Cerita Boruto: Naruto Next Generation bersetting di masa ketika negara-negara tidak lagi dalam keadaan berperang. Mereka semua saat ini berada pada masa damai, di mana tidak ada lagi peperangan antar satu desa ninja dengan yang lain. Hal ini tentunya sangat berbeda jauh dengan era ketika Hashirama atau Madara masih ada. Masa perang menghabiskan ribuan bahkan puluhan ribu nyawa.

Meskipun begitu, setelah sangat lama mereka berperang pada akhirnya perdamaian pun muncul. Terlepas dari berbagai desa yang saat ini berhasil hidup dalam harmoni, ancaman yang muncul tetap masih ada. Keamanan orang-orang tersebut berada di bawah ancaman itu. Banyak fans yang mungkin tidak sadar bahwa ada kemungkinan perang dunia shinobi kelima akan terjadi.

Bagaimana Perang Besar Tersebut Bisa Terjadi?

Berbagai peristiwa yang berujung pada pertarungan epik tersebut terjadi di era Boruto, setelah desa Konoha berhasil mengalahkan Momoshiki. Meskipun berbagai peristiwa atau kejadian tersebut tidak hadir dalam alur cerita utama Boruto, baik manga atau animenya, namun peristiwa itu muncul dalam novel Shikamaru Shinden. Alur cerita ini dihadirkan berdasarkan sudut pandang seorang Shikamaru Nara.

Hokage Ketujuh, Uzumaki Naruto, sudah merencanakan pertemuan Lima Kage untuk mengucapkan terima kasih atas dukungan mereka pada saat pertarungan melawan Momoshiki. Meskipun semuanya berjalan dengan lancar dan sesuai rencana, namun situasi mulai berubah menjadi sedikit panas ketika Kurotsuchi, Tsuchikage Keempat dari desa Iwagakure, menyebutkan Konoha mengembangkan peralatan shinobi tanpa memberi tahu sekutunya.

Mizukage pun setuju dengan pernyataan Kurotsuchi. Menurutnya, hal tersebut justru akan membuat sebuah kerugian ketika membandingkan kekuatan militer mereka. Kurotsuchi pun kemudian memberikan sebuah ultimatum, dengan menyatakan bahwa desa Iwagakurea akan mundur atau keluar dari Shinobi Union atau Persatuan Negara Shinobi jika desa Konoha tidak mau berbagi rahasia mereka.

Shikamaru Shinden, Novel Naruto yang Berat dengan Unsur Politik Ninja

Shikamaru pun kemudian menhubungi pihak Anbu, dan meminta mereka untuk pergi desa Iwagakure. Misinya adalah memahami apa sebenarnya maksud dari Kurotsuchi yang ingin berpisah dengan negara shinobi lainnya. Mulai dari momen inilah kita pun mendapatkan sesuatu yang menarik. Para Anbu yang mendapatkan tugas tersebut kemudian kembali dan melaporkan apa yang mereka ketahui kepada Shikamaru.

Ternyata, desa Iwagakure mendapatkan perintah dari Daimyo Negara Tanah untuk menyerang Negara Bunga. Sebagian besar Geeks atau fans Boruto mungkin kurang familiar dengan wilayah tersebut, namun Iwagakure mendapatkan perintah untuk menyerang Negara Bunga karena wilayah tersebut sangat subur. Beruntung, berkat upaya Shikamaru dan juga pidato Naruto tentang menjaga perdamaian, invasi atau penyerangan itu pun tidak terjadi.

Jadi Skenario Kehancuran Konoha?

Dalam ceritanya, memang pada akhirnya pertempuran besar tersebut tidak terjadi berkat Naruto dan Shikamaru. Namun, apa yang akan terjadi jika kemudian hal itu benar-benar terlaksana? Bisa dipastikan akan ada banyak negara yang terlibat dalam peperangan tersebut. Berbagai hal buruk juga jelas akan terjadi. Dan jelas, lagi-lagi akan ada banyak korban jiwa yang berjatuhan akibat peperangan tersebut.

Pertanyaanya kemudian bagaimana jika skenario ini benar-benar akan terjadi pada masa depan? Dalam ramalan Momoshiki terhadap Boruto, dia menyebutkan bahwa sesuatu yang buruk akan terjadi akibat mata biru itu. Banyak fans yang kemudian berspekulasi bahwa Boruto mungkin akan kehilangan banyak orang yang dia cintai. Dalam chapter 72 kemarin, kita melihat bagaimana Hinata yang cemas jika Boruto tidak kembali.

Hal ini seolah menjadi pertanda bahwa spekulasi para fans tersebut akan benar-benar terwujud. Mengapa kemudian Boruto harus kehilangan orang yang dia cintai? Salah satunya adalah karena peperangan tersebut atau akibat perang dunia shinobi kelima. Momoshiki memang sudah berhasil dikalahkan, namun nyatanya dia masih hidup dan siap untuk kembali.

Shikamaru Shinden, Novel Naruto yang Berat dengan Unsur Politik Ninja

Dalam cerita awalnya, kita melihat bagaimana Konoha hancur lebur rata dengan tanah. Kita masih belum tahu apa yang terjadi, dan siapa yang melakukan hal itu. Namun, kemungkinan kehancuran Konoha adalah karena efek pertempuran tersebut. Momoshiki bisa jadi berhasil kembali merebut tubuh Boruto dan berbuat kekacauan. Dan akhirnya, para shinobi lain pun harus turun tangan untuk menghadapinya.

Efeknya, Konoha harus hancur dan banyak korban jiwa berjatuhan yang mana salah satunya adalah Naruto. Para fans sendiri sebagian ada yang berspekulasi bahwa memang perang dunia shinobi akan kembali muncul di era Momoshiki ini. Dan kali ini, Konoha akan benar-benar menderita. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.