Cerita One Piece sudah berjalan kurang lebih selama 25 tahun. Dan selama itu pula sudah banyak hal yang dihadirkan di serinya. Salah satu contohnya adalah bagaimana Luffy bertemu dengan berbagai macam karakter. Luffy bertemu dengan Sanji, Zoro, Nami, dan Usopp di awal perjalanan sebagai bajak laut dan kemudian mereka pun membentuk kelompok Topi Jerami.

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang atau karakter yang ditemui oleh kru topi jerami dalam petualangannya. Diantara mereka ada yang kemudian bergabung menjadi anggota Topi Jerami, ada juga yang kemudian menjadi sekutunya. Selain itu, tidak sedikit juga Luffy harus berurusan dengan berbagai karakter. Tetapi, yang menarik adalah sebagian dari villain yang pernah Luffy hadapi tersebut sekarang menjadi sekutunya. Siapa saja?

Bon Clay / Mr. 2

Mr. 2 alias Bon Clay, adalah mantan agen Baroque Works yang dipimpin oleh Crocodile. Meskipun dia awalnya adalah salah satu villain besar Luffy dalam arc Alabasta, tetapi kemudian hubungan mereka berdua mulai berubah. Mereka sudah menjadi teman yang sangat dekat. Luffy dan Bon Clay kembali bertemu saat Luffy menyusup ke Impel Down untuk menyalamatkan Ace.

Terdapat sebuah hal mengharukan dalam kejadian ini, dimana Bon rela mengorbankan nyawanya demi menyelamatkan Luffy. Bon Clay sempat dikira sudah tewas, sebelum kemudian diketahui bahwa dia masih hidup dan berada di penjara level 5,5 menggantikan posisi Ivankov. Banyak fans yang berharap jika Oda akan kembali menghadirkan momen reuni dari kedua karakter ini.

Nefertari Vivi

Seperti halnya Bon Clay, Vivi juga pada awalnya merupakan bagian dari Baroque Works. Dia memiliki julukan Miss All-Sunday. Namun, hal ini berubah setelah Luffy dan yang lain mengetahui bahwa alasan Vivi menjadi bagian dari Baroque Works adalah untuk penyamaran. Itu sengaja dia lakukan demi melindungi dan mencegah Crocodile menghancurkan Alabasta.

Setelah mengetahui semua faktanya, Luffy sendiri justru membantu Vivi dengan misinya. Dan bahkan di akhir arcnya Luffy mengajak Vivi untuk bergabung dengan kru Topi Jerami. Nefertari Vivi sebenarnya adalah anggota “tidak resmi” dari Topi Jerami, karena di arc Alabasta Luffy sudah mengajak Vivi untuk bergabung. Namun, untuk sementara Vivi memilih untuk tinggal di kerajaannya dan mengurus semuanya sampai waktunya tepat untuk bisa bergabung.

Hatchan

Hatchan merupakan mantan salah satu kru bajak laut Arlong yang sempat juga menyakiti para penduduk Cocoyashi Village. Bahkan, dia pun sempat berseteru dengan Nami. Di sisi lain, Hatchan pun terkenal sebagai salah satu musuh terkuat yang pernah dihadapi oleh Roronoa Zoro. Mengapa demikian? Hatchan menjadi orang pertama yang menghadapi Zoro dengan menggunakan lebih dari dua pedang.

One Piece: East Blue (1-61) Episode 39, Luffy Submerged! Zoro Vs. Hatchan the Octopus!, - Watch on Crunchyroll

Hatchan menjadi orang pertama yang menguji kekuatan dan kemampuan dari Zoro. Meskipun begitu, Hatchan sendiri sekarang sudah tidak lagi jahat. Dia justru menjadi sekutu dari Luffy dan juga kelompok Topi Jerami. Hal ini bisa kita lihat dalam arc Sabaody kemarin, di mana dia dan Camie justru membantu Luffy untuk menemukan Rayleigh. Di sisi lain, Luffy bahkan rela menghajar kaum naga langit dan menghadapi admiral demi menolong Hatchan.

Bellamy

Dalam seri One Piece, Bellamy memiliki sejarah yang cukup panjang dalam perseteruannya dengan Luffy. Mereka berdua sempat terlibat dalam beberapa pertarungan. Misalnya, di arc Skypiea kita melihat bagaimana mereka bertarung karena Bellamy mengejek mimpi Luffy dan juga impiannya untuk bisa pergi ke pulau langit. Bellamy sendiri sempat kembali muncul di arc Dressrosa, di mana dia menjadi bagian dari kru Donquixote.

Namun, pasca pertarungan melawan Luffy akhirnya Bellamy pun berubah menjadi sosok yang jauh lebih baik. Dia bahkan mulai setuju dan mendukung apa yang kemudian menjadi impian Luffy. Selain itu, Bellamy juga akhirnya bergabung dengan Armada Besar Topi Jerami. Menarik tentunya untuk melihat kemunculan lagi dari Bellamy di akhir seri One Piece ini.

Nico Robin

Bagaimana kisah Nico Robin yang bergabung dengan kelompok Topi Jerami mungkin menjadi salah satu cerita yang paling mengharukan di serinya. Nico Robin sempat bergabung dengan kelompok Topi Jerami di akhir arc Alabasta. Dia sangat ingin mati dan Luffy memilih untuk menolongnya dan mencegah Robin tewas. Tidak bisa kemana-mana lagi, Nico Robin pun akhirnya menjadi bagian dari kru Topi Jerami.

Seberapa penting peran Nico Robin di kisah One Piece? | ONE Esports Indonesia

Peristiwa besar kemudian terjadi di Water 7. CP-9 berhasil melacak keberadaan Robin dan memintanya untuk menyerahkan diri. Meskipun pada awalnya Robin menolak, dia terpaksa setuju karena adanya ancaman Buster Call. Demi menyelamatkan nyawa para kru lain, Robin memutuskan untuk menyetujui permintaan tersebut. Namun, setelah mengetahui Robin hilang, pada akhirnya Luffy dan kelompok Topi Jerami pergi menyelamatkan Robin dan ini menjadi salah satu momen yang mengharukan.

Luffy terkenal karena kemampuannya untuk membuat semua orang yang ada di sekitarnya untuk mau membantunya. Padahal, sosok tersebut belum pernah bertemu atau bahkan berkomunikasi sebelumnya dengan Luffy. Sikap dan juga pendirian dari Luffy yang mungkin membuat para villain ini akhirnya mau menjadi sekutu dan bergabung dengan Luffy.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.