Mungkin banyak di antara kita yang masih asing dengan karakter Marvel yang bernama Infinaut ini. Di kalangan penggemar veteran Marvel pun namanya sepertinya baru-baru ini mulai santer dibicarakan. Salah satu alasannya karena karakter yang satu ini dianggap terlalu overpower di game mobile terbaru Marvel yang berjudul Marvel Snap. Anyway, di Marvel Universe sendiri faktanya dia bukanlah karakter sembarangan, karena statusnya sendiri cukup sejajar dengan entitas kosmik seperti Galactus dan Ego the Living Planet. Apalagi dia mempunyai hobi unik sebagai penjelajah Multiverse Marvel!

Beberapa Kali Mengunjungi Prime Universe

Infinaut adalah karakter ciptaan Al Ewing dan Aud Koch yang baru muncul di Marvel Universe melalui komik Ultimates Vol. 3 #9 (2016). Sejak awal dia sudah terkenal sebagai raksasa penjejah multiverse yang mempunyai banyak nama, seperti Infinaut, Macronaut, Macro-Beast, dan Omnivader. Walaupun begitu, sampai sekarang asal-usulnya masih menjadi misteri, termasuk dari mana dia berasal, begitu juga dengan nama aslinya. Nama Infinaut sendiri berasal dari Adam Brasher alias Blue Marvel yang telah beberapa kali menghalau kedatangannya di Prime Universe.

Sejauh ini setidaknya Infinaut sudah melakukan sembilan kali percobaan untuk mengunjungi Bumi. Karena kedatangannya menyebabkan riak yang sangat besar di luar angkasa, Blue Marvel dapat mengetahui kapan dan di mana Infinaut akan mendarat dengan jeda sekitar 10 jam dari tanda-tanda awal kemunculannya. Alasan mengapa Blue Marvel selalu menghentikan kedatangannya karena dia khawatir ukuran Infinaut yang sangat besar dapat langsung menghancurkan Bumi. Dan akhirnya pada kunjungannya yang kesembilan, Blue Marvel menemukan sebuah cara untuk mengatasi masalah tersebut.

Blue Marvel dan tim cepat tanggapnya yang disebut Ultimates, meminta bantuan kepada Hank Pym untuk membangun sebuah akselerator Pym Particle. Saat Infinaut muncul, dia akhirnya bisa langsung mengecil sampai ke ukuran manusia normal. Hal ini membuat kemunculannya mendapatkan sambutan yang cukup hangat dari Blue Marvel dan Ultimates. Pada titik inilah akhirnya terungkap bahwa selama ini alasan Infinaut datang ke Bumi adalah karena dia senang melakukan penjelajahan multiverse, bukan bermaksud menjadi ancaman apalagi menghancurkan Bumi.

Kekuatannya Terlalu Besar Bagi Bumi

Sejauh ini informasi mengenai Infinaut di Marvel Universe masih terbilang sangat minim. Sehingga tidak ada yang tahu secara pasti sejauh mana kekuatan yang dimiliki oleh Infinaut. Yang jelas, dia adalah seorang penjelajah multiverse, di mana hal tersebut bukanlah hal yang lumrah untuk dilakukan, bahkan bagi para superhero sekali pun. Karena sejauh ini untuk melakukan penjelajah waktu hanya segelintir orang saja yang bisa melakukannya. Sedangkan hobi Infinaut umumnya hanya bisa dilakukan oleh para entitas kosmik mahakuasa, seperti Living Tribunal, Galactus, Celestial, dan sebagainya.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, selain terkenal sebagai penjelajah multiverse, Infinaut sendiri mempunyai tubuh yang sangat besar. Konon jika dari dahulu Blue Marvel tidak menghentikan kedatangannya, Infinaut mungkin bisa langsung menghancurkan Bumi hanya dengan menginjakan kakinya saja. Berkat akselerator Pym Particle akhirnya Infinaut bisa tiba di Bumi tanpa perlu khawatir menghancurkan Bumi atau dirinya sendiri. Dari kisahnya ini bisa kita simpulkan bahwa bagi Infinaut, Prime Universe kurang lebih mirip seperti Microverse alias Quantum Realm bagi para superhero Bumi.

Menjaga Multiverse Bersama Eternity Watch

Meskipun kemunculannya di Prime Universe terbilang cukup singkat, tetapi sosok Infinaut telah meninggalkan kesan yang baik di kalangan para superhero Bumi. Karena secara tidak langsung keberadaannya telah mematahkan stigma bahwa raksasa kosmik selalu ingin menghancurkan Bumi. Di sisi lain bukan berarti Infinaut tidak mempunyai tujuan hidup di Marvel Universe. Karena faktanya, terakhir kali terlihat di komik Ultimates 2 Vol, 2 #8 (2017), dia adalah bagian dari tim raksasa kosmik Eternity Watch, bersama Galactus, Psi-Hawk, Ego-Prime, dan Shaper of Worlds.

Bagi yang belum tahu, sesuai dengan namanya, Eternity Watch sendiri adalah tim yang didirikan oleh Galactus untuk menjaga personifikasi multiverse, yaitu Eternity. Pada saat Eternity ditawan oleh First Firmament alias Kosmos Pertama Marvel, Infinaut bersama tim Eternity Watch-nya diceritakan harus membebaskan Eternity bagaimana pun caranya. Dalam prosesnya, mereka berhasil menyelamatkan Eternity sekaligus menyelamatkan multiverse dan semua isinya dari kehancuran.

Itulah pembahasan tentang karakter overpower Infinaut yang terlalu underrated di kalangan penggemar Marvel. Untuk saat ini masih belum diketahui kapan dia akan muncul kembali. Cepat atau lambat dia mungkin akan kembali lagi ke Bumi, jika ingin mengusir kebosanannya dengan melakukan penjelajahan multiverse atau hanya sekadar ingin bertemu kenalannya Blue Marvel. Yang jelas meskipun tidak terlihat, pada dasarnya Infinaut masih tetap eksis di Multiverse Marvel bersama entitas kosmik lainnya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.