Dalam dunia di Marvel Comics, sosok karakter Black Panther sangat erat kaitannya dengan salah satu material yang sangat populer yaitu Vibranium. Ini adalah material yang hanya ada di wilayah Wakanda. Material ini selalu berhasil melindungi penggunanya atau melukai musuh.

Seperti yang Geeks ketahui, Vibranium adalah material yang sangat kuat. Baik di dunia komik atau pun dalam versi MCU, Vibranium adalah material yang hampir tidak bisa dihancurkan. Namun, tentunya Geeks juga penasaran apa sebenarnya yang membuat Vibranium menjadi sebuah material yang sangat kuat dan tidak terkalahkan. Berikut adalah pembahasan mengenai rahasia Vibranium.

Rahasia Vibranium Jadi Material Kuat

Lalu, apa yang membuat material ini jadi tidak terkalahkan? Ternyata, hal magis dan spritiual yang ada di dalam Vibranium yang membuat material ini menjadi sangat luar biasa. Rahasia luar biasa tersebut sempat dijelaskan dalam bagian ketika di cerita Doomwar, karya Jonathan Maberry dan Scot Eaton, yang rilis pada 2010. Dalam cerita tersebut, Doctor Doom menyatakan perang terhadap Wakanda.

Tujuannya tidak lain adalah untuk mencuri semua persediaan Vibranium yang ada di wilayah tersebut. Meskipun teknologi Wakanda sangat maju, nyatanya Doctor Doom masih terlalu kuat untuk semua pertahanan Wakanda tersebut. Kedahsyatan dan kekuatan Doctor Doom benar-benar mengerikan, bahkan memaksa Shuri dan T’Challa untuk kemudian mencari cara yang benar-benar efektif demi menghentikan rencana jahat tersebut, sekaligus juga menyelamatkan Wakanda.

The Bibliomancer — With Doom on the verge of taking over the world...

Merasa terpojok, T’Challa akhirnya meminta bantuan musuh lama dan juga rekan lama dari Doctor Doom, Fantastic Four, untuk melacak keberadaan Vibranium yang berhasil dicuri. Bekerja sama dengan Reed Richards, T’Challa menciptakan sebuah alat pelacak untuk mempermudah pencarian mereka. Dan pada momen inilah Reed Richards menemukan rahasia dari Vibranium.

Reed Richards sendiri benar-benar terkejut, karena hal ini benar-benar baru baginya. Dan dia juga menyimpulkan bahwa inilah alasan mengapa kemudian Vibranium menjadi sebuah material yang sangat kuat dan tidak terkalahkan.

Kesimpulan Reed Richards

Menurut Reed Richards, ada sesuatu yang lebih dari “unik” untuk menggambarkan hal yang ada di dalam Vibranium. Ada beberapa elemen yang mana material tersebut muncul secara nyata dan juga secara spiritual. Dan Reed pun terkejut bahwa ada hal semacam itu, yang mana T’Challa tidak pernah mengatakan rahasia ini kepadanya. Penjelasan dari Reed Richards ini juga memberikan jawaban dari hal lainnya.

Selain menjadi alasan mengapa sangat kuat, unsur spiritual dalam Vibranium juga menjadi alasan mengapa material tersebut selalu mampu berinteraksi atau secara efektif mengalirkan atau bahkan mampu menahan serangan sihir. Penjelasan yang paling masuk akal adalah kemungkinan material Vibranium tersebut juga sangat erat kaitannya dengan berbagai tradisi spiritual di wilayah Wakanda.

Doomwar_TChalla_Reed_Richards

Jadi, kesimpulannya, Vibranium merupakan sebuah material yang sangat menarik dan luar biasa. Ini bukan hanya sekedar material yang menempel di kostum Black Panther atau jadi bagian dari teknologi Wakanda atau menjadi bagian dari kostum pahlawan lainnya. Vibranium merupakan material sekaligus juga bagian dari berbagai tradisi dan juga spiritual para penduduk Wakanda.

Vibranium bisa menjadi jembatan bagi penggunanya untuk pergi ke dunia spiritual, dan juga bisa menjadi jawaban bagi mereka yang kesulitan ketika harus berhadapan dengan kekuatan sihir atau kekuatan yang diluar kekuatan fisik. Unsur spiritual inilah yang kemudian menjadi rahasia utama atau rahasia besar mengapa Vibranium menjadi material yang tidak terkalahkan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.