Meskipun ada beberapa karakter yang memiliki kemampuan Haki dahsyat, tapi ada juga ternyata karakter yang merupakan pengguna Haki terlemah. Dalam hal ini, para karakter tersebut tidak mampu memaksimalkan kemampuan Haki mereka. Bahkan, meskipun mereka memiliki kemampuan dahsyat tersebut faktanya mereka harus kalah dalam sebuah pertarungan. Inilah yang membuat mereka dianggap sebagai pengguna Haki terlemah.

Haki adalah sebuah kekuatan yang terdapat pada diri seseorang dalam cerita One Piece. Meskipun begitu, tidak semua orang bisa mengakses kekuatan Haki. Ada yang memang bakat dalam dirinya dan kemudian muncul sendiri, bisa juga dibangkitkan melalui latihan yang sangat keras dan lama. Haki juga merupakan salah satu kekuatan andalan para karakter selain buah iblis. Namun, tidak semuanya mampu memaksimalkan kekuatan tersebut. Berikut adalah karakter pengguna Haki terlemah.

Marguerite

Marguerite adalah salah satu karakter yang diperkenalkan oleh Eiichiro Oda dalam arc Sabaody. Di arc tersebut juga Marguerite menjadi salah satu suku Kuja yang menjadi sorotan setelah dia memperlihatkan simpatinya terhadap Luffy. Sebagai bagian dari suku Kuja dan kru dari kelompok bajak laut Kuja, Marguerite tentunya memiliki kemampuan Haki. Dia juga diyakini ahli dalam hal tersebut.

Namun, baru sekitar dua tahun lalu Marguerite bukanlah bagian dari kelompok bajak laut Hancock, yang artinya level Haki Marguerite tidak sehebat yang diperkirakan. Sayangnya, Marguerite sendiri sangat jarang untuk muncul dalam ceritanya. Hal ini pun membuat para fans penasaran sebenarnya sejauh mana level kemampuan Haki miliknya. Yang pasti, kekuatannya berada di bawah kru Topi Jerami.

Bellamy

Nama Bellamy mungkin tidak asing untuk Geeks, karena dia adalah salah satu karakter yang sudah muncul sejak awal serinya. Dia sempat muncul sebelum arc Skypiea, di mana Bellamy menertawakan mimpi Luffy untuk pergi ke pulau langit tersebut. Dalam arc Dressrosa, para fans dikejutkan dengan kemunculan kembali Bellamy yang kemudian bergabung dengan kelompok bajak laut Doflamingo.

Seperti yang diperlihatkan di arc Dressrosa, Bellamy diketahui memiliki kemampuan dalam dua jenis Haki yaitu Observation haki dan Armament Haki. Meskipun begitu, sayangnya, Bellamy nampaknya tidak terlalu menguasai penggunaan kedua Haki tersebut. Hal ini dibuktikan saat dia kalah dalam pertarungan di Colosseum. Bahkan, Bellamy pun menerima serangan musuh dengan mudah. Padahal, dengan Armament Haki yang dia miliki Bellamy bisa saja menahan serangan tersebut.

Boo

Boo merupakan adik paling muda dari Don Sai yang sekaligus juga pemimpin ke 13 dari Happo Navy. Kelompok bajak laut Happo Navy sendiri merupakan bajak laut keluarga yang dikuasai oleh keluarga Don Chinjao. Keluarga Chinjao merupakan salah satu keluarga yang paling berbahaya dalam cerita One Piece, di mana mereka menjadi pemimpin sebuah kelompok bajak laut Happo Navy. Mereka juga merupakan keluarga yang ahli dalam hal bela diri, Hasshoken.

Untuk masalah kekuatan fisik, Boo memang bisa dibilang cukup kuat di mana dia mampu menghadapi para petarung kuat di Colosseum. Meskipun Boo juga mampu menggunakan Armament Haki dengan cukup baik, tetapi kemampuan Haki miliknya tersebut tidak cukup kuat untuk bisa menembus pertahanan Kelly Funk. Padahal, di turnamen itu juga saat sang kakak, Don Sai, berhadapa dengan Kelly Funk dia mampu melukainya dengan Armament Haki.

Tashigi

Tashigi merupakan salah satu angkatan laut yang cukup populer di kalangan fans One Piece. Hal ini berkat penampilannya yang menarik serta kemampuan berpedang yang dia miliki. Sebagai wakil dari Smoker, yang terkenal selalu senang dengan konflik atau pertarungan, Tashigi jelas memiliki kekuatan yang tidak bisa diremehkan. Dan sebagai anggota angkatan laut dengan pangkat kapten, tidak heran jika dia memiliki kemampuan Haki.

Selama time-skip berlangsung, Tashigi juga ternyata meningkatkan kemampuannya terutama dalam kemampuan Armament dan Observation Haki. Seperti halnya Bellamy, meskipun Tashigi menguasai kedua jenis Haki tersebut penggunaannya sangat lemah. Hal ini bisa dilihat dalam arc Punk Hazard. Pada saat itu, Smoker mengatakan bahwa Haki dari Tashigi tidak cukup kuat untuk menahan serangan dari Law, dan ternyata ucapan Smoker tersebut terbukti.

Helmeppo

Helmeppo memiliki merupakan salah satu angkatan laut dengan pangkat letnan dan juga merupakan rekan dari Koby. Dalam ceritanya, kita melihat bagaimana Helmeppo selalu bersama dengan Koby. Dia sudah menjadi partner dari Koby, seperti yang kita lihat dalam pertempuran Marineford. Masih belum diketahui, sampai sejauh mana kekuatan Helmeppo namun dia menguasai teknik Haki.

Helmeppo mempelajari teknik Haki berkat bantuan dari Bogard dan juga Garp, saat timeskip terjadi. Masih belum diketahui apakah Helmeppo juga bisa menggunakan kemampuan Armament Haki. Helmeppo sempat mengatakan bahwa dia mampu menggunakan Observation Haki saat arc Reverie. Namun, dia sendiri mengakui bahwa kemampuan Haki miliknya lebih lemah dibandingkan milik Koby. Hal ini terbukti dari Helmeppo yang tidak bisa mendeteksi topedo atau kehadiran bajak laut lainnya, seperti yang dilakukan oleh Koby saat menyelamatkan kapal milik keluarga raja Riku saat hendak menuju Mary Geoise.

Sejauh ini, Oda Sensei sudah memperlihatkan bagaimana Haki ternyata memiliki peran penting dalam cerita One Piece. Bahkan, kemampuan Haki tersebut diperlihatkan jauh lebih dahsyat dari kekuatan buah iblis yang banyak muncul di cerita sebelum timeskip. Meskipun begitu, ternyata ada juga pengguna buah Haki yang lemah yang tidak bisa memanfaatkan kekuatannya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.