Seperti yang kita tahu, Kang the Conqueror adalah supervillain sekaligus musuh bebuyutan Avengers yang terkenal sebagai penjelajah waktu andal. Tidak seperti Thanos dan Ultron yang kekuatan fisiknya sangat luar biasa, Kang sejatinya adalah seorang manusia biasa bernama Nathaniel Richards yang berasal darii abad ke-30. Keunggulannya terletak pada kecerdasan dan ambisinya sebagai seorang penjelajah waktu yang mempunyai sejumlah teknologi canggih. Termasuk 5 alat time travel Kang yang akan kita bahas kali ini, di mana semuanya sangat menentukan keberhasilan Kang dalam menaklukan Marvel Universe!

Time Ship

Time Ship adalah alat time travel Kang the Conwueror yang pertama kali dia gunakan untuk melakukan penjelajahan waktu ke zaman Mesir Kuno. Meskipun sering terlihat seperti UFO, Time Ship sendiri dilengkapi dengan teknologi canggih yang memungkinkan Kang untuk mengubah tampilan pesawatnya ini. Misalnya saat baru tiba di zaman Mesir Kuno, Kang yang menjadi firaun bernama Rama-Tut mengubah tampilan Time Ship agar terlihat seperti patung Sphinx. Kemudian di kisah Kang Dynasty, dia juga telah memberikan pembaruan besar-besaran terhadap Time Ship-nya dan mengganti namanya menjadi Damocles Base yang lebih terlihat seperti pedang raksasa.

Battle Armor

Alat time travel selanjutnya yang tidak pernah lepas dari Kang tidak lain adalah Battle Armor-nya sendiri. Kostum berwarna ungu dan hijau ini bukanlah sekadar aksesoris yang dia gunakan untuk menakut-nakuti musuhnya. Faktanya neurokinetik armor yang terinspirasi dari armor Doctor Doom ini memungkinkan Kang untuk melakukan perjalanan waktu secara instan, kapan pun dan di mana pun. Alat yang satu ini memungkinkan Kang untuk muncul tiba-tiba di suatu timeline yang ingin dia tuju, sekaligus untuk melarikan diri dengan sangat cepat saat berada di situasi yang genting. Itulah mengapa Kang tidak pernah melepas armor andalannya ini ketika berhadapan dengan para musuhnya.

Time Scanner

Time Scanner merupakan alat time travel Kang yang selalu ada di markas atau pesawat andalannya. Bedanya dengan alat yang lain, Time Scanner lebih berfungsi seperti layar komputer yang bisa menampilkan apa yang tengah terjadi di suatu timeline. Jadi Kang tidak perlu repot-repot mendatangi sebuah timeline hanya untuk mengecek setiap keadaannya. Kang hanya perlu memilih tahun dan lokasi atau orang yang ingin dia lihat. Dengan Time Scanner inilah dia bisa mengetahui apa yang telah terjadi pada masa lalu dan apa yang akan terjadi pada masa depan layaknya menonton televisi.

Centuries Sphere

Muncul pertama kali di komik Avengers #69 (1969), Kang’s Light of the Centuries Sphere atau singkatnya Centuries Sphere adalah alat time travel Kang yang berfungsi untuk membawa benda atau orang dari suatu timeline ke timeline lain. Daya tahan Centuries Sphere sendiri terbilang sangat kuat. Karena meskipun sudah di bawa oleh Kang ke berbagai timeline, Centuries Sphere tidak pernah terlihat hancur karena goncangan time stream. Alat ini pernah kang gunakan untuk membawa para Avengers ke timeline-nya dan langsung mengurung mereka di suatu tempat.

Time Chair

Sesuai dengan namanya, Time Chair adalah alat time travel Kang yang mempunyai bentuk seperti kursi. Sebenarnya Time Chair sendiri berfungsi sebagai singgasana Kang yang sering dia duduki ketika berada di markasnya yang disebut Chronopolis, maupun ketika dia pergi ke suatu timeline dengan menggunakan Time Ship atau Damocles Base. Dengan kata lain, selain untuk melakukan perjalanan waktu, Time Chair juga merupakan simbol kebanggaan Kang sebagai seorang Conqueror alias Penakluk. Ketika dia tuduk di singgasananya ini Kang bisa pergi ke timeline mana saja sambil tetap mengendalikan semua teknologi yang dia miliki.

Itulah 5 alat time travel Kang yang sudah Marvel ungkap di komiknya. Mengingat sosok Kang dari aktor Jonathan Majors merupakan big bad villain di Multiverse Saga MCU, bukan tidak mungkin berbagai alat ini nantinya akan muncul juga di tayangan live action. Tanpa terkecuali Time Chair yang dapat menggambarkan betapa berkuasanya Kang the Conqueror di multiverse MCU. Penampilan terdekat Kang sendiri akan bisa kita saksikan di film Ant-Man and the Wasp: Quantumania pada tanggal 17 Februari 2023 mendatang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.