.

Meskipun kekecewaan terpancar jelas dari berbagai reaksi para fans dan pecinta film, namun pada akhirnya keputusan James Gunn yang mendepak Henry Cavill tetap harus berjalan. Gunn sendiri memiliki rencananya sendiri untuk membangun universe pahlawan di DC Film, termasuk menghadirkan Superman yang lebih muda. Kita nantikan saja ya Geeks cerita seperti apa yang akan Gunn hadirkan untuk karakter Superman.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.