Transformers adalah sebuah franchise yang menghadirkan banyak robot raksasa, yang saling bertarung untuk menentukan nasib mereka. Di sepanjang ceritanya, kita disuguhkan dengan perang saudara antara Autobots dan Decepticons, di mana Autobots digambarkan sebagai pahlawan yang berusaha menyelamatkan Cybertron dan Bumi. Sudah banyak Transformers yang diperkenalkan dalam franchise ini. Namun yang menjadi pertanyaan adalah siapa di antara mereka yang paling kuat? Nah berikut adalah beberapa Transformers paling kuat yang pernah dimunculkan. Siapa saja mereka? Simak berikut ini Geeks!

Omega Supreme

Mendengar namanya saja, semua orang langsung mengetahui bahwa Omega Supreme adalah sosok yang kuat. Omega Supreme dikenal sebagai penjaga Cybertron. Dia tidak banyak bicara dan lebih memilih banyak diam. Sebagai salah satu karakter terkuat, wajar jika Optimus Prime dan Autobots lainnya mengandalkan Omega Supreme untuk menjadi garis pertahanan terakhir di saat kritis. Ukuran tubuhnya pun sangat besar, yang memungkinkannya untuk melawan Decepticons dengan mudah. Selain bentuk fisik  yang menunjang, Omega Supreme juga memiliki berbagai senjata penghancur yang dapat menimbulkan kerusakan masif pada musuh. Salah satu kalimat ikoniknya adalah “Omega Supreme selalu siap”. Dan benar saja, dia akan selalu membela orang-orang yang dia sayangi, dan tidak pernah lengah.

Rodimus Prime

Di film Transformers: The Movie, Optimus Prime diceritakan tewas di babak pertama filmnya. Nah setelah kematian tragis Optimus Prime, Rodimus Prime kemudian terpilih sebagai pemimpin baru Autobots. Buat Geeks yang belum tahu, Rodimus Prime awalnya bernama Hot Rod. Dia sangat memimpikan untuk bisa menjadi setangguh Optimus Prime yang tewas dalam perang. Dan setelah menggunakan Matrix milik Optimus Prime, Hot Rod akhirnya berubah menjadi Optimus Prime. Sejak itulah dia mulai memimpin Autobots, sebelum akhirnya Optimus Prime dihidupkan kembali. Kehebatan Rodimus Prime sudah tidak diragukan lagi karena ia pernah menghabisi Galvatron dengan sangat mudah.

Vector Prime

Miliaran tahun lalu, makhluk bernama Primus menciptakan tiga belas Transformers untuk membantunya dalam pertempuran melawan Unicron yang jahat. Masing-masing dari ciptaan Primus tersebut menggunakan nama Prime. Nah salah satu dari ketiga belas Transformers yang diciptakan Primus adalah Vector Prime. Vector Prime sangat tua, sehingga dia sering disebut sebagai Autobot pertama. Namun walau usianya sudah tidak muda lagi, Vector Prime adalah petarung yang kuat. Dan setelah melepaskan Matrix of Leadership, dia memilih menjadi penjaga ruang dan waktu. Karena itulah dia juga memiliki kemampuan melakukan perjalanan waktu dan memanipulasi waktu.  Sepanjang hidupnya, Vector Prime sudah sering membantu Autobots dalam melawan Decepticons.

Grimlock

Dalam film Age of Extinction, kita bisa melihat saat Optimus Prime menunggangi Grimlock. Dia sebenarnya adalah salah satu Autobot terkuat yang pernah muncul dalam filmnya. Tetapi yang membedakan dengan Autobots lainnya, Grimlock tidak memiliki kecerdasaan, kesabaran, dan cenderung brutal. Dia pernah memotong kepala musuhnya dan menghancurkannya berkeping-keping. Nah karena terlalu brutal, sempat timbul dugaan bahwa Grimlock sebenarnya adalah Decepticons. Tetapi sebenarnya, Grimlock juga sangat membenci Decepticons karena mereka selalu merebut kekuasaan untuk keuntungan mereka sendiri, dan karena itu Grimlock berusaha menghancurkan Decepticons.

Megatron

Diantara nama-nama di atas, sepertinya Megatron adalah yang paling familiar ditelinga kita. Yap, dialah musuh abadi Autobots dan Optimus Prime. Jutaan tahun yang lalu, planet Cybertron sedang merayakan zaman keemasan mereka, dimana semua robot hidup makmur dan kehidupan mereka berkembang pesat. Namun Megatron tidak setuju dengan semua itu dan memilih memberontak. Itulah yang akhirnya memicu peran saudara Autobots dan Decepticons. Di Bumi, Megatron ingin memperbudak manusia dan membangun ulang Cybertron. Dia sosok yang kejam dan rela membunuh siapapun yang menghalangi jalannya. Parahnya, Megatron mengklaim bahwa dia membunuh demi kebaikan Transformers. Tentu saja selain sebagai villain, dia memiliki sifat licik, jahat, dan menghalalkan segala cara untuk mendapatkan kekuatan.

Galvatron

Mungkin sebagian Geeks berpikir bahwa Galvatron dan Megatron adalah sama. Tetapi pada kenyataannya mereka sangat berbeda. Memang setelah kematian Megatron, dia terlahir kembali dalam wujud Galvatron, tetapi itu tidak menjadikan mereka sama. Jika Megatron sudah cukup kejam, nah Galvatron jauh lebih kejam lagi. Dia akan membawa kematian dan kehancuran bagia semua yang menghalanginya. Lebih buruknya lagi, dia bisa menjadi gila dan bahkan haus akan darah. Selain memiliki kepribadian yang baru, Galvatron juga diberkahi beberapa peningkatan seperti persenjataan, armor, dan kekuatan. Oleh sebab itulah Autobots lebih takut kepada Galvatron ketimbang Megatron.

Optimus Prime

Sebagai pemimpin utama Autobots, tentu Geeks sudah mengetahui sosok satu ini. Dia adalah Optimus Prime. Dia sangat cocok menjadi pemimpin karena tak mengenal rasa takut. Selain itu dia menjadi Autobots yang paling bijak di Bumi. Optimus Prime juga sudah bertahun-tahun memimpin Autobots, bahkan kepemimpinannya sudah terjadi sejak Megatron memulai perang. Optimus Prime memang memiliki banyak versi atau inkarnasi, tetapi kekuatan, kemurnian, dan keterampilannya dalam pemimpin selalu sama. Sebagai seorang pemimpin, Optimus Prime juga pernah melakukan berbagai pengorbanan heroic, yang membuatnya selalu dicintai oleh Autobots.

Predaking

Jika Autobots memiliki Dinobots, Decepticons justru memiliki Predacons. Mereka memiliki bentuk fisik seperti hewan liar, dan menaruh kebencian terhadap Optimus Prime. Predacons juga dapat dibentuk menjadi Transformers yang jauh lebih besar, bernama Predaking. Yang membuat Predaking berbahaya adalah setiap Predacons yang bergabung membentuk Predaking memiliki tujuan yang sama. Dengan demikian, Predaking memiliki satu visi yang sama. Sebagai Predacon, Predaking memiliki kecintaan yang besar untuk berburu. Selain itu, dia juga memiliki senjata masif, kekuatan, dan naluri hewan yang tinggi. Oleh sebab itulah Predaking dianggap sebagai Decepticons yang paling mematikan.

Unicorn

Awalnya, ada dua sosok terkuat yang pernah hidup di semesta Transformers. Sosok pertama adalah Primus, yang menciptakan Transformers seperti yang kita kenal sekarang. Sementara itu sosok kedua adlaah Unicron, di mana ia ingin mengakhiri semua kehidupan dan menciptakan alam semesta untuk dirinya sendiri, di mana dialah yang menjadi pusatnya. Sebagai makhluk kosmik, Unicron mampu melakukan perjlanan lintas alam semesta. Dia juga mampu melahap planet dan dia sudah memakan 22% alam semesta. DIa juga petarung terhebat di dunia Transformers, bahkan mengalahkan saudaranya Primus. Tak jarang Unicron membentuk pasukkannya sendiri, dan memberi mereka peningkatan kekuatan jika mereka bersedia mengabdi dengannya. Tetapi sebenarnya itulah adalah tipu daya Unicron karena jika semua rencananya berhasil, tidak akan ada yang selamat, termasuk anak buahnya sendiri.

Primus

Mungkin Unicron adalah petarung terhebat di dunia, tetapi Primus memiliki kelebihan yang tidak dimiliki Unicron yaitu kepintaran. Jika Unicron dapat melintasi banyak alam semesta sesuka hati, sementara Primus dapat secara bersamaan ada di semua alam semesta, di setiap saat. Dia jugalah yang menciptakan Transformers dan menciptakan Matrix of Leadership yang mengandung esensi penting dari Primus. Itulah sebabnya setelah seorang menggunakan Matrix of Leadership, maka aka nada peningkatan kekuatan yang signifikan. Nah dalam cerita Transformers, Primus memutuskan untuk mengubah dirinya menjadi planet Cybertron. Dari sanalah semua robot diciptakan. Namun salah satu dari tiga belas makhluk yang diciptakan Primus malah balik melawannya dan bekerja sama dengan Unicron.

Itulah dia Geeks beberapa Transformers paling kuat yang pernah muncul. Tentu saja Unicron dan Primus ada dalam urutan pertama karena kedua bersaudara tersebut adalah sumber kekuatan yang ada dalam semestanya. Di antara para Transformers tersebut, mana yang menjadi favorit kalian Geeks?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/