Teori tentang buah iblis yang muncul selama ini kemungkinan besar adalah konspirasi yang dibuat oleh World Government. Tujuannya tidak lain untuk mengendalikan hal yang ada di dunia ini, agar tidak ada yang jauh lebih kuat dan berkuasa dari mereka. Seperti yang Geeks ketahui, buah iblis sudah menjadi salah satu hal yang penting dan ikonik dalam seri One Piece.

Bukan tanpa sebab memang, karena faktanya buah iblis sudah sejak awal serinya diperkenalkan oleh sang mangaka, Eiichiro Oda. Semenjak saat itu, One Piece selalu identik dengan keberadaan buah iblis dalam ceritanya. Dan yang juga tidak kalah menarik adalah para fans sendiri banyak menghadirkan spekulasi atau teori yang berkaitan dengan buah iblis. Salah satunya adalah tentang teori konspirasi buah iblis yang dibuat oleh World Government.

Teori Buah Iblis

Ada banyak teori tentang asal-muasal buah iblis yang muncul di kalangan fans. Salah satu yang cukup santer diperbincangkan adalah bagaimana buah iblis tersebut kemungkinan menyimpan jiwa sosok iblis, sesuai namanya. Untuk saat ini, memang kita masih belum tahu pasti tentang buah iblis yang mana Oda sendiri menjanjikan jika sosok Vegapunk akan mengungkap misteri tersebut.

Namun, terlepas dari misteri tersebut Oda Sensei sendiri menghadirkan sebuah penjelasan dalam ceritanya. Dalam chapter sebelumnya, kelompok CP9 sempat diberikan buah iblis oleh pihak World Government untuk mereka konsumsi. Pada saat itu, salah satu anggota mereka, Jabra, nampak ketakutan saat melihat buah iblis. Menurutnya, dia tidak bisa dekat-dekat dengan buah iblis tersebut.

Pasalnya, jika hal itu terjadi maka iblis dalam tubuhnya akan bertarung satu sama lain. Blueno sendiri kemudian meluruskan jika hal itu tidak akan terjadi. Apa yang Jabra ungkapkan adalah efek akibat memakan lebih dari satu buah iblis, di mana tubuh pengguna atau mereka yang memakannya akan meledak. Rob Lucci sendiri menjelaskan jika satu buah iblis sudah menjadi “kutukan,” maka memakan dua akan jadi sebuah kehancuran.

Jadi, pada intinya, teori buah iblis yang berkembang di dunia One Piece sejauh ini adalah bagaimana seseorang tidak boleh memakan lebih dari satu buah iblis. Karena, ketika seseorang memakan lebih dari satu buah iblis maka kekuatan mereka akan saling bertarung satu sama lain. Efeknya adalah tubuh mereka akan hancur berkeping-keping tanpa sisa.

Ciptaan Ancient Kingdom?

Seperti yang disebutkan di atas bahwa kita masih belum tahu dari mana asal-usul buah iblis yang ada di dunia One Piece. Banyak fans mengatakan jika buah iblis adalah teknologi dari luar bumi. Ada juga yang mengaitkannya dengan mitos iblis, dan sebagainya. Namun, bagaimana jika sebenarnya buah iblis adalah ciptaan manusia dalam hal ini adalah ciptaan dari Ancient Kingdom?

Dalam beberapa chapter terakhir ini di arc pulau Egghead, Oda Sensei menghadirkan berbagai fakta menarik terutama mengenai masa lalu. Misalnya, semua teknologi canggih yang ada di pulau tersebut berasal dari masa lalu yaitu 900 tahun yang lalu. Bahkan, dalam chapter 1067 juga terungkap jika robot raksasa yang Luffy temukan berasal dari era atau tahun yang sama.

Dan dalam informasi bocoran chapter 1068, terungkap jika Kerajaan Kuno atau Ancient Kingdom memiliki sumber energi misterius yang luar biasa yang coba Vegapunk tirukan. Berdasarkan penjelasan tersebut, bisa kita simpulkan jika Ancient Kingdom memiliki teknologi paling maju, paling canggih, dan paling modern. Dan ini juga yang kemudian menjadi dasar teori bahwa bisa saja buah iblis merupakan produk dari Ancient Kingdom.

Melihat bagaimana kedahsyatan teknologi dan hal menakjubkan lainnya rasanya bukan hal mustahil jika hal tersebut terjadi. Buktinya, Vegapunk hampir berhasil menciptakan buah iblis versinya sendiri berdasarkan ilmu pengetahuan tentang masa lalu yang dia miliki. Bagaimana kemudian mereka bisa menciptakan buah iblis tersebut? Bisa jadi, mereka memanfaatkan Lineage Factor atau DNA atau ada hal lainnya yang belum terungkap.

Bisa Dimiliki Lebih Dari Satu?

Yang tidak kalah menarik adalah muncul teori tentang buah iblis lainnya bahwa ada kemungkinan teori buah iblis yang disebutkan di poin pertama adalah hoaks alias kabar palsu. Menurut teorinya, teori buah iblis tersebut merupakan hasil propaganda atau konspirasi dari World Government yang mereka hadirkan sejak ratusan tahun lalu.

Lalu, apa tujuan utama mereka menghadirkan konspirasi tersebut? Jawabannya hanya satu yaitu pengendalian. World Government ingin mengendalikan penyebaran buah iblis yang terjadi di dunia One Piece. Mereka tidak ingin ada seseorang yang memiliki kekuatan dahsyat yang bisa mengancam kekuasaan mereka. World Government tidak bisa mencegah seseorang memakan buah iblis, namun setidaknya mereka bisa mencegah semua orang untuk mengonsumsi lebih dari satu.

Dan melihat apa yang terjadi di ceritanya sampai sejauh ini, bisa dikatakan konspirasi World Government tersebut berjalan dengan baik. Hampir tidak ada orang atau pengguna buah iblis yang berani memakan lebih dari satu buah iblis, kecuali Blackbeard. Marco menganggap jika keadaan atau kondisi tubuh Blackbeard yang menjadi penyebab dia bisa memiliki lebih dari satu buah iblis.

Namun, bagaimana jika bukan hal itu yang jadi penyebabnya? Bagaimana jika sebenarnya Blackbeard berani untuk mengambil resiko dan tidak termakan oleh konspirasi World Government tersebut? Blackbeard adalah sosok yang banyak tahu tentang buah iblis, di mana sejak lama dia melakukan riset tentang hal ini. Bahkan, mempelajari sejarah adalah hobinya.

Artinya, dia mungkin tahu apa yang selama ini orang tidak ketahui seperti fakta bahwa sebenarnya seseorang boleh memakan lebih dari satu buah iblis. Memang, resiko besar sendiri pastinya ada dan nyata jika memakan lebih dari satu buah iblis. Tetapi, efeknya bukanlah seperti yang kita ketahui selama ini. Jadi, pada intinya, ada kemungkinan jika seseorang memiliki lebih dari satu kekuatan buah iblis.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.