Beberapa hari yang lalu, Netflix baru saja merilis series misteri terbarunya yang berjudul Wednesday. Series spinoff garapan Tim Burton ini berfokus pada karakter Wednesday dari kisah The Addams Family, yang dimasukan oleh kedua orang tuanya ke sekolah para outcast, Nevermore. Dalam prosesnya dia harus menghadapi misteri pembunuhan yang melibatkan monster ganas. Di ending, setelah pembunuhnya tertangkap, ternyata ada sosok misterius lain yang mengirim pesan ancaman kepada Wednesday. Siapa sebenarnya sosok yang Wednesday sebut sebagai Stalker ini? Apakah dia berbahaya?

Twist di Ending Series Wednesday

Awalnya di sepanjang series Wednesday, penonton dan juga Wednesday (Jenna Ortega) dibuat percaya bahwa monster Hyde pembunuh yang selama ini dia cari adalah Xavier (Percy Hynes White). Alasannya karena dia sering menggambar sosok moster yang selama ini membunuh para korban. Sedangkan untuk masternya, awalnya Wednesday mengira bahwa pelakunya adalah ahli terapi Wednesday yang bernama Dr. Valerie Kinbott. Namun saat Xavier dipenjara dan Valerie dibunuh juga oleh monster Hyde, akhirnya terungkap bahwa mereka hanya korban fitnah.

Sosok asli duo penjahat yang sebenarnya baru terungkap setelah Wednesday mencium Tyler (Hunter Doohan). Di mana kemampuan pengelihatan psikisnya, membuat Wednesday menyadari bahwa Tyler adalah monster Hyde. Tidak lama setelah pengungkapan tersebut, berkat informasi dari Eugene, akhirnya Wednesday juga mengetahui bahwa master dari monster Hyde adalah Marilyn (Christina Ricci), guru Nevermore sekaligus ibu Tyler yang bernama asli Laurel Gates. Alasan Laurel melakukan kejahatan tersebut adalah karena dia ingin membangkitkan Joseph Crackstone untuk memusnahkan para outcast.

Singkat cerita, berkat bantuan dari murid-murid Nevermore, akhirnya Wednesday bisa mengalahkan Joseph, Laurel, dan Tyler. Di mana Joseph terlihat menjadi debut setelah Wednesday menusuk dadanya. Kemudian Tyler berhasil dikalahkan oleh sahabat Wednesday, Enid (Emma Mayers), yang akhirnya bisa berubah menjadi werewolf. Sementara Tyler berhasil dilumpuhkan dengan kekuatan Eugene yang bisa mengendalikan ribuan lebah. Menjelang ending, Laurel diceritakan pingsan setelah Wednesday menendang wajahnya, sebelum akhirnya kepolisian Jericho datang untuk membekuknya.

Hyde dan Laurel Antek Secret Villain?

Meskipun sosok Hyde dan Laurel sudah terungkap sebagai dalangnya dan akhirnya kepolisian Jericho menangkap mereka, ternyata masalah Wednesday belum sepenuhnya selesai. Di ending episode 8, ketika dia meninggalkan Nevermore sambil membawa telepon genggam pemberian Xavier, ternyata ada sebuah pesan ancaman yang masuk dari sosok misterius. Pesannya memperlihatkan dua foto yang diambil ketika Wednesday bertemu dengan Tyler dan satu lagi saat Xavier memberinya telepon genggam. Selain foto, sosok tersebut juga mengirim GIF yang memperlihatkan Wednesday yang tertusuk pisau.

Sebelum memasuki kredit seriesnya, Wednesday mengatakan bahwa sosok misterius tersebut adalah Stalker pertamanya. Sejurus kemudian kita juga melihat Tyler yang berubah menjadi monster Hyde saat polisi tengah membawanya ke kantor polisi Jericho. Tidak sedikit yang percaya bahwa Tyler dan Laurel mempunyai hubungan dengan Stalker. Yang lebih parahnya lagi, bisa saja sebenarnya mereka adalah antek dari secret villain, Stalker, yang mempunyai motivasi lebih besar dari sekadar memusnahkan para outcast di Nevermore.

Siapa sosok Stalker yang Mengincar Wednesday?

Sampai ending tidak dijelaskan siapa sebenarnya Stalker yang telah mengawasi Wednesday. Yang jelas dari petunjuk yang sudah terungkap di seriesnya, sosok Stalker tidak mungkin Enid dan Eugene yang telah membantu Wednesday dalam mengalahkan para antagonis. Apalagi Xavier yang telah difitnah di sepanjang season 1 dan juga terlihat di salah satu foto yang dikirimkan oleh Stalker. Hal yang sama juga berlaku pada Tyler yang juga terlihat di foto Stalker lainnya. Laurel juga tidak mungkin bisa mengirim pesan kepada Wednesday, karena dia seharusnya sudah mendekam di penjara Jericho.

Adapun kandidat yang berpotensi menjadi Stalker, yang pertama adalah Donovan Galoin, sheriff kepolisian Jericho sekaligus ayah Tyler dan suami Laurel. Mungkin dia mengirim pesan ancaman kepada Wednesday karena merasa dendam anak dan istrinya ditangkap. Kandidat lainnya bisa saja Lucas Walker, anak mendiang walikota yang sering berkumpul dengan anak-anak pembenci outcast. Dia mungkin menyalahkan Wednesday atas kematian ayahnya. Atau bisa saja sebenarnya Stalker adalah karakter lain yang belum diperlihatkan di seriesnya, yang jelas dia sudah eksis di balik layar sejak Wednesday masuk Nevermore.

Itulah pembahasan tentang sosok Stalker yang kemungkinan besar adalah orang dekat Wednesday yang sejak awal sepertinya memanipulasi Laurel dan Tyler untuk menjadi anteknya. Eksistensi Stalker ini telah menjadi misteri yang secara tidak langsung menyatakan bahwa series Wednesday akan kembali dengan sekuelnya. Sejauh ini Netlix sendiri masih belum mengungkapkan kapan Wednesday season 2 akan dirilis. Namun, melihat popularitas seriesnya, kemungkinan besar kita akan melihat kelanjutan kisah Wednesday dan sekolah Nevermore pada masa yang akan datang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.