Chapter terbaru Hunter x Hunter akhirnya ungkap awal terbentuknya kelompok kriminal paling populer yaitu Phantom Troupe. Dalam chapter tersebut, terungkap bagaimana sebuah kelompok teater kecil berkembang menjadi sebuah kelompok kriminal besar dan berbahaya. Di seri Hunter x Hunter, nama Phantom Troupe bukanlah nama yang asing di mana kelompok ini sering terlibat dalam berbagai arc.

Meskipun sudah sering muncul dan menjadi villain utama di beberapa cerita, namun para fans tentunya masih belum mengetahui banyak tentang bagaimana kelompok ini bisa terbentuk. Togashi Sensei pun akhirnya memberikan informasi mengenai hal ini dalam chapter 396 kemarin. Lalu, seperti apa awal mula terbentuknya Phantom Troupe?

Apa Itu Phantom Troupe

The Phantom Troupe merupakan sebuah organisasi kriminal yang berisi para pencuri dan menjadi antagonis utama di arc Yorknew City. Mereka semua merupakan para pencuri dan buronan kelas A, dan sebagian dari mereka berasal dari Meteor City. The Phantom Troupe dipimpin oleh Chrollo Lucifer dan berisi kurang lebih 13 anggota. Masing-masing anggota akan memiliki tato laba-laba dan angka mulai dari 1 sampai 12.

Organisasi kriminal ini memiliki misi utama yaitu menyerang dan menghancurkan Yorknew City. Organisasi ini juga dikenal tidak memiliki empati atau simpati terhadap nyawa manusia, akibat sifat natural mereka yang merupakan kriminal berdarah dingin. Karena organisasi ini hanya menerima 13 orang, siapa pun anggota baru yang ingin bergabung harus terlebih dahulu menghabisi anggota yang ada.

Masing-masing anggota dari Phantom Troupe alias The Spiders merupakan sosok yang sangat kuat. Mereka terkenal karena kemampuan Nen yang luar biasa. Dan seperti yang Geeks ketahui, kekuatan Nen memiliki koneksi yang kuat dengan pengalaman individu dari seseorang serta sikap dan perilaku mereka. Hal ini pun memang nyatanya memiliki keterkaitan dengan kisah masa lalu mereka yang kelam dan juga awal mula terbentuknya Phantom Troupe.

Awal Terbentuk Phantom Troupe

Lalu, seperti apa awal mula terbentuknya kelompok Phantom Troupe ini? Dalam chapter 396 terungkap bagaimana bagaimana masa lalu dari Chrollo di meteor City. Dia bersama Pakunada, Sheila, Sarasa, dan yang lain merupakan teman masa kecil dan selalu bermain diantara tumpukan sampah yang menggunung. Sampai kemudian mereka menemukan sebuah rekaman tayangan superhero.

Atas izin dari Father Lizores, akhirnya mereka pun mengadakan penayangan dari rekaman kaset yang mereka temukan sebelumnya. Namun, sebelum penayangan, Chrollo dan teman-temannya sudah melakukan alih suara alias dubbing karena bahasa yang digunakan berbeda. Di tengah-tengah penayangan, masalah pun terjadi di mana suara dari rekaman video tersebut hilang.

Akhirnya, Chrollo dan yang lain mengisi langsung suara para karakternya di tengah panggung. Tanpa disangka hal itu justru memunculkan sambutan yang sangat meriah dari semua orang. Bahkan, sosok yang selalu jahat kepada Chrollo dan yang lain, yaitu Uvo, Phinks, dan Feritan, akhirnya mengakui kehebatan Chrollo. Mereka bahkan memutuskan untuk bergabung dalam proyek Chrollo selanjutnya.

18

Dan lagi-lagi, proyek mereka tersebut berhasil. Menjelang akhir chapternya, kelompok tersebut pun mulai mengakui bahwa mereka adalah sebuah kelompok pementasan teater. Dan Pakunoda sendiri kemudian muncul dengan ide nama untuk kelompok tersebut. Dia mengusulkan nama “Something Troupe” atau “Sesuatu Troupe” yang mana hal tersebut disambut baik oleh semua orang.

Yang menarik adalah Uvo sempat menyatakan kepada Chrollo bahwa dia ingin kelompok tersebut bisa tampil di seluruh dunia. Tujuannya adalah agar dia bisa terkenal sebagai villain paling hebat di dunia. Dan yang menarik adalah seolah Phantom Troupe saat ini sudah berhasil mewujudkan impiannya tersebut. Sayangnya, Uvo sendiri harus tewas di tangan Kurapika.

Mampukah Mereka Habisi Hisoka?

Dalam arc Succesion Contest yang masih berlangsung sampai saat ini, The Spiders masih berusaha untuk mencari sosok Hisoka Morrow yang sekarang menjadi buronan mereka. Arc yang sempat tertunda selama empat tahun tersebut kembali dilanjutkan sejak chapter 391 kemarin, di mana Hisoka berusaha untuk membalas dendam kekalahannya atas Chrollo di pertarungan sebelumnya.

Dan untuk mewujudkan hal tersebut, Hisoka bahkan rela menghabisi rekan-rekannya, seperti Shalnark dan Kortopi. Hal ini jelas membuat Chrollo sedih dan marah terhadap Hisoka. Chrollo sendiri ikut dalam kapal Black Whale yang hendak pergi ke New Continent. Di sana, pada awalnya, Chrollo hendak mencuri sebuah harta karun yang ada di kapal tersebut.

Namun, tujuan tersebut akhirnya berubah setelah dia mengetahui kematian Shalnark dan Kortopi oleh Hisoka yang mana akhirnya dia pun memutuskan untuk menghabisi Hisoka. Dan sampai chapter 395 kemarin, perburuan tersebut masih berlanjut. Bahkan, situasi lebih rumit lagi dengan kemunculan berbagai keluarga mafia lainnya. Meskipun begitu, kemungkinan besar pertarungan Chrollo dan Hisoka akan kembali terjadi. Untuk saat ini, Togashi sepertinya ingin menghadirkan terlebih dahulu informasi lebih lanjut mengenai Phantom Troupe.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.