Dalam cerita Saint Seiya terdapat beberapa ksatria zodiak yang diketahui memiliki kekuatan dahsyat dan dianggap menjadi yang terkuat. Dengan nama lain Knights of the Zodiac, seri karya Masami Kurumada ini diadaptasi dari seri manganya. Saint Seiya bercerita tentang sekelompok pria yang mendapatkan panggilan dari Athena untuk melindungi dunia dan menjadi sosok ksatria yang loyal kepada sang dewi.

Seiya adalah protagonis utama dalam ceritanya, yang merupakan seorang pemuda yang berubah menjadi Pegasus Knight of Athena saat mencari adik perempuannya yang hilang. Namun, dalam ceritanya sendiri ada banyak karakter Saint yang kuat. Meskipun begitu, tidak semua ksatria tersebut dianggap yang paling kuat. Berikut adalah beberapa karakter Saint Seiya yang dianggap memiliki kekuatan dahsyat.

Leo Aiolia

Aiolia adalah sang ksatria berzirah emas yang terinspirasi dari rasi bintang Leo. Dia adalah sosok ksatria yang penuh dengan rasa bangga dalam dirinya dan sosok yang memang setia terhadap Athena dan para kastria lainnya. Aiolia sendiri merupakan adik paling muda dari Aiolo, seorang ksatria Athena yang harus “dipecat” setelah mengkhianati sang dewi. Hal ini membuat Aiolia berusaha untuk mengembalikan nama baik keluarganya.

Kemampuan utama dari Aiolia adalah menggunakan kekuatan petir dahsyat dengan memanfaatkan energi Cosmo miliknya. Ada dua teknik yang selalu dia gunakan; Raitoningu Boruto yang menembakan listrik dahsyat ke arah musuh dan Raitoningu Purazuma, yang jauh lebih mengerikan dan mematikan di mana Aiolia akan mengirimkan serangan petir bertubi-tubi yang membuat mereka menjadi abu.

Gemini Kanon

Kanon adalah ksatria zodiak yang juga sangat kuat. Dia adalah adik dari Saga dan memiliki kekuatan dan kedahsyatan layaknya sang kakak. Meskipun begitu, Kanon dianggap jauh lebih kuat dari sang kakak dan bukan hanya seorang petarung yang hebat dan tangguh. Sayangnya, di balik kekuatan dahsyat sosok Kanon ada kepribadiannya yang terkenal sangat buruk.

Meskipun begitu, Gemini Kanon selalu berusaha dengn keras untuk memperbaiki sifat dan perilakunya tersebut. Semuanya demi sang kakak, Saga. Gemini Kanon memiliki sebuah teknik bertarung yang sangat epik, yang dia kembangkan berasarkan saudara-saudaranya yaitu Galaxian Explosion dan Genrou Ken.

Aries Shion

Dari semua ksatria zodiak yang ada, Aries Shion merupakan ksatria yang paling bijak di seri Saint Seiya. Sifat dan perilaku dari Shion sangat berbanding terbalik dari penampilannya yang sangat mencolok dengan armor emas dan rambut panjang terurainya. Kebijaksanaan Shion ini muncul karena pengalaman yang dia alami. Dia adalah salah satu dari ksatria yang selamat dari pertempuran suci sebelumnya.

Karena itulah, Shion memiliki pengalaman bertarung yang luar biasa dan dia begitu menghormati rekan-rekannya sesama kasatria zodiak. Shion terkenal karena kemampuan energi Cosmo yang dia manfaatkan untuk melakukan penyembuhan dan telekinesis. Dia juga diketahui memiliki teknik terkuat yaitu Stardust Revolution, yang menembakan banyak sekali bintang ke arah musuh. Juga, Chrystral Wall yaitu sebuah pelindung yang mampu menangkis berbagai serangan musuh.

Gemini Saga

Gemini Saga adalah seorang ksatria zodiak yang terkenal karena reputasi tingginya serta level kekuatan yang hampir tidak terbendung. Dia merupakan sosok yang tidak terkalahkan dalam medan pertempuran, dan dianggap menjadi ksatria berjubah emas paling kuat yang ada dalam sejarah. Meskipun hal tersebut masih bisa diperdebatkan, namun memang kekuatannya yang dahsyat tidak bisa dipungkiri.

Saga terkenal karena kemampuan dan kekuatan bertarungnya yang luar biasa. Misalnya, penggunaan teknik Galaxian Explosion yang memanfaatkan energi Cosmo dalam jumlah besar yang kemudian menghasilkan efek ledakan dahsyat. Ledakan tersebut akan juga menghasilkan gelombang kejut, yang mana semua hal yang ada di sekitarnya akan hancur akibat terkena gelombang kejut tersebut.

Libra Doko

Libra Doko adalah salah satu ksatria zodiak paling tua dan paling dihormati di seluruh seri Saint Seiya. Libra Doko diketahui pernah berlatih bersama Dragon Shiryu dan menjadi salah satu ksatria yang selamat dari perang suci sebelumnya. Berkat kekuatan dan kemampuan serta pengalaman yang dia miliki, Doko berhasil mencapai titel master dari sebuah jenis baju zirah atau armor yang ada.

Sosok Libra Doko benar-benar sangat legendaris, dan yang menarik adalah dia berbeda dari kebanyakan ksatria zodiak. Doko tidak memanfaatkan manipulasi energi Cosmo, melainkan memanfaatkan energi dan kekuatannya sendiri. Doko adalah sosok yang ksatria berjubah emas paling kuat selain Saga dan Shion. Teknik dahsyat yang dia miliki adalah ketika dia berubah menjadi seratus naga yang membuat musuhnya hancur seketika.

Virgo Shaka

Dikenal memiliki julukan ksatria dari para ksatria, Shaka dikenal sebagai Saint atau ksatria zodiak yang paling kuat. Kekuatannya dianggap setara dengan seorang dewa. Dia adalah ksatria berjubah emas yang paling baik dan elegan, di mana dia selalu memancarkan aura kepercayaan diri dan ketenangan. Level kekuatannya sedikit di atas Saga dan Doko. Shaka bahkan mampu setara dengan Ikki.

Bahkan, bukti kedahsyatan dari Virgo Shaka adalah bukti kombinasi dari empat ksatria zodiak lain, termasuk Saga, untuk bisa melumpuhkan Shaka yang level kemampuan dasarnya pun sudah tidak terhentikan. Shaka merupakan ksatria yang sangat ahli dalam penggunaan manipulasi energi Cosmo. Dia akan menggunakan tekniknya yaitu memanfaatkan indera mereka untuk menghancurkan dari dalam.

Phoenix Ikki

Siapa ksatria zodiak paling kuat dalam seri Saint Seiya memang akan selalu menjadi perdebatan panjang para fans. Namun, Phoenix Ikki adalah karakter yang paling sering dianggap ksatria zodiak paling kuat dan populer. Bahkan, hal ini juga diperlihatkan dalam seri terbaru di Netflix. Ikki sendiri merupakan salah satu anggota ksatria berjubah perak yang terkenal karena kekuatan dahsyat dan mematikan.

Di sepanjang karirnya Ikki sudah banyak dan sering berhadapan dengan para ksatria lainnya yang jauh lebih kuat. Bahkan, Ikki juga pernah bertarung melawan para dewa. Namun, dia membuktikan diri tetap jadi yang terkuat meskipun pengalamannya tidak terlalu banyak. Illusion Demon Fist adalah teknik yang jadi andalan Ikki, yang mampu menghancurkan pikiran musuh. Yang luar biasa adalah kekuatan Ikki akan bertambah berkali-kali lipat setelah dia kalah dalam pertempuran.

Para ksatria zodiak dalam cerita Saint Seiya adalah mereka orang-orang yang terpilih. Namun, tidak semua dari mereka memiliki kekuatan dan pengalaman yang sama. Dan contoh di atas adalah bukti nyata para ksatria terkuat di cerita Saint Seiya yang memang diketahui memiliki kekuatan dan kemampuan luar biasa. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.