Sosok Kabuto mungkin akan bantu Sasuke bangkitkan kembali Rinnegan miliknya yang hilang akibat ulah Momoshiki. Namun, bagaimana caranya? Pertarungan panjang dan melelahkan melawan Isshiki Otsutsuki akhirnya selesai, setelah Isshiki tewas seperti diperlihatkan di manga Boruto: Naruto Next Generation chapter 53. Sebelumnya, Isshiki diperlihatkan sangat superior meskipun melawan Sasuke serta Naruto sekaligus.

Isshiki terbukti bukan berada di level yang sama dengan Sasuke dan Naruto, di mana kekuatannya jauh lebih unggul. Dengan menggunakan Baryon Mode, Naruto sendiri kemudian berhasil mengalahkan Isshiki dengan bantuan Kawaki. Namun, tanpa diduga Momoshiki kembali bangkit di tubuh Boruto. Hal ini pun membuatnya kemudian melukai mata Sasuke yang menyebabkan hilangnya Doujutsu Rinnegan yang dia miliki.

Para fans pun terkejut mengetahui hal itu. Namun, di sisi lain, mereka juga penasaran apakah Sasuke kemudian bisa membangkitkan Rinnegan lainnya. Jika ya, bagaimana caranya Sasuke melakukan hal tersebut? Terdapat banyak teori yang membahas hal ini, dan salah satu yang menarik adalah bagaimana sosok Kabuto mungkin bisa jadi sosok penting yang mewujudkan hal itu.

Kedahsyatan Kabuto Sang Ninja Medis

Nama Kabuto mungkin tidak asing di telinga Geeks, apalagi bagi mereka yang sudah mengikuti cerita Naruto. Kabuto Yakushi merupakan salah satu villain penting dalam seri Naruto, di mana dia berperan sebagai asisten dari Orochimaru. Di sepanjang serinya, kita melihat bagaimana Kabuto selalu setia untuk mendampingi Orochimaru untuk menjalankan berbagai misi jahatnya.

Meskipun secara garis besar Kabuto adalah salah satu shinobi kuat dengan kemampuan yang dia miliki, namun sosoknya lebih terkenal sebagai seorang ninja medis yang sangat dahsyat. Bahkan, Tsunade sekalipun mengakui jika Kabuto adalah sosok yang luar biasa dalam hal medis. Salah satu bukti kedahsyatannya adalah dalam perang besar ninja keempat dia memiliki peran penting di mana Kabuto membangkitkan para shinobi dengan teknik Edo Tensei.

main-qimg-69a678fc8e301e90946562d0331c609c-lq

Kemampuan medis tersebut dia dapatkan dari ibu angkatnya, Nono Yakushi. Selain mampu mempraktikan teknik Edo Tensei, Kabuto juga menciptakan Yin Healing Wound Destruction, sebuah teknik yang sangat kompleks di mana hampir tidak ada orang lain yang bisa melakukan teknik tersebut, karena butuh kemampuan observasi yang luar biasa. Teknik ini pada dasarnya membuat Kabuto bisa membaca gerakan dan meminimalisir luka yang diterima.

Namun, setelah Kabuto kalah di tangan Itachi dan Sasuke, dan juga disadarkan lagi oleh Orochimaru – yang saat itu telah menjadi baik – Kabuto sadar bahwa apa yang telah dia lakukan sudah sangat berlebihan. Kabuto sangat menghormati Orochimaru, sebab dia adalah satu-satunya orang yang telah menolong Kabuto di masa lalu. Dan ini juga yang akhirnya membuat Kabuto berubah menjadi lebih baik.

Bantu Sasuke Bangkitkan Rinnegan?

Dengan kemampuan medis yang dimiliki oleh Kabuto, rasanya cukup masuk akal jika dia menjadi sosok penting yang bisa bangkitkan kembali Rinnegan milik Sasuke. Selain itu, dengan pengalamannya sebagai asisten dari Orochimaru, serta pengalamannya dalam hal lain, tentunya membuat Kabuto memiliki banyak pengetahuan tentang berbagai hal seperti Rinnegan. Kabuto adalah saksi hidup yang tahu bagaimana Madara bisa menanamkan sel Hashirama ke dalam tubuhnya.

Juga, dia tahu bagaimana Madara bisa menggabungkan Rinnegan di matanya. Kabuto sempat menemukan jasad Madara yang sudah tidak lagi memiliki Rinnegan di matanya melainkan Sharingan. Namun, Kabuto kemudian menemukan fakta mengejutkan yaitu ternyata Madara sudah menanamkan sel Hashirama di dalam tubuhnya. Kabuto juga diketahui pernah melakukan modifikasi terhadap tubuh Madara, agar bisa sama seperti tubuhnya yang dahulu/lama.

main-qimg-2628a37696621d513b3c182841bcfb4e-lq

Berdasarkan hal tersebut Kabuto sudah tahu bagaimana reaksi pada tubuh Madara ketika di dalam tubuhnya ditanamkan sel Hashirama. Pengalaman yang Kabuto dapatkan saat memodifikasi tubuh Madara akan membuat dia memiliki pengetahuan yang lebih dalam tentang cara membangkitkan Rinnegan di tubuh Sasuke. Belum lagi Kabuto memiliki obsesi yang besar terhadap Hagoromo dan klan Otsutsuki.

Berdasarkan hal tersebut, artinya Kabuto sudah memiliki modal yang sangat besar untuk bisa membantu Sasuke membangkitkan kembali Doujutsu Rinnegan. Bahkan, jika Kishimoto mau bisa saja dia menghadirkan plot di mana Kabuto kembali bertemu dengan Orochimaru dan bekerja sama dengan Katasuke – atau bahkan Amado – untuk proyek dahsyat ini. Tentunya hal ini akan jadi sesuatu yang menarik, selain juga memiliki nilai fan service yang besar.

Cara Kematian Sasuke?

Pasca Naruto mendapatkan Baryon Mode dalam pertarungan melawan Isshiki, banyak dari para fans yang juga kemudian berspekulasi jika Sasuke akan mengalami hal yang sama. Dalam hal ini, Sasuke mungkin akan mendapatkan peningkatan kekuatan paling besar di sepanjang ceritanya di franchise ini. Dan mungkin, hal tersebut akan menjadi momen “perpisahan” juga bagi Sasuke.

Boruto-1

Seperti yang Geeks ketahui, dalam alur cerita masa depan yang diperlihatkan di awal seri Boruto kita melihat bagaimana dunia shinobi khususnya Konoha hancur lebur. Nampak Boruto dan Kawaki yang masih berdiri diantara reruntuhan tersebut. Para fans sendiri menduga jika Naruto sudah tewas pada saat itu, berdasarkan dari ucapan Kawaki kepada Boruto yang akan mengirimkannya ke tempat Naruto berada.

Namun, selain Naruto, para fans juga menduga bahwa Sasuke pun sudah tewas pada saat itu. Petunjuk yang diperlihatkan adalah bagaimana Boruto menggunakan ikat kepala, jubah, dan bahkan pedang milik Sasuke. Berdasarkan hal tersebut, bisa jadi teori Sasuke dan Naruto akan tewas memang ada benarnya. Dan jika demikian, maka mungkin satu  peningkatan kekuatan terakhir bagi Sasuke, seperti halnya Baryon Mode Naruto, akan jadi momen perpisahan para fans dengan karakter tersebut. Peningkatan kekuatan terakhir tersebut adalah kembali bangkitnya Rinnegan di mata Sasuke. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah kalian setuju dengan hal ini?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.