Ditengah masifnya film Marvel dan DC, banyak aktor-aktor yang kemudian “banting stir” dan memilih untuk membintangi film superhero. Ada sebagian aktor yang menganggap bahwa dengan membintangi film superhero MCU atau DCU, nama mereka akan semakin melejit. Terutama setelah MCU dan DCU yang semakin berkembang tahun ke tahun. Tetapi ternyata Geeks, ada beberapa aktor yang punya cara pandang berbeda, di mana mereka memilih untuk tidak terlibat dalam film superhero. Siapa saja aktor yang tolak tampil di film Superhero? Simak berikut ini Geeks!

Jodie Foster

Jodie Foster adalah salah satu selebriti Hollywood yang sangat sukses. Namanya terkenal setelah dia membintangi film seperti Silence of the Lambs, Taxi Driver, dan Maverick. Bahkan, Jodie Foster juga sempat mencoba peruntungan baru dengan menjadi sutradara. Terhitung sudah ada empat film yang pernah dia sutradarai yaitu The Beaver, Money Monster, Little Man Tate, dan Home For Holidays. Walau rekam jejaknya sangat panjang, tetapi Foster tidak pernah membintangi atau menyutradarai film superhero. Foster mengatakan bahwa film superhero “merusak kebiasaan menonton penduduk Amerika dan akhirnya seluruh dunia”.

Jason Statham

Buat Geeks penggemar film action, tentu nama Jason Statham sudah tidak asing lagi. Dia sudah sering muncul dalam film yang menampilkan banyak aksi berbahaya. Contohnya adalah Expendables, Fast & Furious 6 hingga Transporter. Dengan segudang film action yang dia bintangi, para penggemar pun bertanya-tanya mengapa Statham tidak pernah membintangi film superhero. Sayangnya, itu tidak akan pernah terjadi karena Statham enggan bermain dalam film superhero dengan mengatakan “Siapapun bisa melakukannya.” Jason juga mengatakan bahwa semua green screen (yang biasa digunakan dalam pembuat film superhero) dan pemeran pengganti tidak memberikan pengalaman yang otentik.

Rose Mcgowan

Rose Mcgowan mungkin sudah membintangi film besar selama beberapa tahun, tetapi tidak ada satupun film superhero yang dia bintangi. Mcgowan sendiri terkenal setelah dia membintangi Scream dan Conan the Barbarian. Selama bertahun-tahun, Mcgowan memang lebih memilih terlibat dalam film thriller atau slasher. Nah dalam sebuah wawancara, Mcgowan mengungkap alasannya mengapa dia tidak pernah membintangi film Superhero. “Saya tidak ingin green goblin dan pakaian yang ketat. Saya ingin kecerdasan, keberanian, dan pekerjan yang bisa mendorong masyarakat untuk maju.” Ungkap Mcgowan.

Mel Gibson

Aktor berikutnya yang tolak tampil di film superhero adalah Mel Gibson. Di satu sisi, Mel Gibson adalah aktor berbakat di Hollywood. Tetapi di sisi lain, dia sering terjerat dengan kasus skandal yang berimbas pada kariernya yang tidak menentu. Sepanjang karier Hollywood-nya, Gibson telah membintangi beberapa film besar seperti Get the Gringo, The Beaver, hingga Lethal Weapon. Film-film yang Gibson bintangi memang terkenal karena practical effects-nya, dan dia tidak ingin menggunakan efek CGI berlebih atau menggunakan pemeran pengganti. Jadi tidak heran Mel Gibson menolak muncul di film supehero. Gibson mengatakan bahwa studio membuang banyak uang untuk film-film superhero tersebut. Selain itu, Gibson juga mengatakan bahwa reboot berulang, seperti yang terjadi pada Spider-Man dan Batman merusak pengalaman menonton.

Josh Harnett

Mungkin nama Josh Harnett sudah lama tidak terdengar, terutama setelah dia membintangi film 30 Days of Night. Aktor berusia 44 tahun tersebut sebenarnya pernah memutuskan untuk pensiun dari dunia akting. Harnett menyebutkan bahwa berakting hanyalah perjalanan kecil dalam hidupnya, dan ia selalu memiliki rencana melakukan hal lain, selain berada di depan kamera. Namun pada akhirnya, Harnett memilih kembali berakting. Sebagai aktor tampan dan memiliki perawakan yang bagus, Harnett sering mendapat tawaran membintangi film Superhero. Tetapi Harnett menolak peran itu karena dia tidak ingin dipanggil sebagai pemeran pahlawan super selama sisa kariernya.

Jon Hamm

Jon Hamm semakin populer setelah dia membintangi sebuah series berjudul Mad Men. Sepanjang kariernya, Jon Hamm memang telah banyak mendapat tawaran untuk memerankan superhero. Bahkan dia sempat mempertimbangkan untuk memerankan Batman. Di tahun 2011, dia pernah diminta untuk memerankan Green Lantern, sebelum akhirnya Ryan Reynolds terpilih untuk memerankan karakternya. Jon Hamm mengatakan bahwa peran sebagai Green lantern adalah sesuatu yang tidak ingin dia lakukan. Dia kemudian mengatakan bahwa dia sering menolak peran superhero karena ada lebih banyak resiko, dan bahkam ia harus menandatangani kontrak jauh sebelum naskah filmnya ditulis.

Kate Beckinsale

Nama Kate Beckinsale semakin terkenal berkat film Underworld. Setelah itulah Beckinsale menjadi incaran untuk memerankan seorang superhero. Sudah banyak orang yang menawarinya peran superhero, termasuk peran Wonder Woman. Tetapi tidak ada satupun yang menarik perhatiannya. Menurut Beckinsale, dia tidak ingin menggunakan kostum superhero yang terkenal sangat aneh dan ketat. Tetapi Beckinsale tidak mengatakan bahwa dia benar-benar tidak akan terlibat dalam film superhero, suatu saat nanti. Beckinsale hanya khawatir jika dia mengenakan kostum superhero suatu saat nanti, itu akan mempermalukan anak-anaknya.

Amanda Seyfried

Sebagai aktris berbakat, Amanda Seyfried sering ditawari untuk memerankan superhero. Contohnya adalah ketika dia ditawari peran Gamora di Guardians of the Galaxy. Tetapi kemudian dia menolak tawaran tersebut. Dalam sebuah wawancara, Seyfried sempat ditanya tentang alasannya menolak peran superhero. Menurutnya, “Sebagian dari diri saya berharap saya telah melakukannya, tetapi bagian lain dari diri saya seperti, ‘Saya memiliki kehidupan untuk dijalani,’ dan saya tidak berpikir saya akan bahagia (ketika memerankan superhero).” Ungkap Amanda Seyfried.

Itulah beberapa aktor yang secara terang-terangan tolak membintangi film superhero. Sebagian dari mereka merasa malu untuk mengenakan kostum ketat yang biasa digunakan dalam film superhero. Sebagian lainnya menganggap bahwa film superhero tidak cocok dengan style mereka.

https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/