Nama Sentomaru kembali muncul dalam cerita One Piece dan kembali menjadi perbincangan hangat para fans. Sentomaru kembali muncul dalam chapter 1068 setelah bertahun-tahun tidak muncul dalam cerita. Dan berdasarkan petunjuk yang muncul, kemungkinan dia akan memiliki peran penting kedepannya. Di chapter tersebut nampak Vegapunk sudah bersiap untuk menghadapi serangan CP0.

Vegapunk kemudian mengaktifkan beberapa Seraphim untuk membantu pertahanannya menghadapi CP0. Yang menarik adalah Vegapunk kemudian menyerahkan kendali dari Seraphim tersebut kepada Sentomaru. Tidak diketahui apakah Sentomaru memang berada di pulau Egghead atau di tempat lain. Sebagian Geeks mungkin ada yang lupa tentang siapa sosok Sentomaru. Lalu, siapa sosok Sentomaru tersebut? Berikut adalah penjelasannya.

Pengawal Vegapunk

Sentomaru merupakan pemimpin atau kapten dari divisi khusus di angkatan laut, yaitu Science Unit. Itu adalah unit yang khusus melakukan berbagai riset dan pengembangan teknologi, di mana Vegapunk menjadi pemimpin para ilmuwan tersebut. Selain itu, Sentomaru juga berperan sebagai sosok pengawal atau penjaga bagi Vegapunk. Namun, tidak diketahui sejauh mana hubungan mereka.

Sentomaru sendiri pertama kali muncul di arc Kepulauan Sabaody. Pada saat itu, dia tiba di pulau tersebut bersama Kizaru untuk menghancurkan para bajak laut Worst Generation. Sentomaru sering kali terlihat memimpin pasukan Pacifista, dan para Pacifista tersebut menuruti perintah dari Sentomaru. Dalam peristiwa itu, dia berhasil membuat kelompok Topi Jerami kewalahan dan menjadi awal mula timeskip di seri One Piece.

Sayangnya, pasca timeskip Sentomaru tidak lagi muncul dalam cerita. Terakhir kali Sentomaru muncul di Sabaody dan menjadi saksi bagaimana peningkatan drastis kekuatan dari Luffy. Dia terkejut melihat Luffy mampu menghancurkan Pacifista Kuma dengan kemampuan Hakinya. Di sisi lain, Sentomaru pun memiliki respek atau rasa hormat terhadap Luffy. Terbukti, dia menghancurkan bajak laut Demaro Black karena menirukan kelompok Topi Jerami.

karakter-one-piece-sentomaru-8f14d77d273cfbc4366257cf366ec5c8

Sentomaru sendiri mengatakan jika dirinya memiliki sistem pertahanan yang kuat, yang sulit untuk dilampaui oleh semua orang. Hal ini berkat kemampuan teknik bertarung sumo yang dia miliki. Fakta menarik Sentomaru adalah dia merupakan karakter yang pertama kali memperlihatkan bentuk dari Armament Haki. Saat itu, Sentomaru menggunakan teknik Ashigara Dokkoi, di mana dia menyerang Luffy tanpa menyentuhnya.

Luffy sendiri bahkan tidak mampu untuk menyerang, bahkan menyentuh Sentomaru, berkat kekuatan ini. Seiring berjalannya waktu, Sentomaru mungkin juga sudah melakukan peningkatan kekuatan. Bukan hanya Armament Haki, mungkin dia memiliki kekuatan atau kemampuan lain yang mungkin akan Oda hadirkan dalam chapter yang akan datang.

Sentomaru Akan Bantu Vegapunk?

Saat ini, situasi sulit sedang dialami oleh sang ilmuwan. Menurut informasi bocoran chapter 1068, pihak CP0 sudah berhasil menerobos masuk ke pulau Egghead. Rob Lucci bahkan berhasil menghancurkan salah satu kloning Vegapunk yaitu Pythagoras. Vegapunk sendiri berusaha untuk melakukan serangan balik dengan mengaktifkan Seraphim. Dan dia pun kemudian memberikan kendali Seraphim itu kepada Sentomaru.

Namun, masih menjadi pertanyaan besar apakah kemudian Sentomaru akan membantu Vegapunk? Pasca timeskip, Sentomaru sendiri resmi menjadi anggota penuh dari angkatan laut. Berdasarkan afiliasinya dengan World Government tersebut, menarik tentunya untuk melihat di pihak mana Sentomaru akan menentukan pilihan. Dan yang perlu menjadi pertimbangan adalah kita masih belum tahu sejauh mana hubungan mereka.

Meskipun begitu, ada kemungkinan jika Sentomaru akan membantu Vegapunk dalam hal ini. Mengapa? Karena, Sentomaru mungkin berpikir jika Vegapunk sudah memberikan banyak kontribusi bagi World Government. Mungkin juga Sentomaru berpikir jika alasan penyerangan Vegapunk tersebut tidak masuk akal. Itulah alasan mengapa dia memutuskan untuk membantu Vegapunk menghadapi CP0.

Sentomaru Bagian Dari SWORD?

Satu teori yang juga mungkin terjadi mengapa Sentomaru akan membantu Vegapunk hadapi CP0 adalah kemungkinan dia merupakan bagian dari SWORD. Dalam teorinya dijelaskan jika sebenarnya, Sentomaru kemungkinan merupakan bagian dari SWORD. Karena itulah, Vegapunk percaya terhadap sang karakter. Di sisi lain, kita juga melihat bagaimana respek yang diperlihatkannya terhadap Luffy.

Sentomaru mungkin juga bagian dari mereka para angkatan laut yang menganut sistem moral justice, seperti Kuzan dan lainnya. Dengan berbagai petunjuk yang ada, memang spekulasi jika Sentomaru bagian dari SWORD cukup masuk akal. Jika hal ini terbukti, artinya SWORD jauh lebih besar dari yang diduga selama ini. Kita nantikan saja ya Geeks apakah Sentomaru akan datang membantu Vegapunk dan juga apakah dia memang merupakan bagian dari SWORD.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.