Sudah menjadi pengetahuan umum bagi para penggemar bahwa Avengers adalah tim superhero Marvel yang mengabdikan diri untuk melindungi Bumi. Sejak pertama kali berdiri pada tahun 1963, para anggota Avengers sendiri umumnya adalah para superhero bermoral yang selalu menjaga kode etik tim. Cara pandan tersebut bahkan menurun pada sejumlah inkarnasinya, seperti Young Avengers, West Coast Avengers, dan sebagainya.

Sayangnya, tidak semua inkarnasi Avengers mempunyai sudut pandang yang sama dengan versi utamanya. Dengan luasnya semesta Marvel yang terbentang sampai multiverse, setidaknya ada empat versi Avengers yang terkenal jahat. Pada dasarnya mereka justru tidak bermoral dan tidak terlalu peduli dengan nasib Bumi. Yang terpenting bagi mereka adalah tujuan jahat mereka bisa terpenuhi meskipun harus melakukan perbuatan yang tidak beradab. Siapa saja mereka? Simak di bawah ini, Geeks!

Dark Avengers

Pertama kali muncul di komik Dark Avengers #1 (2009), tim super ini didirikan oleh Norman Osborn alias Green Goblin. Semuanya bermula setelah dia menjadi salah satu sosok yang berhasil mengakhiri invasi alien Skrull di Secret Invasion. Setelah peristiwa tersebut, pemerintah lantas mendukung Norman untuk membentuk kembali Avengers versinya sendiri, sementara Avengers yang asli telah bubar. Dalam prosesnya dia menjadi Iron Patriot dan mulai merekrut superhero Sentry serta sejumlah villain yang menyamar sebagai superhero.

Adapun villain yang bergabung dengan Dark Avengers adalah Ares, Marvel Boy, Moonstone, Venom, Bullseye, dan Daken. Awalnya Dark Avengers memang hadir untuk mengalahkan para supervillain, termasuk Morgan Le Fay dan Molecule Man. Namun, akhirnya terungkap bahwa Norman hanya ingin semua kejahatannya berjalan mulus dengan berpura-pura sebagai superhero. Hal ini terbukti setelah Norman bersama Dark Avengers dengan sengaja menghalangi New Avengers yang mau bangkit dengan menangkap sejumlah superhero agar mereka tidak tergantikan.

Liberators

Di multiverse Marvel, Ultimate Universe adalah alam semesta yang tidak kalah menarik dari semesta utama Earth-616. Salah satu alasannya adalah karena di dalamnya banyak sosok manusia super yang berlawan dengan versi utamanya. Termasuk tim supervillain Liberators yang komposisi anggotanya mirip seperti Avengers. Liberators sendiri sejatinya adalah tim supervillain yang terdiri dari para kriminal pembenci Amerika. Mereka adalah The Colonel (Captain America), Abomination (Hulk), Crimson Dynamo (Iron Man), Perun (Thor), Hurricane (Quicksilver), Swarm (Wasp), dan Loki.

Misi utama mereka adalah menghancurkan Amerika, karena menurut mereka negara adidaya tersebut telah menindas negara lain di muka Bumi. Dalam prosesnya, mereka harus berhadapan dengan Avengers versi Ultimate Universe. Dalam pertarungan mematikan tersebut banyak Liberators yang tewas, hanya menyisakan Perun yang menyerah. Bukannya menghentikan masalah, hal ini justru membuat kebencian negara-negara lain kepada Amerika makin bertambah parah.

Revengers

Revengers adalah versi alternatif Avengers yang berasal dari universe jahat Cancerverse. Di universe ini tidak ada satu pun superhero yang hidup, yang ada hanya para varian superhero yang hatinya telah menjadi jahat. Seperti Captain America, Captain Marvel, Giant-Man, Hulk, Iron Man, Scarlet Witch, dan Thor, yang mengabdikan diri pada entitas jahat Many-Angled One dengan mendirikan Revengers.

Menariknya, para Revengers ini ternyata tidak bisa mati, karena mereka mirip seperti penyakit kanker. Saat para superhero dari Earth-616 berusaha melawan mereka, para Revengers selalu berhasil hidup kembali meskipun telah dibunuh berkali-kali. Apalagi pemimpinnya Lord Mar-Vell mempunyai kekuatan kosmik yang dapat mengalahkan para superhero dengan mudah. Hal ini pada akhirnya memaksa para superhero, termasuk Star-Lord dan Nova untuk kembali ke semesta utama menggunakan portal Cosmic Cube.

Zombie Avengers

Mungkin banyak penggemar yang sudah pernah mendengar universe Marvel Zombie di multiverse Marvel. Di universe ini Bumi diceritakan mengalami wabah zombie yang penyebarannya sangat pesat dan mematikan. Wabah ini bahkan sampai menimpa para superhero dan mengubah mereka menjadi makhluk pemakan daging manusia. Tanpa terkecuali para Avengers dari semestanya yang akhirnya berubah menjadi zombie karena gagal melindungi Bumi.

Saat di muka Bumi sudah tidak ada lagi makhluk yang bisa mereka makan, para Zombie Avengers bahkan sampai rela menantikan kedatangan Galactus. Yang di semesta utama justru sangat tidak diinginkan kehadirannya. Ketika galactus datang untuk memakan Bumi, dia tidak tahu bahwa di dalamnya ada banyak zombie yang siap memangsanya. Pada akhirnya tubuh raksasa Galactus tumbang sebagai makanan ‘prasmanan’ para zombie, termasuk Zombie Avengers.

Itulah empat versi terjahat Avengers yang terkenal tidak bermoral dan sangat berlawanan dengan Avengers utama. Banyak dari mereka sebenarnya berasal dari multiverse, tetapi hal tersebut tidak menutup kemungkinan pengaruh jahat mereka bisa sampai ke semesta utama. Faktanya, sampai saat ini Revengers masih menunggu kesempatan untuk membuka portal ke Earth-616 agar mereka bisa menyebarkan infeksinya di semesta utama. Begitu juga Zombie Avengers yang masih mencari cara agar bisa memangsa universe lain. Tinggal menunggu waktu sampai mereka berhasil mencapai tujuannya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.