Netflix adalah raksasa layanan streaming yang sering menghadirkan berbagai konten original. Banyak sekali film atau series original yang pernah mereka buat, yang tentu saja ditunjukkan untuk menambah jumlah penggunanya. Tetapi Netflix memiliki rekam jejak yang buruk karena sering membatalkan sebuah proyek besar. Yang paling sering, Netflix membatalkan beberapa series, yang dianggap tidak memenuhi ekspektasi mereka. Apa saja series besar Netflix yang pernah batal? Simak berikut ini Geeks!

Jupiter’s Legacy

Jupiter’s Legacy adalah series bertema pahlawan super yang menceritakan tentang The Utopian yang harus menghadapi dua ancaman sekaligus, ancaman dari luar dan ancaman dari keluarganya sendiri. Ending musim pertama berakhir dengan cerita yang menggantung. Namun setelah banyak yang menantikan kelanjutan ceritanya, Netflix memutuskan tidak melanjutkan musim kedua series Jupiter’s Legacy. Menurut Mark Millar (kreator seriesnya), Netflix dan timnya memilih berfokus pada spinoff yang bakal menceritakan salah satu villain di Jupiter’s Legacy bernama Supercrooks. Jadi walaupun Netflix batal lanjutkan series ini, setidaknya kita masih bisa melihat lanjutan alam semestanya. Namun hingga berita ini dibuat, belum ada informasi apapun tentang series Supercrooks.

Altered Carbone

Pada tahun 2020, Netflix resmi mengumumkan bahwa mereka membatalkan series Altered Carbon Season 3. Kabarnya, Netflix membatalkan series tersebut karena anggaran produksi yang sangat besar, sementara jumlah penontonnya tak sesuai dengan yang mereka harapkan. Buat Geeks yang belum tahu, series ini dibintangi oleh beberapa nama besar seperti Anthony Mackie, Rennee Elise Goldsberry, Lela Loren dan Torben Liebrecht. Seriesnya menceritakankeadaan di masa depan di mana seorang pemberontak bernama Takeshi Kovacs dibangunkan setelah dihukum selama 250 tahun. Namun dia menyadari ada yang berbeda dengan dirinya dan dunia. Dan untuk benar-benar terbebas, dia harus memecahkan kasus pembunuhan.

Cursed

Netflix secara mengejutkan membatalkan series Cursed yang saat itu hanya berjalan selama satu musim. Tidak disebutkan alasan Netflix membatalkan series tersebut. Tetapi musim pertamanya memang mendapat ulasan yang cukup beragam. Padahal seriesnya punya pondasi cerita yang seru, di mana menceritakan tentang Nimue, seorang wanita muda yang memiliki kemampuan sihir misterius. Nimue ditakdirkan menjadi Lady of the Lake, dan dia harus mejalani misi bersama Arthur, untuk menemukan Merlin dan memberikan pedang kuno berkekuatan dahsyat kepadanya. Series ini juga menghadirkan para pemeran terkenal seperti Katherine Langford, Devon Tyrell, dan Gustaf Skarsgard.

Cowboy Bebop

Bernasib sama seperti Cursed, Cowboy Bebop juga hanya berjalan selama satu musim. Bahkan belum genap sebulan sejak seriesnya tayang, Netflix memutuskan untuk membatalkan musim keduanya. Netflix tidak mengungkap alasannya membatalkan series Cowboy Bebop, tetapi sepertinya series tersebut karena mendapat respons negatif dari penggemar dan kritikus. Padahal biaya yang digelontorkan untuk seriesnya sangat besar. Seperti yang kita ketahui, series ini diadaptasi dari anime berjudul sama yang membintangi beberapa nama beken seperti John Cho, Daniella Pineda, dan Mustafa. Dalam series ini, para karakter utama seperti Spike, Valentine dan Jet Black melakukan perjalanan galaksi untuk menangkap para buronan.

Resident Evil

Hanya 6 minggu sejak rilis, Netflix mengkonfirmasi bahwa mereka membatalkan series Resident Evil Season 2. Keputusan ini diambil Netflix setelah mereka mengetahui jumlah penonton yang tak sebanding dengan biaya produksi yang mereka keluarkan. Series ini digarap oleh Andrew Dabb, dan mempunyai total delapan episode, yang masing-masing berdurasi kurang lebih satu jam. Meski mengadaptasi gamenya, tetapi ada beberapa hal baru yang disematkan. Itu dilakukan agar seriesnya lebih fresh dan dapat diikuti  penggemar baru. Ceritanya sendiri berfokus kepada dua anak Dr. Albert Wesker bernama Billie dan Jade yang hidupnya berubah drastis setelah wabah zombie menyebar. Mereka berdua akhirnya diburu oleh Umbrella, yang ingin menangkap mereka untuk tujuan yang misterius.

Warrior Nun

Warrior Nun baru-baru ini juga menjadi korban keganasan Netflix. Series yang dibintangi oleh Alba Baptista ini tidak akan dilanjutkan setelah tayang selama dua musim di Netflix. Kabar tersebut diumumkan setelah satu bulan Warrior Nun Season 2 rilis. Buat Geeks yang belum tahu, Warrior Nun adalah series original Netfix yang digarap oleh Simon Barry, dan diadaptasi dari buku komik berjudul sama ciptaan Ben Dunn. Diceritakan bahwa ada seorang karakter bernama Ava Silva yang menghabiskan sebagian besar hidupnya di sebuah panti asuhan Katolik. Tetapi hidupnya berubah setelah sebuah artefak kuno membuatnya memiliki kekuatan tak tertandingi. Dan di sanalah ia bertugas memberantas kejahatan di Bumi.

Bloodline

Bloodline adalah series yang menyeritakan tentang kegelapan yang mengelilingi keluarga Rayburn, yang dipimpin oleh John Raybum. Ada masa lalu kelam yang telah lama mereka kubur, tetapi suatu ketika, keadaan menjadi tidak terkendali ketika Danny Rayburn muncul kembali. Ketidakpercayaan dan kebohongan menutupi keluarga besar tersebut yang membuat mereka menjadi terpuruk. Series ini membintangi beberapa aktor terkenal Hollwood seperti Kyle Chandler, Ben Mendelsohn, dan Linda Cardellini. Sayangnya, Netflix harus membatalkan series ini di musim ketiga. Padahal, musim pertamanya mendapat banyak ulasan positif.

Space Force

Dua bulan setelah Space Force Season 2 dirilis, Netflix mengumumkan bahwa mereka membatalkan musim ketiganya. Alasan utamanya adalah karena sedikitnya penonton yang menyaksikan Season 2, serta review beragam yang membuat seriesnya kurang begitu popular. Di bulan Februari lalu, musim keduanya bahkan tak mampu menduduki posisi 5 besar tayangan Netflix. Buat Geeks yang belum tahu, Space Force mirip seperti The Office. Hanya saja, series ini menceritakan upaya Jendral Mark Naird, bersama rekan-rekan  untuk misi pengiriman manusia ke luar angkasa. Selain membintangi Steve Carell, series ini juga bertabur bintang seperti John Malkovich, Ben Schwartz, Diana Silverse, dan Tawny Newsome.

Chilling Adcentures of Sabrina

Setelah berjalan selama 4 musim, pada akhirnya Netflix memilih membatalkan series Chilling Adventures of Sabrina. Keputusan membatalkan series ini juga datang tak lama setelah Netflix membatalkan series lainnya seperti Ozark, The Kominsky Method, dan Dead to Me. Kabarnya, Netflix batal lanjutkan seriesnya akibat jumlah penonton yang tak terlalu banyak, atau series tersebut tidak menunjukkan adanya pertambahan penonton di film berikutnya. Dalam series ini, kita akan disuguhkan dengan cerita dari karakter bernama Sabrina Spellman, setengah penyihir dan manusia yang tinggal di Greendale. Sabrina harus belajar melindungi teman dan keluarganya dari kekuatan gelap yang mengelilingi kota.

I Am Not Okay With This

Mengaku kalah dari pandemi Covid-19, Netflix akhirnya menghentikan produksi series I Am Not Okay With This. Sebelumnya, Netflix sudah mengkonfirmasi bahwa mereka akan melanjutkan I Am Not Okay With This Season 2. Tetapi karena COVID-19, dan biaya produksi yang melonjak drastis, Netflix memutuskan menghapus seriesnya dari daftar produksi. Buat Geeks yang belum tahu, I Am Not Okay With This menceritakan tentang seorang remaja perempuan yang tengah menghadapi keluarganya yang kompleks. Tetapi kemudian, dia menyadari bahwa dia mempunyai kekuatan super yang misterius. Kekuatan super itulah yang akhirnya mengubah kehidupannya.

Itulah dia Geeks, beberapa series besar Netflix yang batal. Mayoritas dari series tersebut dibatalkan karena gagal memenuhi ekspektasi Netflix, baik dalam urusan kualitas maupun jumlah penonton. Di antara beberapa series tersebut, mana yang menjadi favorit kalian Geeks?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/