Black Panther adalah salah satu superhero Marvel yang mempunyai basis penggemar cukup besar di seluruh dunia. Semuanya berkat kemunculan karakter T’Challa, baik di Marvel Comics maupun di MCU, sebagai Black Panther versi modern yang sering terlibat dalam berbagai kisah Marvel. Namun, seperti yang kita tahu, bahwa sebenarnya Black Panther sendiri adalah identitas turun-temurun yang diwariskan oleh para nenek moyang Wakanda. Dan orang pertama yang pertama yang menjadi black Panther adalah Mosi, yang hidup sekitar 1 juta tahun yang lalu. Siapakah dia sebenarnya? Mari kita bahas, Geeks!

Mosi, Avatar Pertama Dewi Panther Bast

Meskipun baru muncul pada tahun 2017 melalui komik Marvel Legacy #1, tetapi secara kronologis, Mosi adalah kepala suku Panther yang eksis sejak 1 juta tahun sebelum masehi. Kisahnya sendiri bermula dari kepercayaan bangsa Wakanda prasejarah yang menganggap Heart-Shaped Herb sebagai berkah dari Dewi Panther Bast. Padahal kenyataannya daun herbal tersebut merupakan tanaman yang bermutasi karena terkena radiasi dari meteor vibranium yang jatuh di Bumi. Dalam prosesnya banyak sekali rakyat Wakanda yang tewas saat mencoba memakannya, kecuali satu orang spesial yaitu Mosi.

Mosi menjadi orang Wakanda pertama yang menarik perhatian Dewi Bast karena tekadnya. Itulah mengapa Bast akhirnya menyelamatkan Mosi dari efek berbahaya Heart-Shaped Herb dan menjadikannya avatar Black Panther pertama. Petualangan pertama Mosi sebagai Black Panther terjadi saat bangsa alien Brood menginvasi Bumi. Untuk pertama kalinya kepala suka Panther ini berhasil menyatukan suku Wakanda lain dalam melawan pasukan alien tangguh sampai akhirnya menang. Hal ini lantas menarik perhatian dewa Asgard Odin yang baru pertama kali melihat seorang manusia kuat seperti Mosi.

Mosi dan Odin lantas mendirikan Avengers pertama di muka Bumi, bersama Agamotto, Ghost Rider, Fan Fei, Firehair, dan Starbrand. Sebagai pelindung Bumi nomor satu, Mosi dan Avengers berhasil mengalahkan Celestial Zgreb the Sorrower aliasn Fallen yang tiba-tiba mengamuk karena terinfeksi alien serangga Horde. Setelah memenangkan pertempuran kosmik tersebut, Mosi kemudian menyegel Fallen di ruang bawah tanah raksasa yang sekarang menjadi Afrika Selatan, wilayah yang sebagian besarnya dikuasai oleh Mosi dan bangsa Wakanda.

Manusia Pertama yang Bisa Angkat Mjolnir

Mengingat Mosi pernah bertarung dan bahkan bersekutu dengan berbagai makhluk yang luar biasa, cukup jelas bahwa dia adalah manusia yang sangat kuat pada masanya. Padahal dari segi kostum perang, sebagai orang yang hidup pada zaman prasejarah, Mosi hanya mengenakan topeng dari kulit Black Panther asli dan juga cakar tradisional di kedua tangannya. Walaupun begitu efek dari Heart-Shaped Herb memungkinkan kekuatan fisik dan panca indera Mosi menjadi lebih superior dari manusia biasa. Kemudian berkah dari Dewi Bast sendiri menjadikannya lebih kuat dalam menerima efek mematikan tersebut.

Yang lebih hebatnya lagi, di kisah flashback komik Avengers Vol. 8 #36 (2020) pernah diceritakan bahwa Mosi ternyata mampu mengangkat palu kosmik Mjolnir. Hal tersebut terjadi saat Mosi pertama kali bertemu dengan Odin untuk mendirikan Avengers. Pada saat itu Odin sangat kaget setelah melihat Mosi ternyata bisa mengangkat dan menggunakan Mjolnir dengan mudah. Dengan kata lain, Mosi adalah manusia Bumi pertama yang mampu mengangkat Mjolnir, padahal pada saat itu Thor juga belum mendapatkan palu kosmik tersebut dari ayahnya. Bisa dibayangkan betapa kuatnya tekad Mosi sebagai Black Panther.

Kematiannya Sebabkan Wakanda Terpecah

Sayangnya, kisah Mosi sebagai Black Panther sendiri tidak bertahan lama, karena setelah melalui banyak kejadian luar biasa, dia akhirnya tewas di tangan pasukan Raksasa Jotunheim, musuh Asgard. Kematiannya ini sangat berdampak besar terhadap sekitarnya. Termasuk menjadi salah satu penyebab dibubarkannya Avengers pertama di komik Avengers: 1.000.000 B.C. #1 (2022). Yang lebih parahnya lagi, kematian pemimpin suku Panther ini menyebabkan suku-suku lain di Wakanda kembali terpecah. Karena mereka merasa tidak ada lagi pahlawan yang bisa menggantikan Mosi.

Pada titik inilah Wakanda untuk pertama kalinya memutuskan bersembunyi dari bangsa lain di muka Bumi. Mereka bahkan meminta kepada anggota Avengers yang tersisa untuk melupakan apa yang selama ini telah terjadi terkait keberadaaan Mosi sebagai Black Panther pertama dan juga Wakanda secara keseluruhan. Mungkin hal inilah yang akhirnya membuat banyak orang, termasuk para penggemar awam tidak mengetahui kisah Mosi dalam sejarah panjang Marvel. Wakanda sendiri baru kembali bersatu setelah Black Panther kedua muncul, yaitu Olumọ Bashenga, nenek moyang T’Challa dan adiknya Shuri.

Itulah pembahasan mengenai Mosi, Black Panther pertama yang kisahnya hilang ditelan zaman. Mosi sendiri menjadi cikal bakal ritual Heart-Shaped Herb, di mana seorang calon Black Panther harus memakan herbal tersebut dan mendapatkan berkah dari dewi Bast jika ingin menjadi manusia super yang melindungi Wakanda. Pada akhirnya, tekad dan karakter Mosi sendiri sepertinya menjadi standar yang ditetapkan oleh Bast dalam menetapkan avatarnya sampai sekarang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.