Terhitung dari tahun 1939, sampai hari ini usia Marvel Comics kurang lebih telah menginjak 83 tahun. Selama itu juga mereka telah mempekenalkan ratusan bahkan mungkin ribuan karakter yang eksis dengan kisahnya masing-masing di Marvel Univese. Mulai dari karakter yang sangat populer di seluruh dunia, sampai karakter minor yang mungkin sekarang sudah jarang tampil. Berbicara tentang karakter populer, sebenarnya ada juga beberapa karakter yang saat ini telah sepenuhnya menghilang. Bisa dibilang keberadaannya telah dihapus oleh Marvel, seperti para karakter yang akan kita bahas kali ini.

3-D Man

3-D Man sebenarnya adalah karakter Marvel yang cukup populer pada tahun 50-an. Kisah originnya juga terbilang cukup unik, di mana 3-D Man aslinya adalah kakak beradik bernama Chuck dan Hal. Ketika mereka berkonsentrasi, tubuh mereka dapat berubah menjadi 3-D Man yang semua kekuatannya bisa meningkat tiga kali lipat dari manusia biasa, termasuk kecepatan. Sayangnya salah satu Speedster yang pernah menjadi bagian dari Avengers ini sekarang tidak pernah terlihat lagi. Karena Hal memutuskan pensiun, sementara Chuck menghilang tanpa penjelasan bahkan sampai sekarang.

Micronauts

Micronauts adalah set mainan Natal dari Mego Corporation yang terdiri dari sejumlah superhero. Pada tahun 70-an Marvel pernah ‘meminjam’ para karakternya untuk dijadikan kisah komik baru mereka. Di mana Micronauts digambarkan sebagai tim superhero yang eksis di Microverse, yang sekarang lebih dikenal sebagai Quantum Realm. Dalam petualangannya mereka bahkan pernah bekerja sama dengan Fantastic Four untuk mengalahkan villain Microverse bernama Psycho-Man. Meskipun populer, pada tahun 1980 karakter Micronauts asli dihapus dari Marvel karena mainannya sudah tidak lagi diproduksi.

Obnoxio the Clown

Karakter berikutnya yang akhirnya dihapus oleh Marvel adalah Obnoxio the Clown. Sejak kemunculan perdananya di majalah komedi Marvel berjudul Crazy, Obnoxio digambarkan sebagai badut ‘kotor’, baik dari segi penampilannya maupun dari perbuatan dan perkataannya. Dia juga empat muncul di komik one-shot, di mana dia bekerja sama dengan X-Men untuk mengalahkan villain mutan berkekuatan ‘rasa’ es krim bernama Eye-Scream. Penampilan terakhirnya terjadi di komik parodi Marvel Universe berjudul What The…?sejak saat itu dia tidak pernah muncul lagi, para penggemar juga sepertinya tidak terlalu mengharapkan karakternya kembali.

Power Pack

Tim superhero muda Power Pack sebenarnya terbilang cukup populer ketika mereka pertama kali muncul pada tahun 80-an. Tim yang terdiri dari Alex, Julie, Jack, dan Katie Powers ini diceritakan mendapatkan kekuatan unik dari bangsa alien berbentuk kuda yang disebut Kymellian. Dalam sejarah Marvel, mereka pernah diceritakan terlibat dalam peristiwa Mutant Massacre bersama para X-Men dan mutan lainnya. Anehnya, sekarang keberadaan para karakter Power Pack seperti dihapus dari Marvel Univese. Di mana tidak ada seorang pun karakter Marvel yang mengingat keberadaan mereka.

Scourge

Pertama kali muncul pada tahun 80-an, Scourge of the Underworld atau yang lebih dikenal dengan sebutan Scourge adalah karakter Marvel yang dimaksudkan untuk membunuh para villain minor. Untuk melakukannya Scourge biasanya akan menyamar untuk mendekati para villain lalu menembaknya sambil meneriakan “keadilan telah ditegakkan.” Menariknya dia hanya melakukan hal tersebut kepada para villain yang sudah tidak lagi berhasrat melawan superhero. Karakter Scourge hanya aktif sekitar satu tahun dan saat ini karakternya sudah tidak pernah lagi diceritakan, seakan-akan telah dihapus oleh Marvel yang ingin menyembunyikan identitas asli Scourge.

Ultragirl

Kemunculan Ultragirl pada tahun 90-an sebenarnya cukup menarik perhatian, di mana karakter bernama asli Suzy Sherman ini digambarkan sebagai manusia setengah Kree. Kekuatan utamanya mirip seperti Captain Marvel yang bisa terbang dan mempunyai kekuatan fisik super yang lebih hebat dari pria. Sayangnya, tidak lama setelah debutnya, karakter Ultragirl perlahan-lahan mulai menghilang, seperti dihapus oleh keberadaan superhero Marvel lainnya. Terakhir kali dia terlihat adalah ketika Ultragirl mengungkapkan keinginnya untuk mengurus anak Luke Cage dan Jessica Jones yang masih kecil. Namun, sementara anak Luke masih eksis di Marvel, Ultragirl justru tidak pernah terlihat lagi.

Itulah para karakter Marvel yang sekarang sudah tidak pernah muncul lagi, seakan-akan keberadaannya telah dihapus. Mengingat saat ini ada lebih banyak karakter yang jauh lebih populer dari mereka, kecil kemungkinan bagi para karakter ini untuk kembali. Misalnya Micronauts yang sekarang mungkin hak intelektualnya telah kembali ke Mego Corporation, yang entah seperti apa nasibnya sekarang. Seandainya ada kesempatan dan disuruh memilih, menurut kalian siapa di antara para karakter ini yang layak untuk dimunculkan kembali di Marvel Universe, Geeks?