Masih dalam suasana Haloween, Netflix baru saja merilis serial horor antologi yang berjudul Guillermo del Toro’s Cabinet of Curiosities. Sesuai dengan judulnya, semua cerita mengerikan di serial ini dimulai dari sebuah lemari klasik yang disebut ‘Cabinet of Curiosities’. Di dunia nyata sendiri, lemari keingintahuan adalah istilah untuk menyebut sebuah ruang penyimpanan kecil yang di dalamnya terdapat benda-benda unik, ajaib, sekaligus aneh. Itu semua benar-benar terkemas dengan sangat baik di serial yang satu ini. Bagi yang belum melihatnya, berikut ini 5 alasan mengapa kita wajib menonton serial Cabinet of Curiosities sekarang juga!

Ciptaan Guillermo del Toro

Alasan yang pertama tentu saja karena serial Cabinet of Curiosities diciptakan oleh sineas sekaligus penulis kisah horor paling ikonik, Guillermo del Toro. Selama berkarier di Hollywood, del Toro sendiri terkenal sebagai sutradara film horor dengan berbagai sub genre, seperti Mimic (1997), Pan’s Labyrinth (2006), Crimson Peak (2015), dan Nightmare Alley (2021). Sebagai penulis, del Toro juga terlibat dalam film horor lainnya, termasuk Don’t Be Afraid of the Dark (2010) dan Mama (2013). Untuk film non-horor, dia juga pernah menggarap Blade II (2002), Hellboy (2004), dan Pacific Rim (2013). Dengan semua pengalamannya ini seharusnya tidak ada alasan untuk menolak Cabinet of Curiosities.

Digarap Para Spesialis Horor Hollywood

Selain diciptakan, ditulis sebagian, dan disajikan langsung oleh del Toro, serial Cabinet of Curiosities juga digarap oleh sutradara dan penulis lain yang sudah tidak asing dengan dunia horor Hollywood. Seperti sutradara Guillermo Navaro (Hannibal), Vincenzo Natali (Cube), David Prior (The Empty Man), Ana Lily Amirpour (A Girl Walks Home Alone at Night), Panos Cosmatos (Mandy), Jennifer Kent (The Babadook), dan masih banyak lagi. Belum lagi penulis horor, termasuk Regina Corrado (Deadwood) dan David S. Goyer (trilogi Dark Knight). Dengan keunikannya masing-masing, para sineas ini siap membangkitkan rasa keingintahuan kita terhadap kisah horor yang tidak pernah ada sebelumnya.

Pengalaman Horor yang Berbeda di Tiap Episode

Cabinet of Curiosities adalah serial antologi atau kumpulan kisah yang mempunyai total 8 episode. Masing-masing episode menjanjikan pengalaman horor yang berbeda, karena memang tidak saling berhubung satu sama lain. Ada yang bercerita tentang pengabdi setan pada era tahun 80-an, seperti episode pertama yang berjudul ‘Lot 36’. Kemudian episode kedua ‘Graveyard Rats’ yang bertema pencurian jenazah pada masa lampau. Dan masih banyak lagi episode lainnya, yang berjudul ‘The Autopsy’, ‘The Outside’, ‘Pickman’s Model’, ‘Dreams in the Witch House’, ‘The Viewing’, dan ‘The Murmuring’.

Serial Netflix Bertabur Bintang

Masing-masing episode yang mempunyai kengeriannya tersendiri, didukung oleh para bintang yang sudah tidak asing lagi di industri perfilman Hollywood. Seperti Tim Blake Nelson (The Incredible Hulk) dan David Hewlett di dua episode perdana. Ada juga Rupert Grint (Harry Potter) yang berperan sebagai pria misterius di episode 6, yang meminta bantuan dunia gaib untuk menemukan arwah kembarannya. Tidak ketinggalan juga para aktor rupawan Sofia Boutella dan Ben Barnes. Serta sejumlah aktor berbakat lainnya, termasuk Andrew Lincoln (The Walking Dead), Ismael Cruz Cordova (The Rings of Power), Steve Agee (Peacemaker), dan masih banyak lagi.

Kengerian yang Relate Dengan Kehidupan

Meskipun sineas, jajaran aktor, dan kisah masing-masing episodenya berbeda, tetapi ada satu hal yang sejauh ini sudah mulai terasa selaras dari keseluruhan serial Cabinet of Curiosities. Yaitu premis dan kengerian di dalamnya yang relate dengan kehidupan di dunia nyata. Misalnya di episode 1 dan 2, protagonisnya sama-sama mempunyai ambisi, sehingga mereka rela melakukan segala cara untuk mencapainya, meskipun harus berurusan dengan dunia gaib. Pada akhirnya mereka tidak bisa bertindak apa-apa saat menghadapi kengerian yang sesungguhnya, sehingga terpaksa meminta tolong kepada Tuhan atau orang di sekitarnya. Hal seperti ini tentunya cukup sering terjadi di sekitar kita.

Itulah 5 alasan paling mendasar yang seharusnya cukup untuk meyakinkan kita untuk menonton serial Cabinet of Curiosities. Berbagai alasan ini tentunya dapat kalian rasakan langsung sejak episode perdana. Kengerian yang ada pada masing-masing episodenya sudah pasti akan membuat kita merasa ngeri, dan terkadang jijik juga. Dan yang paling penting kita bisa merasakan apa yang protagonisnya rasakan, mulai dari ambisinya sampai rasa takutnya. Tunggu apa lagi? Serial Guillermo del Toro’s Cabinet of Curiosities sudah bisa kalian saksikan di saluran streaming Netflix.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.