Sosok orang asing yang diperankan oleh aktor Daniel Weyman adalah yang paling misterius di serial The Rings of Power. Sejak kemunculan awalnya dalam bentuk meteor, banyak penggemar yang penasaran dengan sosok misterius tersebut. Apalagi sampai detik ini dia masih mengalami lupa ingatan, sehingga tidak jelas kepada siapa dia berpihak. Kepada para rakyat Middle-earth atau malah bagian dari kegelapan yang akan menghancurkan tempat tinggal mereka.

Kebaikannya kepada suku Harfoot telah membuat banyak yang berpekulasi bahwa sosok orang asing ini adalah Gandalf. Dia merupakan Istari atau penyihir yang menggunakan segenap kekuatannya untuk melawan Sauron. Menariknya, tidak sedikit juga yang percaya bahwa semua kebaikan tersebut sengaja dihadirkan agar para penggemar terkecoh. Karena orang asing tersebut sebenarnya adalah Dark Lord Sauron. Jadi, siapa sebenarnya karakter dari Daniel Weyman ini? Berdasarkan petunjuk yang telah terungkap, mari kita coba tebak jati diri asli dari orang asing ini, Geeks.

Apakah Dia Benar-Benar Gandalf?

Karakter orang asing dari Daniel Weyman ini pertama kali muncul di ending episode perdana The Rings of Power yang berjudul ‘A Shadow of the Past’. Saat Nori Brandyfoot dan Poppy Proudfellow dari suku Harfoot menemukannya, dia terlihat berada di tengah kawah meteor. Di sekitar lokasi jatuh orang asing tersebut penuh dengan api membara yang menandakan bahwa dia bukan orang biasa. Penampilannya terlihat sangat lusuh dan juga linglung. Tidak ada ciri-ciri yang dapat menjelaskan siapa sebenarnya sosok orang asing ini, selain fakta bahwa dia adalah orang tua yang memiliki kemampuan sihir sakti.

Karena penampilannya yang tua dan berewokan, serta kesaktiannya dalam mengaplikasikan sejumlah sihir, pada akhirnya banyak penggemar yang berpekulasi bahwa dia adalah Gandalf. Apalagi di episode 7 kemarin, dia berhasil menghidupkan pohon mati sampai kembali berbuah, membuat para Harfoot sangat bahagia. Walaupun begitu, sebenarnya ada beberapa hal yang membuat orang asing ini terasa kontradiktif dengan Gandalf. Yang paling jelas adalah peristiwa kemunculan orang asing yang tidak sesuai dengan penggambaran sejarah Gandalf di novel asli The Lords of the Rings.

Di novelnya, Gandalf the Grey adalah seorang Istari Maia atau penyihir utusan Valar yang mendapatkan tugas untuk membimbing Free People dalam melawan Sauron di Middle-earth. J.R.R. Tolkien menceritakan dia datang ke Middle-earth menggunakan perahu dari Undying Lands pada ‘Zaman Ketiga’. Sedangkan orang asing di serial The Rings of Power, dia muncul pada ‘Zaman Kedua’ dalam bentuk meteor. Hal ini sebenarnya sudah cukup untuk mematahkan spekulasi bahwa jati diri orang asing tersebut adalah Gandalf. Kecuali jika serial The Rings of Power ingin menghadirkan cerita versinya sendiri.

Jika bukan Gandalf, Benarkah Dia Sauron?

Berbeda dengan teori Gandalf yang kurang sesuai dengan kisah novelnya, jati diri orang asing sebagai Sauron justru didukung dengan beberapa pentunjuk. Yang pertama, kawah meteor tempat dia jatuh mirip seperti wujud ‘mata api’ Sauron di Zaman Ketiga. Selain itu dia juga cukup erat dengan elemen api, di mana lokasi jatuhnya penuh dengan api berkobar, serta sihir pertama yang dia keluarkan juga berkaitan dengan api. Petunjuk yang kedua, terlihat saat orang asing ini menggunakan semacam ‘dark magic’ untuk mengusir serigala.

Memang tujuan utamanya mengeluarkan sihir tersebut adalah demi menyelamatkan para Harfoot. Namun, efek dari sihirnya justru membuat tangan orang asing dari Daniel Weyman ini menghitam. Sebelumnya Tolkien pernah menggambarkan Sauron memiliki tangan yang menghitam di novelnya. Hal tersebut bisa terjadi konon karena kekuatan sihir yang ada di dalam tubuh Sauron sangat besar. Berdasarkan petunjuk tersebut, bukan tidak mungkin orang asing yang tangannya juga menghitam, sebenarnya adalah penyamaran Sauron di The Rings of Power.

Menariknya, teori penggemar tentang jati diri orang asing ini ternyata sudah sampai juga ke telinga Daniel Weyman. “Saya menyadari [teori] dua karakter ekstrem yang sangat hebat ini dan saya menyukai keduanya. Kita lihat saja nanti apa yang akan terjadi,” ungkap Weyman kepada EW. “Beberapa penggemar setia Tolkien telah ‘melahap’ semua petunjuk kecil dari serialnya. Sulit sekali mempertahankan wajah datar [untuk menjawabnya] karena saya tidak ingin membocorkannya.”

Penyebutan Weyman terkait dua karakter ekstrem ini sebenarnya sangat masuk akal. Karena baik Gandalf dan Sauron, keduanya adalah karakter yang keberpihakannya di Middle-earth sangat ekstrem. Di mana Gandalf berpihak pada kebaikan, sedangkan Sauron adalah sumber dari kegelapan di Middle-earth. Yang membingungkan, orang asing di serial The Rings of Power mempunyai kedua potensi tersebut. Bagaimana menurut kalian? Apakah dia adalah Gandalf versi The Rings of Power, atau justru Sauron yang ciri-cirinya sudah cukup jelas? Kita nantikan saja kebenarannya ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.