Kemampuan Third Eye yang ada di tubuh Psykos kemungkinan adalah kekuatan yang berasal dari God, seperti yang muncul dalam chapter terbaru One Punch Man. Kemampuan ini sudah menjadi incaran pihak termasuk organisasi misterius Tsukuyomi. Mereka bahkan rela membayar mahal sosok Psykos kepada asosiasi pahlawan demi mendapatkan kekuatan tersebut. Namun, untuk apa tujuan mereka mencari kekuatan itu masih jadi misteri.

Seperti yang diperlihatkan dalam chapter 175 kemarin, sosok misterius dari organisasi yang berisi para esper yaitu Tsukuyomi datang ke tempat di mana Psykos ditahan. Dia ingin mengambil sebuah kemampuan yang ada di dalam otak dari Psykos yaitu Third Eye. Dalam chapter terbaru manganya, terdapat petunjuk bahwa mungkin kekuatan Third Eye berasal dari God.

Apa Itu Third Eye

Dalam chapter 176, kita kembali melihat sekilas masa lalu antara Psykos dan Fubuki. Dalam kilas balik tersebut nampak bagaimana Psykos berusaha untuk bisa melampaui teman sekaligus pemimpin ekstrakulikuler yang dia jalankan, yaitu Fubuki. Menurutnya, sosok Fubuki adalah seseorang yang memiliki kemampuan psychic yang handal di mana dia mampu mengangkat truk dengan mudah.

Untuk bisa melampaui kekuatan Fubuki, akhirnya Psykos melakukan segala cara termasuk mempelajari sebuah kemampuan bernama “Third Eye” dari sebuah buku. Menurut riset yang Psykos lakukan, Third Eye adalah sebuah kemampuan untuk melihat peristiwa atau sesuatu yang terjadi pada masa yang akan datang. Mengapa kemudian Psykos ingin mempelajari kemampun ini?

Dia ternyata ingin memprediksi masa depan seperti yang dilakukan oleh Lady Shibabawa, seorang peramal populer di cerita One Punch Man. Dengan begitu, dia akan mampu membuat Fubuki bangga dan mampu untuk mengalahkan rival dari Fubuki yang juga adalah kakaknya, Tatsumaki. Namun, hal buruk kemudian terjadi kepada Psykos setelah dia mempelajari tentang kemampuan tersebut.

Psykos merasakan sakit kepala yang sangat luar biasa. Dia juga melihat ke masa depan dan ketakutan, di mana dia melihat bahwa manusia justru menjadi penyebab hancurnya bumi. Karena, dalam penglihatannya manusia tidak memberikan kontribusi apa pun selain berkembang biak dan menghancurkan alam. Yang esktrem adalah menurut Psykos, setelah dia melihat penglihatan masa depan itu dia ingin semua manusia hancur dan memulai kembali dari awal.

Berasal Dari God?

Chapter 176 juga memberikan petunjuk tentang siapa sosok yang mungkin memberikan kekuatan tersebut. Dan sosok yang bisa jadi adalah sumber dari kekuatan Third Eye tidak lain merupakan God. Hal ini berdasarkan kemunculannya di salah satu panel ketika Fubuki mencoba untuk mencari tahu apa yang terjadi kepada Psykos. Juga, ketika dia ingin mengetahui masa depan apa yang dia lihat.

Pasca pertarungan Psykos dan Tatsumaki selesai di akhir arc Monster Association, Fubuki coba mencari tahu alasan mengapa Psykos berubah menjadi jahat. Ketika dia coba melihat isi kepalanya, nampak sosok Psykos sedang berada di sebuah padang rumput. Dan di atasnya terlihat sosok mengerikan yang sangat familiar yaitu God. Fubuki pun nampak terkejut dengan apa yang dia liat itu.

Meskipun begitu, Fubuki nampak masih belum mengetahui siapa sebenarnya sosok misterius yang dia temui. Baginya, sosok tersebut adalah sosok yang menarik. Dan hal ini juga yang jadi tujuannya untuk bertemu dengan Psykos. Fubuki hendak bertanya tentang sosok misterius yang dia lihat dengan harapan Psykos akan memberikan penjelasan mengenai sosok tersebut.

Berdasarkan penjelasan itu, bisa kita tarik kesimpulan jika ada kemungkinan kemampuan Third Eye sengaja diciptakan atau dibuat oleh God. Selain menggunakan kotak hitam misterius, mungkin teknik Third Eye ini sengaja dia ciptakan untuk mencari wadah yang sempurna baginya. Tetapi, faktanya, Psykos kemungkinan bukanlah yang God cari. Mengapa kemudian God tidak menghabisi nyawa Psykos?

Ada kemungkinan, alasan God membiarkan Psykos hidup sampai sekarang adalah karena dia tidak menceritakan tentang God kepada siapa pun. Bahkan, mungkin Psykos sendiri tidak tahu siapa ssosok tersebut. Selain di manganya, hal yang sama juga ditunjukan dalam versi webcomic. Dia tidak pernah tahu atau mengatakan tentang identitas dari God.

Gambaran Tujuan God?

Yang menarik dari chapter ini adalah apa yang membuat Psykos ketakutan atau paranoid setelah dia melihat apa yang terjadi pada masa depan. Seperi yang disebutkan di atas, dalam chapter 176 ini Psykos melihat ke masa depan dan bumi nampak hancur. Menurut penglihatannya, manusia adalah penyebab dari semua kekacauan di bumi. Hal ini karena sifat manusia yang hanya terus berkembang biak.

Menurutnya, kehancuran bumi ini bisa dicegah dengan cara menghancurkan seluruh umat manusia dan memulai semuanya dari awal lagi. Hal ini seolah sesuai dengan apa yang Shibabawa ramalkan sebelumnya, di mana pada masa depan terdapat bencana besar yang menghancurkan bumi. Namun, sebelum dia tahu penyebabnya, Shibabawa terlebih dahulu meninggal akibat terkejut dengan apa yang dia lihat dan tersedak.

Apa yang Fubuki lihat dan juga Shibabawa lihat mungkin adalah tujuan dari God di bumi ini. Dia mungkin merasa bahwa manusia sudah terlalu banyak jumlahnya. Bukannya menjaga bumi, justru manusia malah semakin merusak dan kemudian menghancurkannya. Karena itulah, manusia tersebut kemudian perlu dimusnahkan dan kemudian memulai lagi semuanya dari awal.

6

Dalam artikel sebelumnya, terdapat pembahasan mengapa God mencari avatar atau wadah sempurna. Salah satu alasannya adalah sebagai kepanjangan tangannya untuk menghancurkan umat manusia. Selain itu, ada juga teori lain yang menyebutkan jika God sengaja memberikan kekuatan kepada manusia untuk saling menghancurkan satu sama lain menciptakan kekacauan besar di bumi.

Dan petunjuk yang paling jelas adalah bagaimana God setuju dengan pendapat Homeless Emperor dahulu, bahwa manusia adalah makhluk rendah yang perlu dimusnahkan. Ini pun jadi alasan mengapa God memberikan kekuatan kepada Homeless Emperor sebelum kemudian dia tewas karena dianggap gagal menjalankan tugasnya. Apa yang akan terjadi selanjutnya antara Fubuki dan Psykos? Kita nantikan saja di chapter selanjutnya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.