Serial House of the Dragon baru saja menyelesaikan season perdananya dengan menceritakan awal mula perlawanan Rhaenyra terhadap kubu Green di King’s Landing. Meskipun kemarahan Rhaenyra baru memuncak setelah anaknya Lucerys tewas oleh naga Aemond’ Vhagar, Daemon justru sudah sejak awal memikirkan rencana untuk melawan musuhnya. Salah satu upayanya adalah dengan mengandalkan naga sebagai senjata.

Menurutnya, keunggulan dari kubu Black terletak pada jumlah naga dan penunggangnya yang lebih banyak. Walaupun begitu, dia sendiri ternyata diam-diam masih membutuhkan naga tambahan di Dragonstone. Hal ini bisa kita lihat pada sebuah adegan House of the Dragon episode 10, di mana dia menemui seekor naga raksasa yang penampilannya sangat mengerikan. Yang sekarang jadi pertanyaan adalah siapa sebenarnya naga yang baru saja Daemon bangkitkan tersebut? Simak pembahasannya di bawah ini, Geeks!

Daemon Menghimpun Kekuatan Baru

Di House of the Dragons episode 10 yang berjudul ‘The Black Queen’, cukup jelas bahwa awalnya kubu Black masih merasa belum cukup kuat untuk melawan Green. Namun, semuanya mulai ada titik terang setelah Lord Corlys Velaryon bersumpah untuk setia kepada Rhaenyra. Pada saat yang bersamaan, untuk lebih memperkuat kubu Black, Daemon memutuskan untuk melakukan apa yang dia bisa, yaitu mencari naga liar di Dragonstone. Keseriusan Daemon ini terlihat dari upaya pertamanya yang langsung membangkitkan seekor naga mengerikan, yang tidak lain adalah Vermithor.

Untuk mendekati dan menenangkan Vermithor di gua Dragonstone, Daemon sampai harus menyanyikan sebuah lagu Old Valyrian. Kemungkinan lagu tersebut adalah lagu yang sering dinyanyikan oleh penunggang Vermithor sebelumnya. Karena setelah mendengar nyanyian Daemon, sejenak Vermithor yang sebelumnya menyemburkan api tampak langsung diam untuk mendengarkannya. Tidak jelas apa yang selanjutnya Daemon lakukan dengan Vermithor. Yang pasti dia tidak mungkin menjadikan naga Vermithor sebagai tunggangannya, karena Daemon sudah terikat dengan naganya Caraxes.

Vermithor, Naga Terbesar Kedua

Berdasarkan apa yang terlihat di serialnya, naga yang Daemon temukan di gua Dragonstone ini mempunyai tubuh yang cukup tua dan penuh luka. Faktanya Vermithor memang salah satu naga tertua di Westeros yang masih hidup. Penunggang pertama Vermithor adalah Jaehaerys Targaryen, kakek buyut Rhaenyra sekaligus raja sebelum King Viserys. Setelah Jaehaerys meninggal dunia, tidak ada satu pun yang berani mengklaim Vermithor. Sehingga pada akhirnya dia menjadi naga liar di Dragonstone. Dengan sejarah panjangnya, cukup masuk akal jika usia Vermithor sudah hampir mencapai satu abad.

Secara ukuran, Vermithor juga terkenal sebagai naga terbesar ketiga setelah Balerion dan Vhagar. Artinya di serial House of the Dragon, Vermithor adalah naga terbesar kedua yang masih hidup saat peristiwa perang saudara Targaryen terjadi. Orang-orang Westeros menjulukinya sebagai ‘Bronze Fury’ yang artinya amukan perunggu. Karena dia mempunyai sisik berwarna perunggu, serta terkenal sangat sulit untuk dijinakan. Namun, setelah Daemon menemuinya, konon perilaku Vermithor menjadi cenderung lebih toleran, khususnya ketika menunggu penunggang baru.

Siapa Penunggang Vermithor di House of Dragon?

Meskipun ending House of the Dragon season 1 belum mengungkap siapa pemilik dari naga yang baru saja Daemon bangkitkan, di novel Fire & Blood karya George R.R. Martin terungkap bahwa nantinya kubu Black akan mencari ‘dragonseed’ sebagai penunggangnya. Semuanya bermula dari saran anak pertama Rhaenyra, Jacaerys yang ingin membuka lowongan untuk penunggang naga liar. Dragonseed sendiri sejatinya adalah seorang anak Targaryen yang statusnya tidak diakui. Dengan iming-iming kekayaan, banyak dragonseed yang akhirnya mendaftarkan diri sebagai calon penunggang naga baru bagi kubu Black.

Walaupun pada titik ini Vermithon sudah lebih toleran, tetapi dalam proses untuk mencari penunggangnya, dia tetap saja membakar dan memakan sejumlah dragonseed yang berusaha menjinakannya. Sampai akhirnya dia mau bertekuk lutut pada seorang dragonseed bernama Hugh Hammer. Tidak ada yang mengetahui siapa orang tua Hugh yang sebenarnya, yang jelas dia adalah seorang penempa ulung yang sering terlihat membawa palu besar ketika bertempur. Nantinya Hugh bersama Vermithor akan menjadi salah satu ‘senjata’ andalan kubu Black dalam melawan kubu Green di King’s Landing.

Itulah pembahasan tentang naga besar yang Daemon bangkitkan di House of the Dragon episode 10. Dia tidak lain adalah Vermithor, naga mendiang King Jaehaerys yang sampai penghujung season 1 masih menuggu penunggangnya. Jika kisah serialnya akan sama seperti yang ada di novelnya, artinya di House of the Dragon season 2 nanti akan ada karakter baru bernama Hugh Hammer, seorang dragonseed yang akhirnya menjadi penunggang Vermithor. Karena sekarang season keduanya masih belum mempunyai tanggal rilis, kita nantikan saja kabar selanjutnya ya, Geeks.